Comscore Tracker

8 Cara Orang Pintar Menjalin Hubungan dengan Toxic People

Kamu sudah menerapkannya belum nih?

Berurusan dengan toxic person memang tidak pernah mudah. Apalagi kalau harus berhubungan untuk waktu yang lama. Awalnya mereka bersikap biasa saja sampai kamu tidak sadar bahwa dia adalah toxic person. Sampai ketika terlalu lama menjalin hubungan dengan mereka, sifat-sifat buruk yang mereka miliki bisa berpengaruh padamu jika kamu tidak tau bagaimana cara menghadapinya.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari pengaruhnya. Nah, berikut delapan di antaranya!

1. Tidak mudah berbagi rahasia

8 Cara Orang Pintar Menjalin Hubungan dengan Toxic Peoplepexels/Tirachard Kumtanom

Salah satu hal buruk dari seorang toxic people adalah sifat bermuka dua yang mereka miliki. Mereka bisa dengan mudah bergosip denganmu kemudian membicarakanmu di belakang. Jangan mudah terpancing dengan obrolan mereka yang terkesan friendly. Karena biasanya mereka akan menggosipkan tentang seseorang denganmu hanya supaya kamu ikut berbicara hal yang buruk juga. Padahal setelahnya ia akan bergosip tentangmu dengan orang tersebut.

2. Tahu pasti apa yang diinginkan atau tidak

8 Cara Orang Pintar Menjalin Hubungan dengan Toxic PeopleUnsplash/Rawpixel

Toxic people biasanya punya segudang cara untuk membuatmu melakukan apa yang mereka mau. Kamu harus punya pendirian yang tetap dan selalu tegas mengatakan apa yang kamu mau dan kamu tidak mau.

Baca Juga: Sadari Segera! 5 Tanda Kamu Sedang Mengalami "Toxic Positivity"

3. Mengabaikan hinaan dari mereka

8 Cara Orang Pintar Menjalin Hubungan dengan Toxic Peoplepexels/Christina Morillo

Pasti sebagian orang sudah tau bahwa sudah jadi hal yang biasa bagi toxic people untuk mencela orang lain. Bahkan untuk hal-hal yang normal dan tidak seharusnya dikomentari sama sekali. Karena hal itu bisa membuat mereka senang. Dan kalau kamu menanggapinya, mereka justru akan semakin senang dan akhirnya akan terjadi pertengkaran.

4. Tidak tertipu dengan kebaikan palsu

8 Cara Orang Pintar Menjalin Hubungan dengan Toxic PeoplePexels/rawpixel.com

Saat sedang ada ada butuhnya, mereka akan bersikap akan bersikap seperti eternal buddy padamu. Tapi ketika tidak, sekadar menyapamu saja bukanlah hal yang penting. Terima sikap baik mereka dan jangan terkejut dengan perubahannya yang tiba-tiba.

5. Tidak mengikuti masalah yang mereka buat-buat

8 Cara Orang Pintar Menjalin Hubungan dengan Toxic Peoplepexels/rawpixel.com

Ketika seseorang cenderung menghindari konflik dengan menyimpan sendiri perbedaan pendapat yang mereka punya, toxic people justru menyuarakannya keras-keras. Dia tidak masalah untuk memulai perkelahian dengan siapa pun. Dan dia tidak akan membiarkanmu hanya bersikap netral saja. Jadi kamu harus membuatnya jelas bahwa hal tersebut adalah none of your business jika tidak ingin ikut terlibat.

6. Tidak mengikuti kebencian mereka terhadap orang lain

8 Cara Orang Pintar Menjalin Hubungan dengan Toxic PeoplePixabay/Free-Photos

Toxic people punya kecenderungan untuk tidak menyukai banyak orang. Nah, kamu harus bisa selalu berpikiran positif terhadap semua orang supaya pikiran negatif mereka tidak mempengaruhimu. Kalau tidak, kamu bisa ikut sebal terhadap orang yang sebenarnya tidak ada kaitan apa pun denganmu.

7. Sanggup mengontrol emosi

8 Cara Orang Pintar Menjalin Hubungan dengan Toxic Peoplepexels/Buro Millennial

Menghadapi toxic people tentunya harus sabar luar biasa. Segala tingkah laku mereka bisa dengan mudah memancing emosimu. Jadi kalau tidak mau merusak hubungan yang ada, kamu harus sebaik mungkin meredam emosimu.

8. Mengetahui kelemahan diri sendiri

8 Cara Orang Pintar Menjalin Hubungan dengan Toxic Peoplepexels/rawpixel.com

Hal yang penting untuk melindungi diri sendiri dari toxic people karena apapun hubungan kalian, bukan hal mustahil untuk mereka berbuat sesuatu yang buruk padamu. Kamu harus mengetahui apa kelemahanmu dan bisa menerimanya. Sehingga kamu gak gampang baper saat mereka membicarakannya. Jangan biarkan mereka menjadikan kelemahanmu sebagai alat untuk merendahkan atau menyerangmu.

Menjauh dari toxic person memang perlu dilakukan di kondisi tertentu. Tapi bukan berarti tidak bisa mencoba berhubungan dengan mereka sama sekali.

Baca Juga: Kerap Merugikan, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Temanmu yang Toxic People

Berliana Cahya Photo Community Writer Berliana Cahya

Trying is not tiring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 13:30:04

Progress: 771.001 dari 813.350 TPS (94.79326%)

Just For You