Comscore Tracker

Biar Gak Kecewa, Jangan Pernah Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain 

Ingat baik-baik, ya!

Sumber kekecewaan terbesar kita ialah menempatkan ekspetasi tinggi di tempat yang salah.Ini sering terjadi dalam sebuah hubungan, dimana kita sering berharap keluarga, teman, kekasih, atau siapapun yang berinteraksi dengan kita melakukan sesuatu yang sifatnya menyenangkan hati kita.

Sayangnya, ekspetasi berlebihan pada orang lain hanya akan memproduksi perasaan frustrasi dan sedih yang sebenarnya tidak perlu. Karena itu, mulailah dengan berhenti mengharapkan 5 hal ini dari orang lain:

1. Berharap mereka selalu setuju denganmu 

Biar Gak Kecewa, Jangan Pernah Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain Ilustrasi dua orang berbeda pendapat (Pexels.com/SHVETS production)

Dalam setiap relasi, sedekat apapun itu, pasti akan mengalami satu-dua kali perdebatan karena beda pendapat. Ingatlah bahwa itu merupakan hal yang lumrah. Malah, adanya diskusi dan debat itu bagus untuk memecahkan masalah dan mengambil jalan tengah yang baik untuk kalian berdua.

Bila kamu dengan mereka memiliki perbedaan prinsip atau kehendak, jangan cepat merasa takut atau rendah diri. Jangan pula beranggapan pendapatmu paling superior. Saling menghargai adalah kunci untuk membangun hubungan yang sehat dengan orang lain.

2. Berharap orang lain menghargaimu lebih dari kamu menghargai diri sendiri 

Biar Gak Kecewa, Jangan Pernah Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain Ilustrasi seseorang yang ingin dihormati orang lain (Pexels.com/SHVETS production)

Sama halnya dengan self-love, self-respect pun penting untuk dimiliki. Seberapa besar kamu menghargai diri sendiri akan tampak pada caramu membawa dan memperlakukan diri. Bila kamu saja tidak memperlakukan diri sendiri dengan baik, lantas bagaimana bisa mengharapkan orang lain untuk menghargaimu?

3. Berharap orang lain selalu menyukaimu 

Biar Gak Kecewa, Jangan Pernah Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain Ilustrasi seseorang yang ingin menyenangkan orang lain (Pexels.com/mentatdgt)

Keberhargaamu tidak dapat ditentukan dari validasi orang. Karena itu, berhenti mengharapkan tiap orang yang kamu temui untuk menyukaimu. Tidak peduli seberapa baik, bagus, sempurna dirimu di hadapan orang, pasti ada beberapa orang negatif yang terus mengkritik bahkan menebar kebencian terhadapmu. Jangan terlalu dimasukkan hati, apalagi mencoba berubah demi menyenangkan orang itu.

Baca Juga: 5 Ekspektasi Keliru tentang Pasangan Baru, Gak Selalu Sesuai Realita

4. Berharap orang lain tahu apa yang kamu pikirkan 

Biar Gak Kecewa, Jangan Pernah Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain Ilustrasi komunikasi antarpasangan (Pexels.com/SHVETS production)

Hal ini sering terjadi dalam persahabatan dan hubungan dengan pasangan. Ingatlah bahwa sedekat-dekatnya kalian, manusia tetaplah manusia. Pengetahuan dan kemampuan mereka untuk mengenal orang jelas terbatas. Inilah pentingnya komunikasi, agar kamu dan doi bisa saling mengerti perasaan satu sama lain.

Saat kamu merasa sedih karena pasanganmu melakukan kesalahan tanpa ia sadari, jangan hanya diam dan berharap doi akan sadar sendirinya. Semakin sering kamu berharap demikian, semakin sering pula kamu akan berakhir kecewa.

5. Berharap orang lain akan terus tinggal dalam hidupmu 

Biar Gak Kecewa, Jangan Pernah Harapkan 5 Hal Ini dari Orang Lain Ilustrasi seorang wanita merindukan kehadiran seseorang (Pexels.com/Randylle Deligero)

Ingatlah bahwa segala sesuatu dalam hidup adalah fana. Termasuk orang-orang yang ada atau pernah ada dalam hidupmu. Terkadang mereka hanya ditakdirkan untuk singgah tanpa menetap. Dan bila itu terjadi, janganlah memaksa mereka untuk tinggal. Memang rasanya menyakitkan untuk kehilangan seseorang yang pernah menjadi bagian dari hidup kita.

Namun kembali ke poin awal, kamu pun tidak memiliki kontrol atas hidupnya. Barangkali kepergiannya akan mengajarkanmu sesuatu hal yang berharga, itulah yang harus kamu simpan baik-baik.

Itulah kelima hal yang tidak seharusnya kamu harapkan dari orang lain. Dengan demikian, kecil pula kemungkinan kamu akan merasa kecewa. Hidup itu singkat, guys, masa kamu ingin habiskan untuk terus kepahitan pada orang lain?

Baca Juga: 5 Ekspektasi Orang Lain yang Gak Harus Kamu Penuhi di Usia 20-an

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya