Comscore Tracker

5 Sentuhan Ini Bikin Rumah Makin Nyaman, Gak Mau ke Luar Rumah Lagi

Bikin tenang, nyaman, sentosa deh

Home sweet home. Membuat rumah yang nyaman adalah keinginan semua orang. Kamu juga ‘kan pastinya? Apalagi kondisi saat ini kita terus dihimbau untuk terus di rumah saja. 

IDN Times kali ini telah merangkum lima hal yang bisa bantu rumah kamu makin nyaman nih! Eits, ini pastinya gak bikin kantong kering. Penasaran? Cek aja di bawah. Jangan di-skip!

1. Tentukan warna yang kamu sukai

5 Sentuhan Ini Bikin Rumah Makin Nyaman, Gak Mau ke Luar Rumah LagiTentukan warna yang kamu suka (Shutterstock/Photographee.eu)

Hal pertama yang perlu ditentukan untuk mendapatkan suasana rumah yang nyaman adalah menentukan warna. Sebab, warna merupakan faktor utama untuk mendapatkan nuansa yang kita sukai.

Ada banyak spektrum warna yang cocok untuk dikombinasikan dan diterapkan di rumah. Yang paling banyak digunakan sih biasanya nuansa putih agar terlihat bersih. Kuning dan hijau agar terlihat tropikal atau warna seperti dusty rose dan charcoal grey yang memberikan kesan calm

It’s up to you, guys! Nah, Untuk menerapkan warnanya kamu bisa menggunakan cara, yakni dengan di cat atau wallpaper untuk dinding.

2. Jual atau buang hal yang gak kamu butuhkan

5 Sentuhan Ini Bikin Rumah Makin Nyaman, Gak Mau ke Luar Rumah LagiMenjual atau mendonasikan barang yang sudah tak terpakai (Shutterstock/jittawit21)

Less is more. Ada yang pernah dengar kalimat itu? Yup, hal itu juga termasuk tentang kesederhanaan yang dapat membantu membuat rumah semakin nyaman. Kalau Marie Kondo sih bilangnya minimalism. Barang-barang yang sudah tidak terpakai seharusnya bisa kamu buang, jual, atau berikan kepada yang lebih membutuhkan.

Terutama barang-barang yang sangat memakan banyak ruang di rumah atau di kamar. Seperti banyak tas, kursi, meja, yang sebenarnya sudah tidak dipakai. Justru ketika kita bisa membersihkan barang-barang rumah itu, rumah jadi terlihat luas dan tentu saja nyaman! Coba deh. 

3. Pilih furnitur atau aksesoris yang terjangkau dan berkualitas

5 Sentuhan Ini Bikin Rumah Makin Nyaman, Gak Mau ke Luar Rumah LagiPilih furnitur yang terjangkau dan berkualitas (Shutterstock/Followtheflow)

Kalau kamu merasa membutuhkan beberapa aksesoris yang bisa mempermanis rumah atau kamar, pastikan kamu telah memilih aksesoris yang tidak hanya estetik, tetapi juga memiliki nilai fungsi dan tentu saja ramah di kantong.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa intip produk dari salah satu brand furnitur lokal yang keren bernama Dekornata. Brand yang didirikan oleh Giovanno Warli sejak 2018 ini ternyata menciptakan sebuah produk olahan kayu yang mengesankan dan gak kalah saing. 

Memulai bersama pasangannya, Gio sapaan akrab Giovanno Warli memulai berjualan nampan dan tatakan gelas yang terbuat dari kayu. Namun, seiring kegigihan dan berjalannya waktu, produk garapan Gio semakin bervariasi mulai dari kitchenware, dipan tempat tidur, kursi, hingga pot tanaman. Bahkan kamu bisa melakukan kustomisasi produk sesuai dengan keinginan kamu. 

Dengan banyaknya variasi tersebut, Dekornata ternyata merangkul kurang lebih 50 pengrajin kayu mulai dari Bogor, Bandung, Yogyakarta, Jepara, Blora, dan lain-lain. Dari hal ini menunjukan bahwa produk olahan kayu dari kota tersebut juga berkualitas, guys!

5 Sentuhan Ini Bikin Rumah Makin Nyaman, Gak Mau ke Luar Rumah LagiSalah satu produk Dekornata (Instagram/Dekornata)

Meski di situasi pandemik, penjualan Dekornata ternyata semakin meningkat . Terutama di platform marketplace Tokopedia. Gio mengaku bisa mendapatkan 70-100 order per hari dari Tokopedia. 

“Bahkan kalau misalnya ada campaign dari Tokopedia bisa lebih dari 100. Seperti WIB (Waktu Indonesia Belanja), Market Museum, atau fitur cashback dan bebas ongkir,” jelas Gio saat diwawancarai IDN Times Jumat lalu (11/6/2021). 

Gio juga mengatakan, kalau 70 persen dari total omzet Dekornata berasal dari Tokopedia. Hal ini salah satunya disebabkan oleh pihak Tokopedia yang juga memberikan insight kepada Gio untuk terus melihat peluang melalui fitur seller dashboard yakni Wawasan Toko dan Wawasan Pasar. 

“Dengan fitur itu, Dekornata bisa tahu produk apa yang meski kita stok banyak atau kira-kira konsumen ingin produk yang seperti apa sih di kategori home & living ini,” kata Gio. 

Keren banget gak sih? Ternyata banyak yang bagus juga produk lokal ini. Coba deh guys intip Dekornata, kira-kira ada yang cocok gak biar bikin rumah makin nyaman?

4. Pastikan ada sirkulasi udara

5 Sentuhan Ini Bikin Rumah Makin Nyaman, Gak Mau ke Luar Rumah LagiSirkulasi udara penting untuk kenyamanan dan kesehatan (Shutterstock/gpointstudio)

Yang terpenting dari semua ruangan adalah ventilasi. Ini juga hal yang paling penting guys. Dengan adanya ventilasi, sirkulasi udara jadi makin enak untuk dihirup. Suasana rumah pun juga tidak panas atau engap

Pastikan juga ventilasi ini bisa mensirkulasi udara pada seluruh ruangan. Agar udara dalam rumah juga bisa keluar digantikan dengan udara segar dari luar rumah. Karena kalau gak ada sirkulasi banyak polusi dalam rumah yang juga sebenarnya tidak baik. Seperti adanya gas kompor atau asap saat memasak.

5. Hias rumah dengan sedikit dekorasi

5 Sentuhan Ini Bikin Rumah Makin Nyaman, Gak Mau ke Luar Rumah LagiMendekorasi rumah agar tetap estetik (Shutterstock/Gorodenkoff)

Sedikit dekorasi sepertinya tidak ada masalah. Asal sesuai dengan apa yang kamu harapkan agar suasana tidak hanya terasa nyaman, tetapi juga terasa ‘hidup’. Misalnya saja kamu beri tanaman hijau di ruang tamu atau sedikit quotes motivasi yang bisa mengingatkan kamu setiap hari. 

Nah, kira-kira apalagi yang bisa bikin rumah makin nyaman dan bisa bikin kita betah di rumah aja? Share di kolom komentar ya! Stay healthy, guys! (WEB)

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya