Comscore Tracker

Selain Ngantuk, Ini 5 'Musuh' Terbesar Saat Berpuasa

Kendalikan hawa nafsumu sobat

Gimana puasanya, apakah lancar? Semoga selalu lancar sampai lebaran nanti, ya! Biasanya sih saat puasa kita jadi lebih sering mengantuk dan agak lemas saat menjalani hari-hari. Tapi, sebenarnya ada ‘musuh’ lain yang menyerang kita di saat seperti ini. 

Nah, IDN Times ingin share nih apa saja yang harus kita lawan saat puasa dan berbagai tips untuk mengatasinya. Simak terus penjelasannya di bawah ya! Jangan di-skip!

1. Bau mulut

Selain Ngantuk, Ini 5 'Musuh' Terbesar Saat BerpuasaCewek bau mulut saat puasa (Shutterstock/airdone)

Kalau ini sih sudah bukan rahasia lagi. Bau mulut biasanya memang menyerang saat bulan puasa, karena mulut cenderung kering karena air liur yang gak keluar karena kurangnya  aktivitas. Akhirnya, mau gak mau area mulut jadi tempat yang subur buat bakteri dan jadi bau mulut deh.

Tapi hal itu bisa diatasi kok guys. Selain sering sikat gigi sehabis buka dan sahur, kamu juga perlu memakai obat kumur. Karena sikat gigi biasanya tidak bisa menjangkau seluruh sela gigi. Selain itu juga bersihkan lidah juga agar flek dari sisa makanan juga bersih.

Baca Juga: 10 Chat Kocak Semangatin Puasa Ini Ending-nya Bikin Emosi

2. Maag

Selain Ngantuk, Ini 5 'Musuh' Terbesar Saat BerpuasaCowok alami maag saat puasa (Shutterstock/airdone)

Maag ini juga wajar sih terjadi saat bulan puasa karena perubahan waktu makan yang cukup signifikan. Tingkat keasaman lambung biasanya memuncak pada siang hari, dan tentu akan menyebabkan nyeri pada perut. Tapi, jangan sampai maag menghambat puasa kamu ya! 

Caranya atasi maag bisa dengan menghindari makanan dan minuman penyebab maag, seperti pedas, berlemak, dan bersifat asam. Setelah sahur juga sediakan waktu beberapa jam untuk tubuh memproses makanan. Jadi, jangan langsung tidur ya!

3. Sembelit alias susah buang air besar

Selain Ngantuk, Ini 5 'Musuh' Terbesar Saat BerpuasaCewek sedang sembelit saat puasa (Shutterstock/airdone)

Pernah merasakan susah banget buang air besar? Sembelit ini memang kerap terjadi saat puasa juga sih. Salah satu alasannya sih karena ‘kebiasaan makan’ kita yang sering kali melupakan serat yang berujung pada sulit buang air besar. Tentu ini harus diatasi segera. Kenapa? Karena sisa kotoran dalam usus harus segera dibuang agar penyerapan gizi bisa sempurna. 

Untuk mengatasinya kamu perlu konsumsi banyak cairan dan serat seperti Vegeta Herbal. Selain mengandung serat, Vegeta Herbal terbuat dari bahan alami dan bikin nyaman di perut karena tidak menimbulkan rasa mulas. Pasti cocok buat kamu yang susah buang air besar saat puasa. Dengan Vegeta Herbal, pencernaan lancar, ibadah puasa jadi lancar! Kalau sembelit jangan ketergantungan memakai obat, pilih yang alami seperti Vegeta Herbal ya!  

Nah, biar puasamu makin lancar sampai hari raya, ikuti tantangan #LancarkanRamadan Vegeta Herbal dan raih kesempatan buat dapat saldo digital. Cara mengikuti nya gampang, kamu bisa klik di sini!

4. Radang tenggorokkan

Selain Ngantuk, Ini 5 'Musuh' Terbesar Saat BerpuasaCewek mengalami radang tenggorokan saat puasa (Shutterstock/9nong)

Ini juga salah satu ‘musuh’ yang bikin gak nyaman sih saat puasa. Tapi juga wajar terjadi karena tenggorokan kering karena kurang minum, gangguan asam lambung, atau infeksi bakteri. 

Untuk mengatasinya saat bulan puasa seperti ini kamu perlu memilih makanan sahur dan berbuka yang nyaman untuk ditelan. Selain itu, perbanyak minum air putih. Mungkin dengan pola 2-4-2, yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas saat sahur. Catat baik-baik ya!

5. Hawa nafsu

Selain Ngantuk, Ini 5 'Musuh' Terbesar Saat BerpuasaGibah atau ngomongin orang saat bulan puasa (Shutterstock/Heru Anggara)

Ini sih udah ultimate dan tingkat tinggi. Memang sejatinya musuh terbesar adalah diri kita sendiri. Menahan makan dan minum mungkin masih bisa dilakukan, tetapi kalau sudah menahan emosi dan ‘gibah’ kenapa susah ya, guys

Kalau IDN Times sih cara untuk mengendalikan hawa nafsu adalah dengan melakukan aktivitas yang berfaedah seperti membaca buku, bermain gim bersama teman-teman, atau perbanyak ibadah.

Kalau menurutmu apa musuh terbesarmu saat puasa? Tulis di kolom komentar dan jangan lupa share ke teman-temanmu yang lain juga ya! (WEB)

Baca Juga: Kuras Emosi, 7 KDrama Baru yang Sebaiknya Ditonton setelah Buka Puasa

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya