Comscore Tracker

FOMO No More, Intip 6 Jalan Ninja Bikin Kuota Aman Buat Sebulan!

Kamu nyaman, kuota aman!

Hidup di dunia yang serba digital tak ayal membuat banyak Gen Z mengidap Fear of Missing Out (FOMO) bahkan Fear of Living Offline (FOLO). Fenomena FOMO & FOLO bukan hanya bentuk adiksi belaka, terlebih banyak informasi yang bisa tingkatkan produktivitas tersebar di dunia digital. 

Konten menarik banyak manfaat seperti life hacks, tutorial, tips & tricks, hingga sharing session mengisi berbagai media sosial; konten ringan namun berat data bisa sedot banyak kuota tanpa kita sadari ya? Cek life hacks dibawah ini untuk memaksimalkan penggunaan kuota kamu!

1. Matikan sinkronisasi data yang nggak perlu

FOMO No More, Intip 6 Jalan Ninja Bikin Kuota Aman Buat Sebulan!Shutterstock/Reezky Pradata

Suka heran kalau kuota yang kamu beli belum lama, tahu-tahu sudah habis? Mungkin bukan salah kuotanya, tapi cara pemakaian kamu yang boros. Salah satu yang bikin kuota jebol adalah pengaktifan sinkronisasi data. Coba deh matikan sinkronisasi data di smartphone kamu. 

Kamu bisa memilih mana yang perlu dan nggak perlu. Selain bisa hemat kuota, kamu juga bisa hemat baterai smartphone.

2. Matikan auto-play video di media sosial

FOMO No More, Intip 6 Jalan Ninja Bikin Kuota Aman Buat Sebulan!Shutterstock/Vasin Lee

Suka buka aplikasi Twitter? Atau aplikasi media sosial lainnya? Coba cek di pengaturan deh. Jangan-jangan kamu nggak menonaktifkan auto-play video ya? Gara-gara ini, bisa bisa kuota kamu yang melimpah langsung ‘tersedot’. 

Sistem auto-play video membuat video yang nggak mau kamu tonton sekalipun bakal ke-play secara otomatis dan pastinya akan menguras kuota. Coba deh matikan auto-play videonya.

3. Tonton video di resolusi 480p

FOMO No More, Intip 6 Jalan Ninja Bikin Kuota Aman Buat Sebulan!Shutterstock/leungchopan

Selain dengan cara mematikan auto-play kamu juga bisa coba cara yang satu ini. Kalau kamu termasuk orang yang gemar menonton video lewat smartphone dan modal kuota, coba ganti resolusi videonya. 

Tonton video pilihan kamu dengan resolusi 480p. Di resolusi ini, kualitas gambar sudah cukup jelas dan nggak buram-buram amat. Pastinya, dengan cara ini kuota kamu juga bisa jadi lebih awet. Cobain deh. 

4. Gunakan paket kuota 1 MBps Unlimited by.U!

FOMO No More, Intip 6 Jalan Ninja Bikin Kuota Aman Buat Sebulan!IDN Times/Karsa Adiguna

Paket 1 MBps Unlimited yang resmi diluncurkan by.U 6 hari lalu menjawab kebutuhan Gen Z yang nggak mau lagi di atur-atur provider. Mulai dari Rp30.000,- konsumen bisa sepuasnya browsing tanpa batasan waktu dan batasan platform. 

Selama 21 hari by.U menjalankan internal testing paket ini dengan streaming video di resolusi 480p sebelum meluncurkannya ke publik, dan selama beta testing hasilnya membuktikan kecepatan 1 MBps dapat diandalkan kamu yang ingin stay connected.

Kemudahan by.U gak cuman sebatas paket 1 MBps yang unlimited, penasaran sisanya? Bisa langsung kamu cek dengan download app by.U di App Store ataupun Play Store ya!

5. Matikan Auto-Next Video di YouTube

FOMO No More, Intip 6 Jalan Ninja Bikin Kuota Aman Buat Sebulan!businessinsider.com

Fitur auto-next video memang cocok buat kamu yang nonton atau dengerin YouTube sambil kegiatan lain, tapi tanpa sadar bisa bikin kuota jebol. Klik profile image akun YouTube kamu, klik Setting dan turn-off Autoplay.

6. Lebih banyak mengkonsumsi konten bacaan dibanding video

FOMO No More, Intip 6 Jalan Ninja Bikin Kuota Aman Buat Sebulan!businessinsider.com

Tanpa terasa, data 1GB bisa dihabiskan dengan nonton 310 menit video YouTube dan dengerin 160 lagu Spotify. Bagaimana dengan browsing? Hingga 3,000 laman website! Selain bisa menghemat kuota, konten bacaan terbukti bisa menjadi sarana bantuan untuk mengubah pola pikir negatif dan meningkatkan keterampilan kognitif. Mungkin life hacks ini bisa jadi motivasi kamu untuk baca lebih banyak ya!

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya