Comscore Tracker

Minder? Ikuti 8 Langkah Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri!

Aku berharga! Aku mencintai diriku apa adanya!

Banyak orang mulai merasa rendah diri saat melihat ada orang lain yang lebih baik darinya. Tak dapat dipungkiri, entah itu anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun, kita pasti pernah merasa malu dengan kekurangan yang ada dalam diri kita. Merasa rendah diri sesekali itu wajar, seharusnya dapat dijadikan pecutan untuk kita menjadi orang yang lebih baik lagi.

Oleh karena itu, stop minder mulai dari sekarang! Berikut 7 langkah untuk meningkatkan rasa percaya diri;

1. Tatap refleksi diri di cermin tiap pagi, lalu katakan dengan senyuman, “Kamu berharga. Aku mencintaimu apa adanya.”

Minder? Ikuti 8 Langkah Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri!Pexels/bruce mars

Langkah awal untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan mencintai diri sendiri apa adanya. Terlepas dari apa yang orang katakan, terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirimu, kamu tetaplah sosok yang berharga. Ingat, setiap orang memiliki keunikan dan ciri khas diri yang menarik. Jadi jangan pernah percaya dengan hinaan orang yang mengatakan bahwa kamu jelek dan tidak menarik. Kalau kamu saja tidak dapat mencintai diri sendiri, apalagi orang lain?

2. Mulailah mendadani dirimu sendiri

Minder? Ikuti 8 Langkah Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri!Pexels/Pixabay

Belajar memakai makeup, memperhatikan fashion, mengambil foto selfie di tempat umum bukanlah tanda-tanda bahwa kamu orang alay yang suka cari perhatian. Memperbaiki penampilan diri juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri. Saat bertemu orang lain, hal pertama yang mereka nilai adalah caramu menata diri. Penampilan memang bukanlah segalanya, tetapi tetap menjadi poin penting saat kamu bertemu orang baru.

3. Bersikap ramah pada orang: mulailah dengan 5S

Minder? Ikuti 8 Langkah Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri!Pexels/rawpixel.com

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa kunci utama agar kita bisa mendapat banyak teman? Sebenarnya sederhana, guys. Hanya dengan bersikap ramah pada orang lain ketika bertemu; melontarkan senyum, sapa, salam, dan jangan lupa untuk selalu bersikap sopan dan santun.

Ingat untuk ucapkan kata ‘maaf’ kalau kamu berbuat salah, kata ‘terima kasih’ saat orang membantumu, juga kata ‘tolong’ untuk meminta pertolongan. Integritas diri itu penting—tidak kalah penting dengan penampilan fisik. Orang akan menghormatimu dari sikap, jadi bangunlah kesan yang baik dan menyenangkan dengan siapapun kamu bertemu.

Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Menolong Kamu Agar Percaya Diri di Tempat Kerja 

4. Menambah wawasan dan pengetahuan

Minder? Ikuti 8 Langkah Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri!Pexels/Daria Shevtsova

Siapa yang tidak segan dengan orang pintar? Menambah pengetahuan bisa kamu lakukan dengan membaca buku dan artikel, menonton video berguna melalui internet, juga memperbarui diri dengan berita-berita yang up to date.

Jangan pikir wawasan ini tidak berguna. Luasnya pengetahuan membuat kamu selalu nyambung dalam topik obrolan apapun. Nantinya orang-orang akan semakin merasa nyaman mengobrol denganmu, ini adalah poin plus untuk meningkat kepercayaan dirimu dalam menghadapi orang-orang baru.

5. Hadapi semua ketakutan, hadapi semua tantangan

Minder? Ikuti 8 Langkah Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri!Pexels/Pixabay

Jangan jadikan sebuah ketakutan sebagai tembok penghalang. Justru ini saatnya kamu hadapi semua kekhawatiran yang mengganggu hidupmu. Takut bergaul dengan orang? Takut lamaran kerja ditolak? Atau takut dikritik saat memamerkan hasil karya? Tumpas semua rasa takutmu, hadapi dengan langkah kecil agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kalau kamu terus bertahan pada zona nyaman tanpa mencoba hal baru, kamu juga tidak akan bergerak dari posisi hidupmu yang standar-standar saja.

6. Tonjolkan bakatmu, asah minatmu

Minder? Ikuti 8 Langkah Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri!Pexels/Oleg Magni

Tuhan memberi kita bakat bukan untuk dikubur sendiri ya, guys! Untuk apa kita diberi talenta menyanyi kalau diikutkan lomba vokal saja takut? Untuk apa kita diberi bakat bermain beatbox, tetapi selalu menolak saat diminta tampil di depan umum? Sia-sia, tidak berguna. Cobalah untuk menggali kemampuanmu lebih dalam, asah lebih jauh bakat dan minatmu, kemudian lawan rasa malu atau ketakutanmu saat harus menampilkan itu di depan umum.

7. Perluas koneksimu! Dukungan teman itu penting

Minder? Ikuti 8 Langkah Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri!Pexels/rawpixel.com

Nah, tips terakhir yang tidak kalah penting. Jangan bosan-bosan mencari teman. Koneksi yang luas dengan rekan-rekan sejawat dapat memberi dukungan yang berguna untuk dirimu kelak. Nantinya kalau kamu merasa minder atau jauh, dukungan teman dan keluarga inilah yang akan memotivasimu untuk bangkit dan termotivasi untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

8. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Minder? Ikuti 8 Langkah Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri!Pexels/Pixabay

Ini yang selalu menjadi penyebab utama mengapa seseorang merasa begitu minder dan tidak percaya diri. Guys, membandingkan diri dengan orang lain itu tidak ada gunanya, selain menambah rasa sedih. Tuhan menciptakan tiap orang dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jadi untuk apa kamu berharap menjadi orang lain, kalau dalam hidupmu ada satu bakat unik yang tidak didapat dari orang itu? Kesuksesan orang bukan untuk dijadikan bahan pembanding, melainkan sebagai cambuk untuk memotivasi diri kita lebih baik lagi.

Baca Juga: Sering Gak Percaya Diri? Yuk Atasi dengan 9 Tips Psikologis Ini

Caroline Graciela Photo Community Writer Caroline Graciela

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You