Comscore Tracker

6 Pertanyaan Buat Evaluasi Diri Sendiri, Jawab Jujur Ya!

Perlu nih, untuk lebih mengenali dirimu

Evaluasi perlu dilakukan untuk memperbaiki sesuatu yang masih ada kekurangan. Mengevaluasi diri sendiri dapat jadi cara untuk jujur pada diri sendiri, sehingga bisa meningkatkan kualitas diri. Coba ajukan beberapa pertanyaan untuk dirimu sendiri, kamu bisa mengetahui hal yang baik dan buruk yang terjadi dalam hidupmu.

Penting untuk melakukan evaluasi dalam beberapa waktu sekali. Karena itu, coba jawab enam pertanyaan berikut untuk membantu mengevaluasi dirimu sendiri.

1. Goals apa yang sudah dan belum kamu capai?

6 Pertanyaan Buat Evaluasi Diri Sendiri, Jawab Jujur Ya!pexels/bruce mars

Apakah kamu sudah punya list tentang hal apa saja yang ingin capai dalam hidupmu? Kalau sudah, coba cek sudah goals apa yang sudah dan belum kamu capai. Gak usah goals yang terlalu besar, cukup dengan keinginan-keinginan kecil seperti membiasakan olahraga minimal 30 menit sehari atau menyelesaikan membaca minimal satu buku dalam seminggu. Kalau sudah berhasil semua, buatlah lagi wish list yang baru.

2. Apa yang menjadi prioritasmu saat ini?

6 Pertanyaan Buat Evaluasi Diri Sendiri, Jawab Jujur Ya!Pexels/Daniel Spase

Apa yang paling penting untukmu saat ini? Apakah menyelesaikan skripsi supaya bisa wisuda dalam waktu dekat, ataukah olahraga dan makan sehat setiap hari supaya sembuh dari suatu penyakit, atau mungkin juga memperbaiki hubungan dengan seseorang?

Tetapkan sesuatu menjadi suatu prioritas dan selalu dahulukan hal tersebut. Lakukan apa yang menjadi prioritasmu dengan semaksimal mungkin supaya mendapatkan hasil yang maksimal juga. Jangan karena takut memgesampingkan hal lain, kamu jadi tidak fokus mengejar apa yang benar-benar penting untukmu.

3. Apa yang menjadi kelemahanmu dan bagaimana caramu mengatasinya?

6 Pertanyaan Buat Evaluasi Diri Sendiri, Jawab Jujur Ya!pexels/Pixabay

Sudahkah kamu tau kelemahanmu dan cara mengatasinya? Cari lagi alasan kenapa kamu lemah dalam hal tersebut, apakah karena kamu benar-benar tidak bisa atau karena kamu belum benar-benar mencoba berusaha. Salah satu cara mengatasi kelemahanmu adalah dengan mencoba menjadi ahli di bidang yang lain. Sehingga bisa menutupi kelemahan yang kamu miliki.

Baca Juga: Jawab 5 Pertanyaan Ini Agar Hidupmu Gak Kehilangan Arah Lagi!

4. Kebaikan apa yang sudah kamu lakukan untuk orang lain?

6 Pertanyaan Buat Evaluasi Diri Sendiri, Jawab Jujur Ya!pexels/Adrienn

Selain apa saja yang sudah kamu lakukan untuk dirimu sendiri, penting juga untuk mempertanyakan apa saja yang sudah kamu lakukan untuk orang lain. Kebaikan bisa berupa jasa ataupun materi. Contoh sederhananya adalah seperti memuji pekerjaan rekan kerjamu, menemani ibumu belanja, atau memberi uang tambahan pada pedagang koran. Jadi, jangan lupa untuk selalu berbuat baik ya!

5. Apakah rutinitasmu sudah terorganisir dengan baik?

6 Pertanyaan Buat Evaluasi Diri Sendiri, Jawab Jujur Ya!pexels/bruce mars

Pembagian waktu antara bekerja, bersosialisasi, dan refreshing harus diatur dengan sebaik mungkin. Apakah rutinitasmu membuatmu mudah sakit, ataukah membuatmu kehilangan waktu untuk berkumpul dengan teman-teman dan keluarga. Segera perbaiki aktivitas yang sekiranya akan berdampak buruk nantinya.

6. Apakah kamu sudah memanjakan dirimu sendiri?

6 Pertanyaan Buat Evaluasi Diri Sendiri, Jawab Jujur Ya!Pexels/Min An

Apa yang sudah kamu lakukan untuk memanjakan dirimu sendiri? Reward apa yang sudah kamu berikan untuk semua kerja kerasmu? Kapan terakhir kali kamu istirahat sejenak dan bersenang-senang? Sepele tapi sebenarnya penting lho. Karena memanjakan diri sendiri adalah salah satu cara untuk menikmati hidup.

Nah, bagaimana hasil evaluasi dirimu, sudah memuaskan belum?

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sendiri Saat Alami Kegagalan 

Berliana Cahya Photo Community Writer Berliana Cahya

Trying is not tiring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Mela Hapsari

Just For You