Comscore Tracker

5 Bentuk Self-Care yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Menjadi dan mencintai diri sendiri 

Sering digambarkan dan selalu disebutkan bahwa diri kita adalah rupa yang sempurna dari Sang Khalik. Tetapi dalam kehidupan, seringkali kita dihadapkan pada realitas-realitas yang membuat kita kurang menghargai –bahkan tidak menjaga dan bersyukur atas apa yang telah diberikan pada kita. Ya, keseluruhan diri kita: tubuh, pikiran, dan jiwa kita.

Artikel kali ini menjelaskan apa yang sebaiknya kita lakukan untuk merawat dan mencintai keseluruhan diri, atau istilah kerennya adalah self-care. Upaya ini sesungguhnya juga merupakan cara kita dalam mensyukuri segala karunia-Nya. Lalu, bagaimana cara menerapkan self-care? Berikut ini merupakan langkah-langkah praktisnya.

1. Menjaga kesehatan fisik

5 Bentuk Self-Care yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hariPexels/Pixabay

Kita sudah tidak asing dengan semboyan "Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat". Jadi, langkah utama dalam self-care adalah dengan merawat dan menjaga tubuh atau fisik kita.

Cara sederhana dalam menjaga dan merawat tubuh kita di antaranya membangun pola makan yang baik dan sehat, tidur yang cukup, melakukan berbagai olahraga ringan, dan dapat mengatur waktu dengan baik (dalam artian tahu kapan harus beristirahat dan kapan harus bekerja). Melakukan hal-hal sederhana seperti yang sudah disebutkan dapat membuat tubuh kita semakin kuat dan pastinya terhindar dari penyakit!

2. Membangun hubungan sosial yang baik

5 Bentuk Self-Care yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hariPexels/Artem Beliaikin

Hubungan sosial yang baik bukan hanya terbentuk secara eksternal, bersama orang lain tetapi juga dengan keluarga. Sangat penting memiliki batas yang seimbang antara kehidupan personal dan kehidupan sosial kita.

Menggunakan media sosial secara positif, memberi atau menerima bantuan dari orang lain, mendapat dukungan dari orang dekat, dan membangun komunikasi yang positif, juga merupakan salah satu bentuk self-care. Nikmatilah setiap relasi yang kita bangun dan maknai secara positif.

3. Keseimbangan Emosi

5 Bentuk Self-Care yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hariPexels/Rawpixel

Emosi tidak hanya soal perasaan yang ada dari dalam diri kita. Emosi juga menyangkut empati, yang efeknya memberikan kedamaian pada diri kita sendiri. Tipe self-care secara emosional dapat dilakukan dengan cara memaafkan orang lain, berbagi kasih dengan cara melakukan suatu kebaikan, serta stress management yang baik. Cara-cara di atas dapat mengatasi kelelahan emosional yang didapatkan dari tempat kerja, sekolah, maupun lingkungan keluarga.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Agar Motivasi Kerja Kamu Gak Mudah Hilang 

4. Lingkungan dan tempat tinggal

5 Bentuk Self-Care yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hariPexels/Skitterphoto

Tahukah kamu? Tinggal dalam lingkungan atau tempat tinggal yang sehat, aman, dan stabil juga merupakan salah satu bentuk self-care. Secara tidak langsung, kamu menghindarkan diri dari penyakit akibat lingkungan yang kurang bersih, gejolak emosional, maupun rasa tidak aman akibat ruang yang berantakan maupun potensi bahaya. Jaga dan rawatlah selalu lingkungan sekitar tempat tinggal kita agar kita nyaman menjadi bagian di dalamnya. 

5. Finansial

5 Bentuk Self-Care yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hariPexels/Alicia Zinn

Self-care dalam bentuk finansial artinya bertanggung jawab dengan kondisi keuangan untuk mencapai kehidupan yang nyaman dan jauh dari krisis. Ingat peribahasa "Besar pasak daripada tiang". Jangan boros atau menghambur-hamburkan sumber material yang kita miliki, tetapi pergunakan dengan bijak.

Jika kamu memiliki tagihan, segeralah bayar karena ini akan meringankan beban kita di kemudian hari. Pandai-pandailah mengatur keuangan dan menentukan skala prioritas. Selain itu, kamu juga bisa membeli sesuatu yang kamu inginkan sebagai bentuk reward kepada diri sendiri!

Baca Juga: 5 Hal Ini Bikin Motivasi Kamu Tidak Berguna untuk Meraih Sukses

Carmelita Vondra Wijaya Photo Verified Writer Carmelita Vondra Wijaya

Educating the nation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya