Comscore Tracker

5 Tanda Jika Dirimu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Rendah

Apakah kamu termasuk salah satunya? 

Mungkin selama ini kamu hanya mengenal intelligence quotient (IQ), namun tingkat emotional quotient (EQ) juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. EQ atau yang lebih mudah disebut sebagai kecerdasan emosional ini banyak sekali memengaruhi sikap dan perilaku seseorang dalam bertindak, lho!

Jauh berbeda dengan IQ yang harus dilakukan semacam tes khusus untuk mengetahui nilainya, maka EQ tidak serumit itu. Sebab, kecerdasan emosional dapat kamu lihat langsung dalam kehidupan sehari-hari seseorang. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah dirimu memiliki kecerdasaan emosional yang tinggi atau rendah, maka dirimu tidak harus melakukan suatu tes.

Berikut akan ada ulasannya mengenai 5 ciri-ciri orang yang memilki kecerdasan emosional yang rendah. Untuk infornasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Mudah mengalami stres 

5 Tanda Jika Dirimu Memiliki Kecerdasan Emosional yang RendahUnsplash/Christian Erfurt

Saat dirimu sedang mengalami sebuah situasi atau perasaan yang tidak nyaman, maka dirimu akan cepat mengalami peningkatan tensi, emosi, dan stres. Telah terbukti bahwa, semakin rendah kecerdasan emosional kamu, maka semakin mudah dirimu mengalami stres.

Ketika emosi sudah meninggi, maka tubuh dan pikiran pun akan sangat sulit untuk dikontrol. Tapi, bagi orang-orang yang memilki kemampuan dalam mengelola kecerdasan emosionalnya, tubuh dan pikiran mereka masih dapat dikendalikan meski emosi sudah mulai naik.

Berbeda jauh, dengan orang-orang yang memilki kecerdasan emosional yang rendah, pada umumnya mereka akan sulit mengatur mood. Bukan hanya mudah mengalami stres, mereka pun akan berpikir untuk melakukan pelecehan terhadap orang lain. Sampai-sampai mereka dapat berpikir untuk bunuh diri, lho!

2. Bereaksi secara berlebihan 

5 Tanda Jika Dirimu Memiliki Kecerdasan Emosional yang RendahUnsplash/Priscilla Du Preez

Sadar gak sih? Jika orang-orang yang memilki kecerdasan emosional yang tinggi akan mempunyai sopan santun, empati, dan kebaikan yang justru dapat memberi manfaat bagi diri mereka. Sikap-sikap seperti inilah yang mampu membuat mereka terhindar dari konflik. Pada umumnya mereka mampu untuk menetralisir masalah yang muncul.

Selain itu, mereka juga memiliki filter khusus yang bisa membentengi diri dari hal-hal yang bisa membawa keburukan kepada pikiran dan mental mereka. Oleh karena itu, bila dirimu masih menunjukkan reaksi yang berlebihan (lebay) ketika ada pernyataan atau tindakan orang lain yang menyulut emosi, kamu sudah tahu ada di level mana kecerdasan emosionalmu, kan?

3. Kosa kata emosi yang terbatas 

5 Tanda Jika Dirimu Memiliki Kecerdasan Emosional yang RendahUnsplash/Mikail Duran

Ciri yang ketiga dari orang yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah adalah kosa kata emosi yang terbatas.

Perlu kamu sadari, bahwa orang yang memilki kecerdasan emosional yang rendah akan mudah untuk meluapkan emosi tanpa bisa menunjukkan dengan detail dan akurat apa yang mereka rasakan saat itu. Selain itu, kata-kata yang muncul tidak secara spesifik menunjukkan perasaan mereka.

Jauh berbeda dengan mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi. Orang yang memiliki EQ tinggi akan memahami apa  yang dirasakan dan mengungkapkannya secara akurat dan jelas.

Baca Juga: Sukses dalam Hidup, 5 Cara Ilmiah Mengembangkan Kecerdasan Emosi

4. Gampang tersinggung 

5 Tanda Jika Dirimu Memiliki Kecerdasan Emosional yang RendahPexels/cottonbro

Jika kamu memiliki sikap yang mudah tersinggung atau sering kita kenal dengan istilah baper, maka bisa jadi kamu memilki kecerdasan emosional yang rendah.

Pasalnya, orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi pada umumnya dapat membedakan mana candaan dan mana hal yang serius. Orang yang memilki kecerdasan emosional yang tinggi biasanya akan memilki kepercayaan diri yang tinggi dan berpikiran terbuka. Mereka akan mudah “dicolek” tanpa langsung merasa baper.

5. Sering menyalahkan orang lain 

5 Tanda Jika Dirimu Memiliki Kecerdasan Emosional yang RendahUnsplash/Mimi Thian

Selanjutnya, orang yang memilki kecerdasan emosional yang rendah pada umumnya akan mudah untuk menyalahkan orang lain. Hal ini bukanlah perkara apa yang dirasakan sebagai akibat dari tindakan orang lain terhadap kamu. Tapi lebih kepada bagaimana dirimu bertanggung jawab dengan emosi yang muncul.

Perlu kamu ketahui, bahwa tidak ada seorang pun yang bisa mengetahui secara persis dan merasakan apa yang kamu tidak inginkan. Oleh karena itu, sebaiknya upayakan untuk bersikap terbuka. Jika kamu masih melempar tanggung jawab kepada orang lain, maka itu tanda-tanda bahwa kamu tidak memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, lho!

Nah, sekarang dirimu sudah tahu kan, bagaimana ciri-ciri yang menonjol dari orang-orang yang memilki kecerdasan emosional yang rendah. Yuk, sama-sama koreksi diri, sudah berada di level mana kecerdasan emosional yang kamu miliki! Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Mudah Banget!

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya