Comscore Tracker

Agar Hidup Lebih Berkualitas, Maafkan Diri Sendiri dengan 5 Cara Ini!

Maafkan dirimu dan rasakan kualitas hidup yang lebih baik

Memaafkan diri sendiri itu kerap lebih sulit dibandingkan memaafkan orang lain, lho! Memaafkan diri sendiri juga sangan penting untuk dilakukan, sebab hal ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mentak seseorang. Selain itu, memaafkan juga bisa menjadi alat bantu untuk meningkatkan kualitas hubungan sosial.

Meski terbilang sulit dilakukan, namun dengan 5 cara berikut ini, kamu akan lebih mudah untuk melakukannya. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannnya berikut ini!

1. Jangan terikat dengan masa lalu 

Agar Hidup Lebih Berkualitas, Maafkan Diri Sendiri dengan 5 Cara Ini!Unsplash/Tbel Abuseridze

Jika kamu memilih tenggelam dalam masa lalu, justru akan menjadi penghambat dalam memaafkan diri sendiri. Selain itu, berada pada gulungan masa lalu juga akan membuat kamu sulit melihat dengan jernih kondisi masa kini dan masa depan yang justru harus lebih kamu prioritaskan.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika cukup sesekali saja menoleh ke masa lalu, dan lebih banyak melihat ke masa depan untuk menjalani kehidupan yang jauh lebih baik.

2. Ambil hikmah dari kesalahan 

Agar Hidup Lebih Berkualitas, Maafkan Diri Sendiri dengan 5 Cara Ini!Unsplash/Allef Vinicius

Cobalah untuk pandang setiap sesuatu kesalahan secara positif. Dengan begitu kamu pasti akan bisa melihat hikmah dari kesalahan yang telah kamu lakukan. Petiklah hikmah tersebut dan jadikan pelajaran untuk hidupmu di masa depan.

Jadikanlah hikmah tersebut sebagai pegangan ketika suatu waktu nanti dirimu menemui kondisi atau kejadian yang serupa. Alhasil, kamu akan terhindar dari kemungkinan masuk ke lubang yang sama untuk kedua kali.

Baca Juga: Memaafkan Memang Sulit tapi Lakukan pada 5 Hal Ini Agar Hidupmu Damai

3. Lebih membuka diri dalam hal positif 

Agar Hidup Lebih Berkualitas, Maafkan Diri Sendiri dengan 5 Cara Ini!Unsplash/Candice Picard

Selalu bergelut dengan pikiran akibat kesalahan yang kamu lakukan di masa lalu, ternyata hanya dapat membuatmu semakin terbebani. Ingatlah, jika terus dibiarkan, maka hal ini bisa menimbulkan stres. Tentu saja, hal ini tidak baik untuk kesehatan mentalmu.

Alhasil, dengan membuka diri melalui kegiatan positif, maka pikiran mu pun akan otomatis dipenuhi hal-hal positif. Nah, pada saat itulah pelan tapi pasti kamu sudah mulai bisa menerima kenyataan dan mulai memaafkan dirimu.

4. Meminta maaf kepada orang lain 

Agar Hidup Lebih Berkualitas, Maafkan Diri Sendiri dengan 5 Cara Ini!Unsplash/Sebastian Herrmann

Cara selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan tentu saja dengan meminta maaf kepada pihak yang pernah kamu sakiti. Cara ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara terampuh, dikarenakan cara ini bisa mengurangi beban yang ada di pikiran.

Cobalah untuk mengucapkan permintaan maaf mu kepadanya. Serta, urusan ditolak atau diterima menjadi tidak terlalu penting saat  kamu sudah mengucapkan permintaan maaf tersebut.

5. Buat tantangan pribadi 

Agar Hidup Lebih Berkualitas, Maafkan Diri Sendiri dengan 5 Cara Ini!Unsplash/Conner Ching

Cara selanjutnya adalah membuat tantangan pribadi. Cobalah untuk memulai membuat semacam tantangan kecil. Tantangan ini hanya untuk diri pribadi saja.

Misalnya, dengan menantang diri untuk melakukan tiga perbuatan baik dalam sehari. Tentu saja, hal tersebut dapat membuatmu menjadi lebih positif dalam berpikir dan bertindak.

Percayalah, bahwa dengan perbuatan positif pasti akan memberi hasil yang positif. Termasuk untuk membantu diri kamu dalam upaya memberi maaf kepada dirimu sendiri.

Yakin nih masih gak mau memaafkan diri sendiri? Yuk, mulai lakukan kelima cara di atas agar hidupmu menjadi lebih berkualitas. Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Cara Memaafkan Diri Sendiri, agar Tidak Terjebak Masa Lalu 

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya