Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Menandakan Dirimu Gak Bahagia!

Bahagia itu pilihan!

Apakah kamu ingin memilki hidup yang bahagia? Jika setiap orang ditanyai pertanyaan tersebut, maka setiap orang akan menjawab ya. Namun, tanpa kamu sadari, jika ada banyak sekali kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan dan menjadi penghambat bagi dirimu untuk memilki hidup yang bahagia.

Kira-kira kebiasaan apa saja yang bisa membuat hidupmu menjadi tidak bahagia? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Terlalu banyak mengelilingi diri dengan energi negatif 

5 Kebiasaan yang Menandakan Dirimu Gak Bahagia!Unsplash/Priscilla Du Preez

Perlu bagi kamu untuk hati-hati dalam memilih lingkungan pergaulan, karena lingkungan yang postif berpotensi membuat seseorang lebih bahagia, dan sebaliknya lingkungan negatif membuat seseorang jenuh dan cenderung merasa tidak bahagia.

Telah terbukti bahwa segala sesuatu yang manusia baca, tonton, dan dengar setiap harinya memiliki peran penting dalam menentukan indeks kebahagiaan.

Oleh karena itu, jika terlalu banyak energi negatif dari lingkungan sekitarmu, maka hal itu bisa membuat dirimu kesulitan untuk berbahagia. Perlu kamu sadari bahwa lingkungan yang bisa dikatakan negatif jika membuatmu dipenuhi dengan ketakutan, rasa bahaya hidup di dunia, sehingga tidak ada kebahagiaan di dalamnya.

2. Terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain 

5 Kebiasaan yang Menandakan Dirimu Gak Bahagia!Unsplash/胡 卓亨

Selalu membanding-bandingkan kehidupan yang kamu miliki dengan kehidupan orang lain adalah salah satu kebiasaan yang tanpa disadari sering kamu lakukan. Memang manusiawi, jika dirimu selalu berambisi untuk menjadi yang terbaik. Tapi jika dipikirkan kembali, hal ini sebenarnya merupakan kebiasaan orang yang tidak bahagia, karena dirinya terus-menerus merasa kurang dibandingkan orang lain.

Ada banyak sekali hal yang sangat rentan untuk dibandingkan dalam kehidupan, seperti gaji, kepemilikan benda-benda mewah, pekerjaan, hubungan dengan pasangan, hingga popularitas.

Dirimu dapat menghilangkan kebiasaan ini dengan mencoba membandingkan diri sendiri saat ini dengan beberapa tahun silam dan lihat perubahan-perubahan yang membuat kamu lebih baik. Dengan menjadikan hal ini sebagai kebiasaan baru, maka dapat membuat kamu menjadi lebih positif dan lebih bersyukur.

3. Terlalu perfeksionis 

5 Kebiasaan yang Menandakan Dirimu Gak Bahagia!Unsplash/Thought Catalog

Selanjutnya, salah satu kebiasaan orang yang tidak bahagia adalah selalu mencari kesempurnaan untuk setiap hal yang dikerjakannya, baik itu berupa pekerjaan maupun hal lainnya, serta pada akhirnya membuat suatu pekerjaan menjadi sulit sekali diselesaikan karena terasa belum sempurna.

Persaan perfeksionis ini dapat membuat kamu terus merasa tidak cukup baik, walaupun sebetulnya dirimu sudah melakukan sesuatu dengan nilai-nilai tambahan yang membuat suatu pekerjaan bisa dibilang cukup baik walaupun tidak sempurna. Jika dirimu ingin menghilangkan kebiasaan ini, maka cobalah tentukan batas waktu untuk setiap hal yang kamu kerjakan.

Contohnya, saat kamu sedang menulis suatu buku atau mengerjakan laporan pekerjaan, maka cobalah alokasikan waktu yang pas sehingga dirimu tidak terlalu lama berkutat di suatu pekerjaan untuk mencari kesempurnaan yang tidak pernah ada pada manusia.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Hidup Bahagia Itu Gak Melulu karena Cinta

4. Tidak hidup di masa kini 

5 Kebiasaan yang Menandakan Dirimu Gak Bahagia!Unsplash/Joshua Rawson-Harris

Jika dirimu selalu memikirkan masa lalu dan menyesali suatu hal atau terlalu khawatir akan masa depan juga berpotensi membuat dirimu menjadi kurang bahagia, lho! Memang, bukan menjadi hal yang salah jika kamu melihat sekilas ke masa lalu atau membuat rencana untuk masa depan.

Tapi menjadi salah, jika dirimu terlalu banyak memikirkan masa lalu dan masa depan yang membuat kamu lupa bahwa waktu terpenting yang sebetulnya adalah saat ini. Sebab, masa lalu tidak lagi dapat diperbaiki, sementara masa depan belum jelas kepastiannya.

5. Membatasi diri karena pandangan orang lain 

5 Kebiasaan yang Menandakan Dirimu Gak Bahagia!Unsplash/Max Rovensky

Setiap orang itu, pastinya dilahirkan menjadi pribadi yang unik. Oleh karena itu, perbedaan pendapat dan pillihan dalam hidup seharusnya menjadi sesuatu yang indah bila setiap manusia bisa bertoleransi.

Tapi terkadang, pandangan diri sendiri yang sedikit berbeda dengan orang lain membuat dirimu menjadi pribadi yang tidak percaya diri untuk berbicara dan mengungkapkan pendapat. Sebenarnya hal ini kurang baik bagi dirimu, karena berpotensi membuatmu menjadi tidak bahagia.

Dirimu harus sadar penuh bahwa orang-orang sebetulnya tidak terlalu peduli dengan apa yang kamu kerjakan dan pikirkan. Namun, orang-orang lebih mengkhawatirkan kehidupannya masing-masing dibandingkan dengan memikirkan apa yang kamu pikirkan.

Apakah kamu sering melakukan salah satu dari kelima kebiasaan di atas? Jika ya, maka cobalah untuk ubah kebiasaan itu. Sebab, hak itu hanya membuat dirimu menjadi orang yang tidak bahagia dalam menjalani.

Baca Juga: Gak Cuma Harta, Memiliki 5 Hal Ini Juga Bisa Bikin Kamu Bahagia Lho!

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya