Comscore Tracker

Lagi Down? 5 Lagu Barat Ini Ampuh Obati Hati Agar Lebih Mencintai Diri

Putar dan nyanyikan biar semangatmu kembali lagi

Musik adalah bahasa universal. Dari mendengarkannya saja, bisa memengaruhi mood seseorang. Terlebih bila isi hati kamu sedang dirundung perasaan sedih ataupun galau, seringkali memutar lagu favorit disebut dapat memperbaiki perasaan tersebut.

Gak hanya karena melodinya yang catchy, sebuah lagu juga terkadang mengandung lirik yang sangat dalam hingga dapat menjadi kutipan yang tersemat di dalam hati. Seperti halnya 7 lagu dari penyanyi internasional wanita di bawah ini.

Cocok buat jadi pembangkit semangat saat down,  lagu-lagu berikut juga memiliki lirik yag mampu mengembalikan rasa percaya dirimu dan agar kamu bisa lebih menghargai diri sendiri. Yuk langsung cek!

1. Scars To Your Beautiful - Alesia Cara

https://www.youtube.com/embed/MWASeaYuHZo

But there's a hope that's waiting for you in the dark
You should know you're beautiful just the way you are
And you don't have to change a thing, the world could change its heart
No scars to your beautiful, we're stars and we're beautiful

Bila kamu tengah mengalami krisis percaya diri akibat penampilanmu yang dirasa orang lain kurang oke, ada baiknya kamu mendengarkan lagu dari Alesia Cara berjudul Scars To Your Beautiful.

Di dalam lagu ini, Alesia mengungkapkan tentang bagaimana penampilan selalu menjadi beban bagi seseorang untuk tampil percaya diri. Padahal hal yang terpenting sebenarnya bukanlah pendapat orang, melainkan pendapat kita terhadap diri kita masing-masing.

Kita harus sadar betapa cantik dan menariknya kita apa adanya. Tidak perlu mengubah penampilan kita menjadi seperti yang orang lain inginkan, karena yang terpenting adalah kenyamanan diri kita.

Dan lebih dari semuanya, menanamkan pemikiran positif dan memiliki kepercayaan diri akan dengan sendirinya memancarkan aura menawan yang kita miliki terhadap orang-orang di sekitar. 

2. Try - Colbie Caillat

https://www.youtube.com/embed/GXoZLPSw8U8

Why, should you care, what they think of you
When you're all alone, by yourself, do you like you?
Do you like you?
You don't have to try so hard
You don't have to, give it all away
You just have to get up, get up, get up, get up
You don't have to change a single thing

Seperti halnya lagu Alesia Cara, penyanyi Colbie Caillat juga membagikan lirik berharga akan pentingnya kita untuk lebih menghargai dan mencintai diri kita.

Lagu berjudul Try menceritakan tentang bagaimana seseorang seringnya berusaha keras menunjukkan dirinya agar tampak 'wah', namun hal itu bukan ia lakukan untuk dirinya melainkan orang lain.

Bila memiliki masalah dimana kamu merasa orang akan berpikiran negatif tentang penampilan yang kamu miliki, tidakkah kamu sadar bahwa pemikiran negatif tersebut justru akan merusak dirimu yang sesungguhnya? Mengapa harus membuat orang lain senang akan penampilanmu bila kamu sendiri tak senang akan dirimu?

Saat kamu merasa down karena hal tersebut, lagu satu ini bisa menjadi pelipur lara yang menyadarkanmu bahwa you really don't have to try so hard, dear.

Baca Juga: Bikin Ketagihan, 6 Lagu KPop Ini Punya Lirik yang Sangat Repetitif Lho

3. Fight Song - Rachel Platten

https://www.youtube.com/embed/xo1VInw-SKc

This is my fight song
Take back my life song
Prove I'm alright song
My power's turned on
Starting right now I'll be strong
I'll play my fight song
And I don't really care if nobody else believes
'Cause I've still got a lot of fight left in me

Gak hanya tentang penampilan, pekerjaan pun bisa menjadi alasan mengapa seseorang merasa down. Seperti misalnya susahnya mencari pekerjaan usai lulus sekolah atau bila pekerjaan yang dilakukan tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Namun saat memutar lagu berjudul Fight song, kamu akan tersadar pentingnya untuk tidak pernah menyerah dan terus berusaha.

Menurut Rachel, terkadang pasti ada pikiran jahat di kepala yang dapat membuat kita merasa putus asa dan berpikir bahwa terus mencoba setelah kegagalan hanya akan menjadi sia-sia. Tetapi itu tidaklah benar.

Terus mencoba pastilah nanti akan membuahkan hasil juga. Kita harus terus berjuang untuk apa yang kita anggap mampu dan terus mengejar mimpi yang ingin kita raih, janganlah putus asa dan meragukan kemampuan yang kita miliki karena 'ragu' justru adalah hal yang akan membuat diri kita gagal. 

4. Don't Be So Hard On Yourself - Jess Glynne

https://www.youtube.com/embed/THeLVhU53ow

Don't be so hard on yourself, no
Learn to forgive, learn to let go
Everyone trips, everyone falls
So don't be so hard on yourself, no
'Cause I'm just tired of marching on my own
Kind of frail, I feel it in my bones
Oh let my heart, my heart turn into stone
So don't be so hard on yourself

Jangan biarkan kesedihan dan keputus asaan menghancurkanmu. Lepaskanlah hal yang membuatmu terpuruk dengan mendengarkan lagu dari Jess Glynne satu ini.

Lagu ini berpesan agar kita dapat belajar memaafkan dan merelakan segala yang telah terjadi. Bukan hanya diri kita yang memiliki masalah, orang lain pun juga pasti demikian. Hal yang membuat kita merasa sedih dan terpuruk hanya akan membuat luka. Karenanya jangan terlalu keras terhadap diri sendiri.

Daripada menyimpan permasalahan dalam hati, pasti akan ada orang di sekitar kita yang siap menjadi pendengar bagi masalah yang tengah kita alami. Meski mungkin mereka tak bisa membantu menyelesaikan, ketahuilah bahwa kamu tak sendiri dan pasti selalu ada yang peduli denganmu.

 

5. Shake It Off - Taylor Swift

https://www.youtube.com/embed/nfWlot6h_JM

'Causethe players gonna play, play, play, play, play
And the haters gonna hate, hate, hate, hate, hate
Baby, I'm just gonna shake, shake, shake, shake, shake
I shake it off, I shake it off
Heartbreakers gonna break, break, break, break, break
And the fakers gonna fake, fake, fake, fake, fake
Baby, I'm just gonna shake, shake, shake, shake, shake
I shake it off, I shake it off

Disaat semakin mudah bagi orang untuk mengutarakan pendapat, semakin mudah pula bagi orang untuk mengeluarkan kata yang dapat melukai perasaan. Jika terlalu memikirkan pendapat orang, seolah permasalahan justru semakin tidak ada ujungnya untuk diselesaikan.

Oleh sebab itulah, Taylor Swift mengajak para penikmat musiknya untuk tidak terlalu mengambil pusing akan pandangan dan apap un hal-hal buruk yang orang katakan tentang diri kita, akan lebih baik bagi kita untuk mengacuhkannya saja.

Temukan sisi positif dari hal-hal yang menjadikan semangatmu menurun, karena pasti akan selalu ada hikmah yang dapat dipetik. Dan bila semangat yang menurun tersebut disebabkan oleh orang lain, hempaskan saja daripada nantinya malah merugikanmu. Setuju gak, guys

 

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Semangat Hadapi Masalah Saat Bad Mood Melanda!

Calledasia Photo Verified Writer Calledasia

Broken crayons can still colour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya