Comscore Tracker

Ini 5 Trik Khusus Orang Sukses untuk Hadapi Kritikan, Yuk Tiru! 

Yuk, intip triknya! 

Siapa bilang jika orang sukses kebal terhadap kritikan? Perlu kamu ketahui, jika pada kenyataannya feedback maupun kritik penting bagi mereka untuk menemukan kekurangan dan memperbaikinya. Oleh karena itu, bila kamu ingin mengikuti langkah kesuksesannya, cobalah untuk kenali trik-trik khusus dalam menghadapi kritikan.

Nah, berikut akan ada ulasan mengenai 5 trik khusus orang sukses untuk hadapi kritikan. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Ajukan pertanyaan untuk klarifikasi 

Ini 5 Trik Khusus Orang Sukses untuk Hadapi Kritikan, Yuk Tiru! Pexels/Christina Morrilo

Daripada terlibat konfrontasi dan berujung pada masalah yang lebih besar, pada umumnya orang-orang sukses akan mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan akar masalah. Cobalah! untuk memberikan pertanyaan pada si pemberi kritik untuk bisa memahami permasalahan yang sesungguhnya, sehingga dapat mencari solusi yang tepat.

Sama halnya saat mendapatkan kritikan pedas, orang-orang sukses sangat jarang menganggapnya terlalu personal. Namun mereka akan mempertimbangkan masukan tersebut untuk memperbaiki kualitas pekerjaannya.

2. Mencari sisi positif 

Ini 5 Trik Khusus Orang Sukses untuk Hadapi Kritikan, Yuk Tiru! Pexels/LinkedIn Sales Navigator

Meski sangat sulit sulit, orang-orang yang telah mencapai keberhasilan selalu berusaha untuk melihat sisi positif dari kritikan pedas yang ditujukan padanya. Sebab, mereka selalu menganggap bahwa feedback yang diberikan berguna untuk membuat dirinya menjadi lebih baik. Oleh karena itu, cobalah untuk melihat dan mencari sisi positif dari kritikan yang disampaikan oleh orang lain. Serta jadikanlah hal itu sebagai suatu pembelajaran bagi dirimu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menerima Kritik dengan Lapang Dada

3. Buat catatan 

Ini 5 Trik Khusus Orang Sukses untuk Hadapi Kritikan, Yuk Tiru! Pexels/Christina Morillo

Pada umumnya orang-orang sukses menyadari bila hadir dan mendengarkan hanyalah sebagian kecil jalan menuju sukses. Sebab, sisanya terletak pada mencatat dan menuliskan poin-poin ktirik tertentu mana yang cocok atau yang tidak cocok.

Oleh karena itu, jangan takut untuk mencatat selama percakapan. Sebab dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk melihat kembali dan menindaklanjuti kritikan yang diberikan oleh orang lain padamu di kemudian hari.

4. Hindari sikap arogan 

Ini 5 Trik Khusus Orang Sukses untuk Hadapi Kritikan, Yuk Tiru! Pexels/fauxels

Apabila bertentangan dengan keyakinan banyak orang, orang-orang yang sukses pada umumnya akan cenderung rendah hati dan menghindari bersikap arogan, apalagi menyalahkan si pemberi kritik. Pasalnya, orang yang sudah mencapai kesuksesan akan lebih terbuka dan mampu menerima kesalahan serta kekurangannya.

Oleh karena itu, kritik yang ditujukan pada kinerjanya justru akan dijadikan sarana untuk memperbaiki diri sendiri dan mendorongnya untuk menjadi orang yang lebih sukses lagi. Sehingga, jika kamu menemukan kebenaran pada apa yang dikatakan oleh orang-orang, cobalah untuk mengakuinya dan ambil tindakan bila perlu, kemudian move on!

5. Ambil tindakan lanjutan untuk memperbaiki 

Ini 5 Trik Khusus Orang Sukses untuk Hadapi Kritikan, Yuk Tiru! Pexels/Buro Millennial

Sesudah mendengar kritik yang diberikan orang lain kepadanya, orang-orang sukses pada umumnya akan menyadari dan langsung memproses serta memperbaiki kelemahannya. Kemudian mereka akan menjadwalkan pertemuan untuk meninjau dan mengklarifikasi kritik yang diberikan kepadanya, serta merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dengan begitu, kamu menunjukkan jika dirimu telah mendengarkan kritik dan meningkatkan kualitas diri dengan serius. Cobalah untuk mengikuti langkahnya dengan menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri dan ucapkan terima kasih untuk menghargai si pemberi kritik.

Jangan pernah menolak kritikan dari orang lain dan menganggapnya sebagai hinaan, tetapi cobalah untuk menjadikannya sebagai motivasi diri dan jadikanlah sebagai alat untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi. 

Baca Juga: Tanamkan 5 Pemikiran Ini Agar Bisa Menerima Kritik dengan Lapang Dada

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

🤙

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya