Comscore Tracker

6 Tanda Kamu Orang yang Kebanyakan Memikirkan Hal Gak Perlu

Apa ada tanda-tandamu di sini?

Berpikir memang merupakan salah satu aktivitas alami manusia. Namun terlalu memikirkan suatu hal yang bahkan belum terjadi sampai membuat dirimu lelah adalah hal yang tidak wajar. Hal itu tentu akan menghambat langkahmu untuk maju, sebab pikiranmu masih saja tertambat pada hal-hal di belakang.

Ini 6 tanda yang menunjukkan bahwa kamu adalah seorang overthinker;

1. Sulit untuk mengambil keputusan, bahkan untuk hal-hal sederhana 

6 Tanda Kamu Orang yang Kebanyakan Memikirkan Hal Gak Perlupexels.com/Andrea Piacquadio

Overthinking membuatmu terus menimbang-nimbang akan suatu pilihan bahkan untuk hal-hal sederhana. Semua pilihan terasa salah. Pada akhirnya, kamu tidak berani mengambil aksi atau langkah apa pun sebab merasa bahwa kamu tidak mampu melakukan hal-hal itu. Ini tentu menghambat dirimu untuk melakukan sesuatu yang lebih.

2. Kamu tidak bisa berkonsentrasi mengerjakan satu hal karena terus kepikiran masalah lain 

6 Tanda Kamu Orang yang Kebanyakan Memikirkan Hal Gak Perlupexels.com/Ketut Subiyanto

Saat seharusnya kamu mengerjakan satu hal, pikiranmu malah teralihkan untuk hal-hal tidak penting lain. Hasilnya, kamu jadi sulit berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. Itu sama sekali bukan hal bagus, malah akan membuang waktu dan menghambat progres pekerjaanmu. Bukankah selain berpikir, harus ada ‘aksi’ untuk mencapai tujuan kita?

3. Kamu sering merasa khawatir akan sesuatu yang belum terjadi 

6 Tanda Kamu Orang yang Kebanyakan Memikirkan Hal Gak Perlupexels.com/Pixabay

Overthinker selalu memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi di masa depan. Ini akan berdampak pada suasana hatimu sehari-hari. Kamu akan merasa resah, tidak bahagia, dan insecure setiap saat. Walau sebenarnya hal yang wajar untuk berantisipasi terhadap hal buruk di masa depan, tapi melakukannya secara berlebihan hanya akan memproduksi emosi negatif dalam dirimu.

Baca Juga: 5 Kiat Mencegah Overthinking di Malam Hari, Lekas Terapkan Ya! 

4. Tidak dapat menikmati hal-hal yang biasanya kamu sukai 

6 Tanda Kamu Orang yang Kebanyakan Memikirkan Hal Gak Perlupexels.com/Andrea Piacquaido

Apa hobi yang biasanya kamu lakukan di waktu luang? Melukis? Menulis? Atau, menonton film? Tentu kita menikmati semua kegiatan itu karena sesuai dengan kegemaran kita. Namun saat kamu terus-terusan dihantui kekhawatiran dan overthinking, akan sulit bagimu untuk menikmati hobi tersebut.

Pikiranmu hanya akan terus berpusat pada masalah, kegelisahan, dan keraguan.

5. Tak henti memikirkan kesalahan masa lalu

6 Tanda Kamu Orang yang Kebanyakan Memikirkan Hal Gak Perlupexels.com/Engin Akyurt

Kita semua pasti pernah berbuat kesalahan di masa lalu, entah disengaja atau tidak. Namun tentu semua pengalaman itu ada untuk kita belajar menjadi orang yang lebih baik. Memikirkannya secara berlebihan hanya akan menghabiskan tenaga dan membuat pikiranmu cepat lelah.

6. Kamu terlalu peduli dengan komentar orang terhadap dirimu 

6 Tanda Kamu Orang yang Kebanyakan Memikirkan Hal Gak Perlupexels.com/Craig Adderley

Memikirkan komentar dan pendapat orang lain yang berlebihan tentu dapat menghambat kemajuan dirimu kelak. Kamu jadi ingin selalu tampil sempurna hanya untuk menyenangkan hati orang, sekalipun kamu sendiri tidak nyaman dengan hal tersebut. Sayangnya, kesempurnaan itu semu. Kamu tak dapat terus-terusan membuang waktu dan tenaga hanya untuk menyenangkan hati orang.

Itulah keenam tanda kamu seorang overthinker. Memang tidak mudah untuk melepaskan kekhawatiran dan kegelisahan dalam waktu singkat, tapi percayalah, memikirkannya berlebihan juga tidak akan membuat suasana hatimu bertambah baik.

Sebaliknya, cobalah untuk menceritakan beban pikiranmu pada orang yang kamu percaya. Itu akan membuatmu merasa jauh lebih lega dan tenang.

Baca Juga: Bukan Overthinking, Kamu Memang Perlu ‘Double Check’ untuk 5 Hal Ini 

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya