Comscore Tracker

5 Tips Mengatur Waktu Sesuai Rencana yang akan Dibuat, Yuk Pahami

Bukan sekedar rencana

Kalian pasti pernah membuat sebuah rencana atau kegiatan yang bertujuan untuk mengubah sebagian besar dalam hidup, bukan? Pernahkah kalian membuat rencana yang begitu matang, tapi tidak terlaksana? Mungkin juga membuat rencana, tapi hanya berjalan beberapa hari saja?

Rencana yang baik adalah yang berhasil mengubah hidupmu menjadi lebih baik. Rencana dapat berhasil jika kita dapat mengatur waktu dan dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Bagaimana cara mengatur waktu agar seluruh kegiatan yang kalian rencanakan terlaksana? Yuk, cari tahu lima tipsnya di bawah ini!

1. Membuat daftar atau list seluruh rencana kalian

5 Tips Mengatur Waktu Sesuai Rencana yang akan Dibuat, Yuk Pahamiiluatrasi membuat list ( unplash.com/glenn carstens-peters)

Membuat daftar atau list rencana berfungsi untuk mengatur kegiatan kalian agar berjalan dengan teratur. Buat pembagian, kegiatan yang memiliki prioritas yang penting dan buat waktu pelaksanaannya.

Contohnya, kalian ingin masuk perguruan tinggi favorit. Kegiatan yang menjadi prioritas penting adalah belajar dan tentukan waktu yang menurut kalian cocok untuk melakukan itu.

2. Membuat peraturan, hadiah, dan hukuman, lalu berikan kepada orangtua kalian

5 Tips Mengatur Waktu Sesuai Rencana yang akan Dibuat, Yuk Pahamiilustrasi memberi hadiah (unsplash.com/keira auf der heide)

Membuat peraturan hadiah dan hukuman berfungsi sebagai penyemangat dan pengingat. Buat semacam hukuman jika tidak melakukan kegiatan yang kalian rencanakan.

Buat juga semacam hadiah atau reward jika berhasil melakukan semua kegiatan yang kalian rencanakan. Berikan peraturan yang kalian buat kepada orang tua kalian, mereka yang akan memberi hadiah dan hukuman.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengatur Waktu dengan Baik, Lebih Maksimal

3. Hilangkan sikap menunda-nunda pekerjaan

5 Tips Mengatur Waktu Sesuai Rencana yang akan Dibuat, Yuk Pahamiilustrasi bekerja (unsplash.com/jacob bentzinger)

Sikap menunda nunda kegiatan adalah salah satu faktor tidak terlaksananya sebuah rencana atau kegiatan. Menunda pekerjaan akan menambah beban pikiran kalian.

Hal ini juga akan berdampak pada tertundanya kesuksesan yang akan kalian dapatkan nantinya. Lakukan kegiatan yang kalian buat, karena lebih cepat lebih baik.

4. Kurangi bermain game dan media sosial

5 Tips Mengatur Waktu Sesuai Rencana yang akan Dibuat, Yuk Pahamiilustrasi bermain game (unspash.com/jeshoots.com)

Bermain game dan media sosial dapat membuat kecanduan dan malas. Jika kalan sudah kecanduan, sebagian besar kegiatan kalian akan terisi oleh game dan bermain media sosial.

Dampaknya semua kegiatan atau rencana yang kalian buat akan kacau dan tidak terlaksana. Tentunya kehidupan kalian tidak akan maju dan kesuksesan semakin jauh. Atur waktu kalian untuk bermain game dan media sosial. Jangan berlebihan, ya!

5. Istirahat yang cukup dan refreshing

5 Tips Mengatur Waktu Sesuai Rencana yang akan Dibuat, Yuk Pahamiilustasi tidur yang cukup (unsplash.com/lux graves)

Kalian harus meluangkan waktu untuk istirahat dan refreshing. Jangan begadang, karena dampaknya adalah bangun kesiangan yang bisa mengacaukan kegiatan yang telah dibuat.

Kegiatan yang konsisten dan teratur ini membutuhkan tenaga dan pikiran lebih. Jaga pola tidur dan beri sedikit refreshing pada tubuh kalian.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengatur waktu agar rencana yang kalian buat terlaksana. Orang yang sukses adalah orang yang dapat mengatur waktu setiap detiknya. masa depan kalian ditentukan dari kegiatan yang kalian lakukan sekarang. Buat kegiatan yang bermanfaat untuk masa depan kalian.

Baca Juga: 5 Sebab Seseorang Mudah Terlambat, Kurang Bisa Mengatur Waktu!

Bintang Nala Photo Verified Writer Bintang Nala

Mundur kebelakang 1 langkah untuk melompat 3 langkah kedepan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya