Comscore Tracker

Gak Harus Heboh, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mensyukuri Berkat Tuhan!

Berhentilah mengeluh dan teruslah merasa cukup!

Dalam menjalani kehidupan ini, kamu pasti sering dihadapkan dengan berbagai keadaan yang bisa membuatmu seakan tak mampu untuk melangkah. Situasi seperti ini membuatmu tak menghargai hidupmu dan mulai menyalahkan Tuhan. Padahal sebenarnya yang perlu kamu lakukan adalah tetap mendekatkan diri padaNya melalui ucapan syukur.

Bersyukur merupakan suatu hal yang wajib dan perlu untuk dilakukan setiap insan. Dengan bersyukur, kamu lebih menghargai hidup dan lebih menikmati segala berkat yang dianugerahkan-Nya padamu. Tidak harus repot dan heboh, bersyukur dapat kamu lakukan dengan mudah dan sederhana.

Nah berikut 5 cara sederhana dalam mensyukuri berkat Tuhan. Check this out!

1. Meluangkan waktu untuk mengoreksi diri

Gak Harus Heboh, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mensyukuri Berkat Tuhan!unsplash.com/Ben White

Di tengah kesibukan yang kamu jalani, cobalah menyempatkan waktu untuk sekadar me time. Tujuannya adalah untuk mengintrospeksi diri dan mengenal lebih dalam tentang jati dirimu. Ketika kamu sudah jauh lebih mengenal tentang pribadimu, kamu akan semakin merasa bersyukur atas apa yang dianugerahkan-Nya padamu, yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain.

Dengan mengoreksi diri, kamu mulai mengetahui apa yang kurang dan salah dalam dirimu. Kamu dapat memperbaikinya sehingga kesalahan tersebut tidak terulang kembali di waktu yang akan datang. Hal ini semakin membuatmu merasa bersyukur dan menghargai waktu yang masih diberikan padamu.

2. Berusaha merasa cukup dengan apa yang kamu punya sekarang

Gak Harus Heboh, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mensyukuri Berkat Tuhan!unsplash.com/Allef Vinicius (ig: @seteales)

Salah satu cara mudah untuk bersyukur adalah dengan merasa cukup atas semua yang kamu miliki sekarang. Buanglah segala pikiran yang menunjukkan bahwa kebahagiaan hanya akan didapatkan oleh orang kaya. Tetaplah bersyukur dan merasa puas dengan semua yang ada padamu sekarang serta berhentilah mengeluh.

Karena meskipun kamu tidak hidup dalam berkelimpahan harta, namun kamu mempunyai keluarga dan sahabat yang selalu setia menemani dan mendukungmu meski kamu berada dalam keadaan terpuruk.

Baca Juga: Buat Daftar Syukur Itu Penting untuk Kualitas Hidup, Ini 5 Alasannya!

3. Tidak membandingkan hidupmu dengan orang lain

Gak Harus Heboh, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mensyukuri Berkat Tuhan!unsplash.com/Ian Schneider

Setiap orang pasti pernah mengidolakan kehidupan orang lain dan merasa ingin berada di posisi mereka. Rasa seperti ini memang sangatlah wajar, namun jangan berlebihan. Ketika kamu terus membandingkan hidupmu dengan orang lain, menandakan bahwa kamu tidak mensyukuri kehidupanmu sekarang.

Cobalah untuk tidak terus-menerus membandingkan hidupmu dengan orang lain. Tetaplah pahami bahwa mereka yang hidup serba berkecukupan belum tentu bahagia, dan mungkin orang lain di luar sana juga menginginkan kehidupanmu yang sekarang.

4. Menghargai dan percaya pada kemampuan sendiri

Gak Harus Heboh, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mensyukuri Berkat Tuhan!unsplash.com/Allef Vinicius (ig: @seteales)

Cara lain yang dapat kamu lakukan sebagai bentuk ucapan syukur adalah dengan menghargai dan percaya pada kemampuan dirimu sendiri. Kamu memberikan peluang pada diri sendiri untuk mengerjakan sesuatu dan kamu meyakini bahwa dirimu mampu menyelesaikan itu semua.

Dengan menanamkan rasa percaya diri, memberi penghargaan, dan menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri, secara tidak langsung kamu sudah bersyukur atas semua kemampuan yang kamu miliki.

5. Menyisihkan sedikit berkatmu untuk membantu sesama

Gak Harus Heboh, Ini 5 Cara Sederhana dalam Mensyukuri Berkat Tuhan!unsplash.com/Daiga Ellaby

Membantu merupakan suatu hal yang perlu untuk dilakukan. Selain dapat meningkatkan hubungan sosial dengan sesama, membantu juga dapat memperkuat imanmu serta melatih diri untuk tidak menyimpan sifat kikir.

Dengan membantu, kamu akan bersyukur bahwa semua yang kamu terima tidak lepas dari izinNya sehingga merasa orang lain juga perlu untuk menikmati berkat tersebut.

Nah guys itulah 5 cara sederhana dalam menyukuri berkat Tuhan. Untuk itu teruslah bersyukur dalam segala keadaanmu, baik susah maupun senang, dan baik berhasil maupun gagal.

Baca Juga: 5 Jenis "Eureka Momen" dalam Fase Hidupmu yang Wajib Disyukuri

Bife SoE Photo Verified Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya