Comscore Tracker

5 Tips Jitu Agar Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Biar tulus, gak cuma di bibir aja

Setiap orang pasti pernah berada dalam situasi di mana sangat sulit untuk memaafkan. Hal ini karena kamu sudah terlanjur memiliki sakit hati yang dalam. Memaafkan merupakan sebuah kata yang sangat mudah untuk diucapkan namun sangat sulit untuk dilakukan. Tak jarang ada orang yang mengakui bahwa dia telah memaafkan, namun dalam hatinya masih tersimpan amarah dan dendam.

Agar cepat memaafkan kesalahan orang lain, kamu perlu untuk memahami dan menanamkan beberapa hal dalam pikiranmu. Nah, berikut 5 hal yang perlu dipahami agar kamu dapat dengan mudah memaafkan kesalahan orang lain.

1. Memahami bahwa memaafkan bukan berarti kalah

5 Tips Jitu Agar Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/Nine Köpfer

Hal pertama yang perlu untuk kamu tanamkan dalam pikiranmu adalah pahamu bahwa memaafkan bukan berarti kalah. Kamu harus pahami betul bahwa kamu tak akan kalah jika kamu lebih dahulu memaafkan. Singkirkanlah segala pikiran bahwa memaafkan berarti kamu lemah dan terbelakang. Justru dengan memaafkan menandakan bahwa kamu telah menang dalam melawan segala amarah dalam dirimu.

2. Pahami dan ingat kembali semua kebaikan yang pernah dia lakukan

5 Tips Jitu Agar Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/alexandra marcu

Hal yang perlu kamu lakukan agar cepat memaafkan orang lain adalah dengan mengingat segala bentuk kebaikan yang pernah dia lakukan. Kamu harus mengontrol pikiranmu agar jangan hanya mengingat segala kejelekan dan kesalahan yang dia lakukan. Karena sebesar apa pun kesalahan seseorang pasti ada satu kebaikan yang pernah dia lakukan, yang dapat kamu jadikan alasan dan pertimbangan untuk memaafkannya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memaafkan Seseorang Hanya di Bibir Saja

3. Pahami bahwa kesalahan pasti pernah dilakukan setiap orang, termaksud kamu

5 Tips Jitu Agar Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/Fezbot2000

Hal penting lain yang perlu kamu tanamkan adalah pahami bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk kamu. Pikirkanlah perasaannya andaikan kamu berada di posisinya dan tidak mendapat maaf, pasti kamu juga akan terbebani. Hal itulah juga yang dia rasakan sekarang.

Kamu harus berpikir ke arah yang lebih jauh. Janganlah jadikan dirimu jahat dengan melupakan seribu kebaikan hanya karena satu kesalahan yang dilakukannya.

4. Pahami bahwa aura negatifmu akan bertumbuh jika kamu membiarkan amarah dan dendam menguasaimu

5 Tips Jitu Agar Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/Alexandru Zdrobău

Ketika kamu membiarkan amarah menguasaimu, maka aura negatif dalam dirimu akan semakin berkembang. Kamu akan hidup dalam emosi yang membuatmu tak bisa melihat kebaikan orang lain. Kamu tak akan pernah tenang ketika mengingat setiap kesalahan yang dia lakukan dan akhirnya rasa dendam akan semakin menguasaimu.

5. Pahami bahwa ketulusanmu dalam memaafkan pasti akan membuahkan hasil

5 Tips Jitu Agar Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/Allef Vinicius (ig: @seteales)

Hal terakhir yang perlu untuk kamu pahami adalah bahwa segala ketulusan yang kamu lakukan pasti akan membuahkan hasil yang baik. Setiap keputusan yang kamu pilih pasti ada konsekuensinya, begitu pun dengan ketulusan yang kamu lakukan. Ketika kamu terus melawan segala amarah dalam dirimu dan melepaskannya pergi bersama waktu, maka yakinlah bahwa hal ini pasti akan diperhitungkan oleh-Nya.

Nah guys, itulah 5 hal yang perlu kamu pahami dan tanamkan dalam dirimu agar lebih mudah dan cepat memaafkan kesalahan seseorang. Meskipun sudah terlanjur sakit hati, cobalah untuk memaafkan agar hari-harimu dapat terlewati dengan ikhlas dan tenang.

Baca Juga: 10 Pilihan Kata-kata yang Bisa Digunakan Ketika Kamu Gengsi Minta Maaf

Bife SoE Photo Verified Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya