Comscore Tracker

7 Miliuner Ini Membuktikan Tak Ada Orang yang Jatuh Miskin Karena Beramal

Ada miliarder Indonesia juga!

Orang seringkali beranggapan bahwa mereka yang kaya harta memiliki sifat yang sombong dan pelit, padahal gak semua orang yang mempunyai kekayaan berlebih bersifat buruk, kok. Banyak miliarder dunia dan Indonesia yang rutin menyisihkan harta mereka untuk membantu orang-orang yang kekurangan. Kali ini, IDNtimes sudah merangkum tujuh tokoh sukses yang gak cuma kaya harta tapi juga memiliki hati dermawan. 

1. Bill Gates 

7 Miliuner Ini Membuktikan Tak Ada Orang yang Jatuh Miskin Karena Beramalafterdawn.com

Bill Gates, yang merupakan pendiri perusahaan teknologi Microsoft, adalah salah satu orang paling dermawan di dunia, lho. Ia telah memberikan sumbangan hingga milyaran Dolar AS pada yayasan yang ia dirikan bersama sang istri. Bill and Melinda Gates Foundation. Yayasan ini bergerak untuk membantu World Health Organization dalam penanggulangan AIDS, TBC, dan malaria, juga berpartisipasi dalam mendukung kesejahteraan anak lewat UNICEF. 

2. Mark Zuckerberg 

7 Miliuner Ini Membuktikan Tak Ada Orang yang Jatuh Miskin Karena Beramalcnet.com

Melalui Silicon Valley Foundation, founder Facebook ini menyalurkan kekayaannya untuk membantu orang lain. Mark dan istrinya, Priscilla, memberikan dana sebesar 75 juta dolar ke San Francisco General Hospital. Gak hanya bidang kesehatan, mereka juga mendonasikan hartanya untuk pendidikan, yakni 120 juta dolar ke Bay Area School dan 100 juta dolar ke New Jersey Public School. 

3. Oprah Winfrey

7 Miliuner Ini Membuktikan Tak Ada Orang yang Jatuh Miskin Karena Beramalfortune.com

Oprah adalah selebriti yang gemar melakukan kegiatan amal dan sukarelawan ke berbagai organisasi. Ia biasa memberikan bantuan pada yayasan The Angel Network, The Oprah Winfrey Foundation, dan The Oprah Winfrey Operating Foundation. Salah satu gerakan yang didukung oleh wanita kelahiran 1954 ini adalah Leadership Academy for Girls in South Africa, yakni sebuah program untuk memberikan pelatihan kepemimpinan bagi wanita-wanita muda di Afrika Selatan.

4. Bill Clinton 

7 Miliuner Ini Membuktikan Tak Ada Orang yang Jatuh Miskin Karena Beramalcarbonated.tv

Presiden ke-42 Amerika Serikat ini menyisihkan kekayaannya melalui William J. Clinton Foundation. Yayasan ini membantu hampir 12 juta penduduk tidak mampu untuk mendapatkan air bersih. Selain itu, Bill Clinton juga memberikan kontribusi pada bidang pendidikan, ia telah memberikan dukungan bagi 10 juta anak untuk memperoleh pendidikan yang layak.  

5. Tahir

7 Miliuner Ini Membuktikan Tak Ada Orang yang Jatuh Miskin Karena Beramalasianews.network

Dato Sri Tahir atau yang lebih akrab disapa Tahir merupakan pengusaha dan pendiri Mayapada Group. Menurut Tahir, menjadi pengusaha adalah salah satu cara baginya untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama. Oleh sebab itu pria kelahiran Surabaya ini gemar memberikan donasi, baik di dunia pendidikan maupun kesehatan. Pada bidang pendidikan, Tahir memberikan dana 3,27 juta dolar dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu yang tersebar di sepuluh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Ia pernah memberikan sumbangan sebesar 75 juta dolar untuk The Global Fund yang melawan penyakit TBC, AIDS, dan malaria bermitra dengan Bill and Melinda Gates Foundation. 

6. Anne Avantie 

7 Miliuner Ini Membuktikan Tak Ada Orang yang Jatuh Miskin Karena Beramalfemmeindonesia.co

Anne Avantie terkenal dengan desain kebayanya yang cantik dan mendunia. Ternyata dibalik kesuksesan yang sebagai seorang perancang busana, ia juga turut aktif di bidang sosial. Pada 2002, bekerjasama dengan Rumah Sakit St. Elizabeth Semarang, Anne mendirikan rumah singgah Wisma Kasih Bunda. Rumah singgah ini dikhususkan untuk penderita hydrocephalus, tumor, bibir sumbing, dan gangguan kesehatan lainnya. Wanita keturunan Tionghoa ini juga menyumbangkan ilmunya dengan cara memberikan workshop dan pelatihan menjahit untuk para penjahit, siswa, dan ibu rumah tangga. 

7. Irwan Hidayat

7 Miliuner Ini Membuktikan Tak Ada Orang yang Jatuh Miskin Karena Beramalsumutpos.co

Bagi kamu yang gak familiar dengan namanya, Irwan Hidayat adalah CEO dari Sidomuncul Group. Ia membuat program mudik gratis untuk para pekerja berpenghasilan rendah di wilayah Jakarta menjelang lebaran. Program ini menghabiskan dana 280 ribu dolar setiap tahunnya. Bekerjasama dengan 97 rumah sakit swasta dan 100 rumah sakit militer di seluruh Indonesia, Irwan juga mendonasikan 2,5 juta dolar untuk membayar operasi mata gratis bagi penderita katarak. 

Nah, ternyata mereka yang memiliki harta berlebih juga turut berkontribusi dalam aksi sosial dan menyisihkan uang mereka untuk kebutuhan orang banyak. Tenang guys, untuk jadi orang yang dermawan, kamu gak perlu jadi miliarder dulu, kok. Terdapat banyak cara untuk berpartisipasi membangun dunia yang lebih baik, salah satunya dengan memberikan iuran bagi program Indonesia Mengajar. Indonesia Mengajar merupakan suatu kegiatan untuk merekrut, melatih, dan mengirimkan anak muda terbaik Indonesia untuk mengajar anak-anak di berbagai pelosok daerah Indonesia. 

Jika kamu belanja barang minimal 500 ribu rupiah di #BelanjaKebaikan Blibli.com, kamu akan mendapatkan kode voucher yang bisa ditukarkan dengan Iuran Publik - Indonesia Mengajar. Setelah itu kamu tinggal pilih daerah yang ingin kamu donasikan. Gampang banget! Senang kan kalau kamu bisa membantu pendidikan Indonesia menjadi lebih maju dengan memberikan iuran untuk Indonesia Mengajar. Yuk, #BelanjaKebaikan sekarang!

Topic:

Berita Terkini Lainnya