Comscore Tracker

Mau Bahagia? Terapkan 5 Rules of Life Ini dari Sekarang!

Anti pusing-pusing club

Setiap tahun, semua orang pasti bertambah usia. Bukan hanya semakin tua, tapi usia juga bikin kita semakin dewasa. Semakin tahu apa yang harus kita lakukan dan apa yang kita butuhkan.

Hidup itu penuh dengan kejutan. Dan gak semua kejutannya menyenangkan. Kita harus selalu siap buat menerima rasa shock akibat hal yang gak kita duga.

Hidup juga penuh dengan pilihan, meskipun kadang kamu berpikir gak punya. Kita punya hak untuk memilih dan membiarkan orang lain memilih juga. That's why, kamu harus terapkan 5 aturan dalam hidup ini kalau mau hidupmu lebih bahagia.

‌1. Apa yang orang pikirkan tentangmu bukanlah urusanmu

Mau Bahagia? Terapkan 5 Rules of Life Ini dari Sekarang!Unsplash.com/Brooke Cagle

Semua orang punya selera masing-masing dan mereka bisa berpendapat. Pahami lagi dirimu sendiri. Apa yang harus diubah untuk menjadi lebih baik dan apa yang harus dipertahankan. Jangan gak mau berubah sama sekali karena berpikir bahwa dengan begitu kamu bisa jadi dirimu sendiri. Be yourself bukan berarti menolak perubahan ya.

Dalam hidup, gak peduli apapun yang kamu lakukan, akan selalu ada orang yang gak menyukaimu.

Memang bukan kewajibanmu untuk membuat semua orang menyukaimu karena itu bukanlah hal yang bisa kamu kontrol. Karena itu, gak ada yang bisa kamu lakukan selain menjadi versi terbaik dari dirimu dan melakukan yang terbaik untuk orang lain tanpa mengorbankan dirimu sendiri.

2. Lepaskan apa yang gak mau bertahan

Mau Bahagia? Terapkan 5 Rules of Life Ini dari Sekarang!Unsplash.com/gabrielle cole

Setiap orang yang hadir dalam hidupmu punya perannya masing-masing. Ada yang akan bertahan denganmu untuk waktu yang lama dan ada juga yang cuma mampir sebentar. Yang pergi bukannya gak berarti, mereka justru memberimu pelajaran tersendiri.

Ketika seseorang gak ingin lagi jadi bagian dalam hidupmu, maka kamu gak harus berusaha untuk jadi bagian hidup mereka. Melepaskan memang gak mudah. Tapi gak ada gunanya mempertahankan orang yang gak mau bertahan. People come and go, remember?

Kamu harus belajar bahwa kamu gak bisa memaksa seseorang untuk stay in your life ketika mereka ingin pergi. Pada akhirnya, orang yang memilih bertahan denganmu adalah orang yang bisa menerimamu apa adanya.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Agar Hidup Lebih Produktif

3. ‌Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain ataupun menghakimi hidup mereka

Mau Bahagia? Terapkan 5 Rules of Life Ini dari Sekarang!Unsplash.com/KatieTreadway

Semakin jarang kita bersyukur, semakin kita merasa bahwa rumput tetangga itu lebih hijau. Kamu gak akan pernah bisa puas kalau kamu terlalu fokus akan apa yang dimiliki orang lain. Mereka yang kamu pikir lebih cantik, lebih pintar, lebih kaya, atau apapun itu mungkin justru merasa iri denganmu. Jadi orang yang terkesan sempurna gak selalu menyenangkan. 

Dalam hidup, everyone is fighting their own battles. Kita gak bisa berpikir bahwa kehidupan orang lain lebih baik disaat kita gak tau apa-apa tentang mereka. Jauhkan pemikiran "coba kalau aku ada diposisi mereka" atau "ya siapa yang gak pengen hidup kayak dia" karena belum tentu kita bisa menjalaninya.

4. Berdamai dengan masa lalu

Mau Bahagia? Terapkan 5 Rules of Life Ini dari Sekarang!Unsplash.com/JoelValve

Ibarat nasi sudah menjadi bubur, apa yang sudah terjadi gak akan bisa terulang lagi. Perasaan menyesal dan berharap bisa kembali ke masa lalu memang seringkali terlintas, tapi kamu harus tau kalau itu semua gak bisa merubah apapun.

Orang yang menyakitimu tanpa meminta maaf mungkin membuatmu dendam. Orang yang menganggapmu gagal tanpa peduli usaha yang telah kamu lakukan mungkin membuatmu down. Gak semua hal terjadi sesuai dengan apa yang kamu harapkan. 

Seingin apapun kamu untuk mengubah masa lalu, tetap gak akan bisa. Pemikiran "seandainya" harus benar-benar kamu buang jauh. Ingat bahwa hidup akan terus berjalan. Mau tidak mau kamu harus berdamai dengan masa lalu dan mengambil pelajaran yang bisa membuatmu jadi lebih baik di masa depan.

5. ‌Berhenti berpikir dan bersikap berlebihan

Mau Bahagia? Terapkan 5 Rules of Life Ini dari Sekarang!Unsplash.com/Pablo Merchán Montes

Hidup ala drama queen bakal bikin dirimu sendiri kesusahan. Jadi seorang pengusaha, pekerja, maupun mahasiswa, pasti punya kesulitan masing-masing. Menganggap pekerjaan dan tugas sebagai beban akan membuatnya terasa semakin berat untuk dikerjakan. Padahal memang diperlukan proses untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Terlalu banyak minum kopi dan sedikit tidur bukanlah pilihan yang sehat. Atur cara efektif untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Jangan overthinking dan bersikap berlebihan ketika memiliki banyak tanggung jawab. Percaya bahwa semua tugasmu pasti selesai tanpa kamu harus stres. Cukup dibawa santai saja, atur prioritas, dan lakukan semuanya satu-persatu. Karena itu, tetap lakukan hal yang kamu suka di sela kesibukanmu supaya terhindar dari stres.

Baca Juga: Stop Sekarang, Ini 8 Hal yang Bikin Hidupmu Terasa Membosankan!

Berliana Cahya Photo Community Writer Berliana Cahya

Trying is not tiring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You