Comscore Tracker

Sering Diabaikan, 7 Perilaku Ini Bisa Hilangkan Rasa Egoismu

Selfishness is not a talent

Mungkin hampir semua perempuan mengetahui salah satu dari kutipan film Barbie yang berkata "di dunia egois, orang egoislah yang menang". Kita mungkin berpikir bahwa itu benar, bahwa semua orang itu egois. Bahwa kita harus menjadi egois supaya bisa bersaing untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Padahal, kamu tidak akan kehilangan suatu hanya karena menjadi orang yang baik. Kepribadianmu bisa jadi cerminan lingkunganmu. Akan lebih besar kemungkinan untuk mendapat teman yang baik ketika kamu juga bersikap baik. Karena itu, coba kurangi sifat egoismu dengan tujuh cara berikut!

1. Pikirkan pendapat orang lain tentangmu

Sering Diabaikan, 7 Perilaku Ini Bisa Hilangkan Rasa EgoismuUnsplash/Rawpixel

Seingin apa pun kita untuk bersikap cuek, kita tetap merupakan bagian dari lingkungan sekitar kita. Dan kamu pasti gak mau dijauhi ataupun di cap jelek oleh orang lain kan?

Karena itu, setiap kali kamu merasa bahwa keputusan atau perilakumu mulai egois, kontrol dan pertimbangkan apa yang akan dipikirkan orang lain tentangmu.

2. Mencoba mendengarkan

Sering Diabaikan, 7 Perilaku Ini Bisa Hilangkan Rasa EgoismuUnsplash/Huy Phan

Mengobrol akan lebih menyenangkan ketika percakapan itu tidak didominasi oleh salah satu pihak. Kamu mungkin merasa sangat antusias terhadap suatu hal dan ingin berbagi dengan orang lain, tapi jangan lupa untuk memberikan mereka kesempatan untuk bercerita juga.

Atau ketika seseorang bercerita padamu, berusahalah untuk tidak memotong meskipun kamu tidak menyukai ceritanya. Menjaga perasaan orang lain termasuk salah satu cara mengurangi perasaan egois lho.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hadapi Teman yang Super Egois

3. Jadilah orang yang mengajak

Sering Diabaikan, 7 Perilaku Ini Bisa Hilangkan Rasa Egoismupexels/rawpixel.com

Seringnya kita merasa dikucilkan atau tidak dipedulikan ketika tidak diajak sesuatu. Padahal kenapa harus menunggu diajak ketika kamu bisa jadi the one yang mengajak. Terkadang rasa gengsi bisa membuatmu enggan melakukannya.

Gak ada salahnya kok mengajak terlebih dahulu. Gak membuatmu terkesan seperti seseorang yang kesepian. So, jangan hanya menunggu diajak saja ya. Apalagi sampai marah kalau tidak diajak.

4. Jangan merasa lebih

Sering Diabaikan, 7 Perilaku Ini Bisa Hilangkan Rasa EgoismuUnsplash/Brooke Cagle

Kamu pasti mempunyai kelebihan, tapi begitu pula dengan semua orang. Selalu merasa "paling" dalam segalanya sama saja membiarkan rasa egoismu berkembang. Don't judge book by it's cover, right? Orang yang kamu remehkan, yang tidak kamu beri kesempatan, bisa saja seseorang yang sangat berpotensi. Berhentilah berpikir bahwa pendapatmu dan keinginanmu adalah hal yang paling penting, okey?

5. Biasakan bertanya tentang kepentingan orang lain

Sering Diabaikan, 7 Perilaku Ini Bisa Hilangkan Rasa EgoismuUnsplash/Anna Vander Stel

Bertanya merupakan suatu bentuk kepedulian lho. Sebelum bercerita tentang dirimu, biasakan untuk bertanya tentang cerita orang lain. Sebelum menyatakan pendapatmu, cobalah untuk bertanya tentang pendapat orang lain.

Dan berbagai hal lain yang bisa kamu awali dengan bertanya instead of berkata. Menjadikan kepentinganmu, dirimu, berada di urutan kedua bisa sangat membantu mengurangi egomu.

6. Mencari cara untuk berkompromi

Sering Diabaikan, 7 Perilaku Ini Bisa Hilangkan Rasa Egoismupexels/rawpixel.com

Punya pemikiran yang berbeda itu wajar. Berbeda bukan berarti ada yang lebih baik dan lebih buruk. Sebelum kamu memaksakan pendapatmu, coba untuk dengarkan pendapat orang lain dengan baik-baik. Bahkan jika kamu tetap merasa pendapatmu lebih baik, cari sisi positif dari pendapat mereka.

Coba juga jelaskan pendapatmu dengan baik-baik. Kamu bisa mengatakan sisi negatif dari pendapat mereka tanpa membuatnya terkesan buruk kok.

7. Mencoba melepaskan

Sering Diabaikan, 7 Perilaku Ini Bisa Hilangkan Rasa EgoismuPixabay/Pexels

Kamu mungkin sudah menjadi orang yang egois selama ini, tapi kamu bisa melepaskannya dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Lepaskan masa lalumu, lepaskan apa yang bukan milikmu, dan lepaskan juga hal-hal yang tidak terjadi sesuai dengan keinginanmu.

Rasa egoismu bisa membuatmu susah melepaskan sesuatu. Tidak semua hal bisa terjadi sesuai dengan apa yang kamu rencanakan, kan?

Kita hidup di suatu lingkungan, dan akan selalu membutuhkan orang lain. So, hal yang penting untuk tidak egois supaya mempunyai hubungan dengan orang lain.

Baca Juga: Ternyata 5 Kebiasaan Ini yang Menunjukkan Kalau Kamu Egois

Berliana Cahya Photo Verified Writer Berliana Cahya

Trying is not tiring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You