Comscore Tracker

Gak Melulu Soal Teman, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Kesepian

Gak selalu karena teman #IDNTimesLife

Kesendirian tak selalu berarti kesepian. Banyak orang merasa nyaman menghabiskan waktu sendiri tanpa merasa kesepian, tetapi di sisi berbeda, ada pula orang yang selalu dikelilingi banyak teman dan masih merasa kesepian. Perasaan kesepian dapat terbentuk ketika kamu tidak merasa terhubung dengan orang-orang di sekitarmu.

Terlalu sering merasa kesepian dapat membawa beberapa masalah mental seperti gelisah dan depresi. Bila kamu terus merasa kesepian walau sudah memiliki banyak teman, bisa jadi ada alasan mengapa kamu tidak dapat merasa terkoneksi dengan orang-orang itu.

Simak lima alasan mengapa seseorang bisa merasa kesepian.

1. Takut dengan keintiman 

Gak Melulu Soal Teman, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa KesepianKetidaksiapan untuk membuka diri pada orang lain dapat menimbulkan rasa sepi (Pexels.com/Jessica Ticozzelli)

Terkadang orang yang tampaknya paling ramah, paling baik dan bersahabat diam-diam menyembunyikan ketakutan untuk menjalin kedekatan relasi dengan seseorang. Ini disebabkan oleh rasa takut akan penolakan. Baginya teman hanya sekadar kompeni dan tetap harus ada batas emosional di antara mereka.

Untuk terkoneksi secara emosional dengan seseorang dan berhenti merasa kesepian ialah mengambil risiko membiarkan orang lain melihat jati dirimu sebenarnya. Tidak perlu terus-terusan memasang topeng wajah agar disukai semua orang. Dengan demikian, kamu akan menemukan hubungan pertemanan sehat yang membuatmu merasa terhubung sepenuhnya.

2. Kamu terlibat dalam codependent-relationship

Gak Melulu Soal Teman, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa KesepianHubungan yang salah dapat berdampak pada perasaanmu (Pexels.com/Ivan Samkov)

Dilansir Psychology Today, codependency adalah sebuah keadaan dalam hubungan ketika satu pihak menjadi begitu suportif, peduli, dan menoleransi sikap tak bertanggung jawab dari partnernya. Bukan hanya dalam hubungan percintaan, kasus ini juga dapat terjadi dalam relasi pertemanan. Codependency terjadi ketika kamu mulai meletakkan self-worth-mu pada temanmu.

Sebagai akibat, kamu menjadikan temanmu sebagai sumber kebahagiaan dan menaruh kebutuhan mereka di atas kebutuhanmu pribadi. Kamu bersedia melakukan apa yang ia mau, dan pada akhirnya, ini membuatmu kehilangan ‘jati diri’ dalam relasi tersebut.

Baca Juga: 5 Pola Pikir Keliru yang Tanpa Disadari Dapat Memicu Rasa Kesepian

3. Kamu belum mengenal dirimu dengan baik 

Gak Melulu Soal Teman, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa KesepianWalau sering disepelekan, pengenalan akan diri sendiri merupakan hal yang penting (Pexels.com/Ivan Samkov)

Apa kamu tahu mimpi dan cita-citamu? Prinsip hidupmu? Atau sesuatu yang benar-benar membuatmu senang? Saat kamu terus-menerus mendasari identitasmu berdasarkan kemauan orang lain, lambat laun kamu lupa siapa dirimu sebenarnya. Ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang terus merasa kesepian.

Untuk mengatasinya, ambil waktu berdiam diri dan instrospeksi. Perlahan, mengenal dirimu lebih dalam dan jalani hidup tanpa perlu mencari pengakuan orang.

4. Kamu masih terikat oleh masa lalu 

Gak Melulu Soal Teman, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa KesepianPenyesalan dari masa lalu akan menghambatmu untuk maju (Pexels.com/cottonbro)

Belum bisa move on dari masa lalu dapat membawamu merasa kesepian. Mungkin ada satu memori buruk di masa lalu yang membuatmu merasa tidak berharga. Mungkin kamu pernah mengalami penolakan yang begitu menyakitkan sehingga terlalu takut untuk kembali menjalin relasi dengan orang lain. Hal inilah yang kemudian menghantarkanmu pada perasaan kesepian.

5. Kamu menghabiskan waktu dengan orang yang salah 

Gak Melulu Soal Teman, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa KesepianTanyakan pada dirimu sendiri, apa kamu sungguh merasa nyaman dengan kompenimu saat ini? (Pexels.com/RODNAE Production)

Entah terjebak dalam hubungan toksik atau berteman dengan orang-orang yang tidak kamu suka, menghabiskan waktu dengan orang yang salah dapat menjadi sumber perasaan kesepian.

Mungkin kamu bertahan hanya sebab takut merasa sendiri dan tak punya teman. Namun alih-alih merasa senang, kamu malah semakin lelah saat berteman dengan mereka. Lambat laun kamu pun sadar, merekalah sumber rasa kesepian itu.

Itulah kelima alasan mengapa seseorang bisa merasa kesepian. Kesepian dapat menjadi masalah serius bila terus diabaikan. Membangun relasi yang sehat dengan diri sendiri dan orang lain dapat menjadi langkah awal untuk mengatasi perasaan kesepian. Semangat!

Baca Juga: 7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Merasa Kesepian

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya