Comscore Tracker

Tanpa Disadari, Melakukan 5 Hal Ini Bukti Kamu Orang yang Sombong

Perlahan kamu dijauhi

Tanpa disadari, ada hal-hal kecil yang menandakan seseorang itu termasuk orang yang sombong. Perilaku ini pastinya menyebalkan bagi sebagian orang. 

Tapi mau gimana lagi, dunia ada beragam orang yang diciptakan, termasuk orang sombong. Ya, walaupun kadang, mereka yang sebenarnya dicap sombong gak begitu menyadarinya kalau mereka dikategorikan seperti itu. Kira-kira seperti ini hal-hal yang membuat kamu dicap sombong.

1. Membicarakan keahlian terus menerus

Tanpa Disadari, Melakukan 5 Hal Ini Bukti Kamu Orang yang SombongPixabay/icsilviu

Perhatikan dalam satu lingkaran pertemananmu, pastinya akan ada orang yang seperti ini. Mempunyai keahlian memang suatu yang layak dibicarakan, selain itu juga bisa membangun relasi, yang siapa tahu saja bisa jadi rekanan bisnis. Kan lumayan menambah pemasukan.

Saat keahlian dibicarakan terus menerus, apalagi jika membicarakannya pada orang yang jelas-jelas berbanding nasib sama kemampuan kamu, selain menjadikan rasa iri muncul, bisa-bisa kamu dicap orang yang sombong. Bicarakan keahlian seperlunya, tak usah begitu mengumbarnya.

2. Menceritakan atau membanggakan pencapaian

Tanpa Disadari, Melakukan 5 Hal Ini Bukti Kamu Orang yang SombongPixabay/StockSnap

Siapa sih yang gak bangga sama pencapaian yang diraih? Semua pasti pengin bangga dong sama hal itu, terlebih yang telah diraih tak semua orang bisa dapatkan. Punya ini dan itu, cukup keluarga dan dirimu saja yang tahu akan hal itu. Alih-alih memotivasi untuk bisa mencapai hal serupa, malah, terlalu membanggakan pencapaian dirasa sebagai bentuk pemyombongan diri dan membuat teman sedikit menjaga jarak. Percaya deh, ngobrol sama orang sombong bikin hati gondok.

3. Sering membagikan sesuatu di group chat, tapi saat ada yang merespon dibiarkan begitu saja

Tanpa Disadari, Melakukan 5 Hal Ini Bukti Kamu Orang yang SombongPixabay/Pexels

Kamu yang aktif memainkan media sosial pasti pernah melihat manusia yang seperti ini. Contohnya saja, saat di group WA, kamu bakal menemui fenomena anggota group yang mengirim atau membagikan sesuatu di group dan ketika direspon anggota lain dibiarkan begitu saja. Seperti tak ada apa-apa, bagai debu disapu hujan, hilang. Atau yang bikin story-story pas dikomentari gak dibalas balik, terus maksudnya apa? 

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Dinilai Sombong Sama Teman, Catat!

4. Tak menghargai saat teman berbicara

Tanpa Disadari, Melakukan 5 Hal Ini Bukti Kamu Orang yang SombongPixabay.com/pasja1000

Kasus ini sering terjadi pada orang kecil dan orang besar saat berkumpul. Merasa lebih dari seseorang atau lawan bicara juga bisa menandakan kamu orang yang sombong, apalagi menyepelekan omongan orang lain. Dan menganggapnya gak penting-penting amat.

5. Gak membalas chat atau telepon

Tanpa Disadari, Melakukan 5 Hal Ini Bukti Kamu Orang yang SombongPixabay/rawpixel

Tidak membalas chat di sini pastinya bukan dari orang yang tak dikenal, kalau gak dikenal diblokir saja sekalian. Pastinya gak membalas chat dari teman. Kadang ada tipe orang yang munculnya pas butuh saja. Giliran dibutuhkan malah musnah ditelan bumi ditutup lava.

Entah apa yang orang seperti ini pikirkan. Pastinya saat dichat, gak dibalas. Sudah ditunggu masih saja gak ada balasan, kalau dikonfirmasi bilangnya gak masuk, tenggelem sama chat lain lah. Dan anehnya, centang dua jadi biru.

Orang seperti ini juga bisa dikategorikan sebagai pribadi yang sombong, meremehkan orang lain walaupun dalam hal remeh seperti tak membalas chat. Kalau di dunia nyata gak menyapa orang.

Nah gimana, kamu pernah melakukan yang mana nih?

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Karena Memiliki Sifat Sombong, Kamu Bukan Nih?

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Starling Addict, penyuka benda klasik dan kamu. Biasa bicara di IG @budinyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya