Comscore Tracker

5 Tips Jitu Ubah Kritik Jadi Inspirasi untuk Raih Keberhasilan

Jangan biarkan kritik meruntuhkanmu!

Banyak hal yang dapat kamu lakukan, tetapi jangan sampai kritik orang lain menjatuhkan kamu. Keberhasilan setiap orang berbeda-beda tergantung bagaimana usaha kamu meraihnya. Ketika keberhasilan sudah berada di tanganmu dan kritik orang lain selalu kamu dengar, maka siap-siap lah keberhasilan tersebut hanya sementara.

Seharusnya, jadikan kritik orang lain hal positif dan terima dengan rasa syukur. Bukan malah memikirkannya lalu menjadikan kamu semakin tidak percaya diri. Nah, berikut ini 5 tips jitu ubah kritik jadi inspirasi untuk raih keberhasilan. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Pahami tujuan kritik

5 Tips Jitu Ubah Kritik Jadi Inspirasi untuk Raih KeberhasilanPexels/Christina Morillo

Kamu tidak boleh langsung menganggap bahwa semua kritik sebagai serangan terhadap sikap, pribadi maupun hasil kerjamu. Cobalah untuk menganalisa lagi apa yang disampaikan orang lain, lalu review ke dalam diri sendiri.

Jika memang tujuan kritik tersebut untuk membangun, jangan terus-menerus menepisnya. Sebab, hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan untuk membuat beberapa perubahan baik ke depannya.

2. Menyadari bahwa kritik sebagai bentuk dari kepedulian

5 Tips Jitu Ubah Kritik Jadi Inspirasi untuk Raih KeberhasilanPexels/Pixabay

Bila seseorang meluangkan waktu untuk mengkritikmu, itu pertanda bahwa mereka peduli dan memerhatikan apa yang kamu lakukan. Sebab, mereka memberikan kritik karena dirimu maupun pekerjaanmu penting bagi mereka dalam beberapa hal kecil atau bahkan hal yang signifikan.

Kritikan juga dapat menjadi suatu ungkapan cinta dari orang lain. Karena, saat seseorang peduli padamu, mereka akan mencoba untuk melindungimu. Mungkin kritik yang diberikan oleh orang lain tersebut kamu anggap sebagai serangan, tapi sebenarnya kritik itu bisa jadi adalah upaya yang mereka lakukan untuk membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, jadikan kritik sebagai dorongan dan terus bergerak maju.

Baca Juga: Dikritik Habis-habisan? 5 Alasan Kamu Gak Perlu Terus Memikirkannya

3. Tentukan seberapa penting kritik tersebut bagimu

5 Tips Jitu Ubah Kritik Jadi Inspirasi untuk Raih KeberhasilanPexels/mentatdgt

Kamu akan merasa kesulitan untuk menilai seberapa pentingnya kritik jika tidak pernah mendengarnya dengan benar atau kurang mengerti apa yang sebenarnya sedang dibicarakan. Saat kamu dikritik, cobalah untuk mendengarkan baik-baik lalu ulangi kembali dan tanyakan detailnya.

Pastikan terlebih dahulu untuk kamu memahami secara persis apa yang sedang dibicarakan, sehingga bisa membuat dirimu menjadi lebih mudah untuk menilai kritik tersebut dan tahu cara mengambil tindakan yang tepat. Selanjutnya, tanyakan pada diri sendiri apakah kritik tersebut ditujukan untuk hasil kerjamu dan seberapa penting dampaknya bagimu.

4. Tentukan apa yang harus dipelajari

5 Tips Jitu Ubah Kritik Jadi Inspirasi untuk Raih KeberhasilanPexels/Jonathan Borba

Putuskan apa yang harus dipelajari dari setiap kritik yang disampaikan kepada dirimu. Apabila kritik itu valid, gunakan untuk memberikan pandangan yang dapat membantumu meningkatkan kinerja. Sebaliknya, jika opini dari orang lain itu tidak masuk akal sama sekali, kurang relevan dan sepele, kamu tidak perlu membuang waktumu yang berharga untuk memikirkan kritik tersebut dan mengenal si pemberi kritik dengan lebih mendalam.

5. Jika perlu, lanjutkan dengan tindakan tertentu

5 Tips Jitu Ubah Kritik Jadi Inspirasi untuk Raih KeberhasilanPexels/Van Tay Media

Kritikan yang berasal dari seseorang yang penting dan dekat denganmu biasanya membutuhkan tindakan lanjutan untuk mengoreksinya. Bila kamu memutuskan untuk menanggapi kritik dan dirimu hanya ingin mempertahankan hubungan dengan si pemberi kritik, beritahukan apa yang telah kamu putuskan untuk membuat perubahan.

Ingat! untuk jangan lupa melaporkan hasil yang didapat setelah kamu mencoba mengoreksi sikap maupun kinerjamu.

Nah, itu tadi 5 tips jitu ubah kritik menjadi inspirasi untuk raih keberhasilan. Intinya, jangan biarkan kritik meruntuhkanmu, tetapi gunakan untuk membuatmu menjadi lebih kuat.

Baca Juga: Abaikan Saja, Ini 5 Jenis Kritik yang Gak Perlu Kamu Tanggapi!

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya