Comscore Tracker

4 Tips Hemat Pengeluaran Saat Lebaran

Selesai Lebaran, kantong tetap aman

Lebaran sudah tiba, banyak orang sudah mudik ke kampung halamannya dan mempersiapkan liburan pada saat libur panjang seperti sekarang ini. Banyak orang yang sudah mempersiapkan dengan matang dan jauh-jauh hari khususnya dalam hal biaya, akan tetapi banyak orang yang masih tidak bisa mengatur pengeluarannya sehingga pengeluaran pun membengkak, apa saja tips hemat pengeluaran saat Lebaran? Berikut ulasannya.

1. Belanjalah kebutuhan lebaran jauh-jauh hari

4 Tips Hemat Pengeluaran Saat Lebarantheasianparent.com

Pada saat lebaran memang banyak kebutuhan yang meningkat drastis.Disarankan untuk anda agar membeli kebutuhan lebaran jauh-jauh hari seperti pakaian, jajanan lebaran dan lain-lain karena pada saat lebaran harga-harga akan naik walaupun banyak diskon.

Contohnya: pada hari biasa harga pakaian di sebuah toko Rp.100.000,- pada saat lebaran akan diberi diskon 50 % akan tetapi harga yang mulanya Rp.100.000,- akan dinaikan harganya menjadi Rp.200.000,- sehingga pedagang tetap untung.Jadi disarankan untuk anda agar membeli kebutuhan lebaran jauh-jauh hari.

Tenang jika anda sudah terlanjur tidak bisa belanja jauh-jauh hari kami ada tipsnya yaitu buatlah jajanan lebaran sendiri apabila dirasa memiliki peminat itu bisa anda jadikan sebagai tambahan penghasilan dan juga melatih ketrampilan memasak anda.

2. Cari tiket promo untuk liburan

4 Tips Hemat Pengeluaran Saat Lebaranfundalina.com

Pada saat liburan seperti sekarang ini banyak sekali promo yang dilakukan oleh berbagai perusahaan perjalanan wisata , dengan cara seperti ini pengeluaran anda akan lebih terkendali.Disarankan untuk anda juga agar membeli tiket secara online karena biasanya lebih murah.Selain itu mencari tiket kombinasi juga baik untuk keuangan karena dengan tiket kombinasi perjalanan anda akan lebih mudah dan juga pastinya lebih murah daripada tiket satuan.

3. Berani menawar saat berbelanja

4 Tips Hemat Pengeluaran Saat Lebaransidomi.com

Oleh-oleh merupakan salah satu hal wajib ketika anda berwisata, tanpa oleh-oleh liburan kita terasa hambar.Jangan sungkan untuk melakukan tawar menawar dengan pedagang karena biasanya pedagang akan menaikkan harga barangnya saat liburan berlangsung seperti pada saat ini.Jadi disarankan untuk anda agar berani menawar harga dari pedagang.Kecuali kalau anda berbelanja di pasar swalayan, anda tidak perlu menawar harga karena harganya pas.

4. Pilihlah kuliner lokal

4 Tips Hemat Pengeluaran Saat Lebaranhttps://trip101.com/article/5-lip-smacking-local-foods-you-must-try-in-surabaya

Banyak kesempatan untuk menghemat pengeluaran saat lebaran di kampung halaman.Seperti dalam hal makan dan minum, tips yang sangat penting adalah jangan makan di restoran atau hotel.

Carilah tempat makan seperti warung-warung makan pinggir jalan yang khususnya menyajikan kuliner lokal.Selain itu, jangan makan di tepi pantai atau daerah daerah wisata karena biasanya lebih mahal, makanlah di tempat yang banyak dikunjungi penduduk lokal karena biasanya harganya lebih murah dan rasanya pasti enak.

Candrika Ilham Wijaya Photo Verified Writer Candrika Ilham Wijaya

Menghargai kata @cndrikailhm_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya