Comscore Tracker

6 Cara untuk Membuang Pikiran Negatif, Biar Hidupmu Makin Bahagia!

Wujudkan kebiasaan baru yang bantu hidup positif!

Sebagai manusia, kita pasti tak dapat terhindarkan dari pikiran buruk. Entah itu kekhawatiran, pikiran mengenai seberapa jelek dan tidak berharganya diri kita, dugaan negatif ke orang-orang sekitar, dan masih banyak lagi. Ketakutan-ketakutan itu merupakan hal lumrah, tetapi bagaimana kalau terus menghantui pikiran kita?

Selain merasa tidak nyaman, waktumu pun akan terbuang sia-sia hanya untuk memikirkan hal yang tidak berguna. Karena itu, stop pikiran negatif mulai dari sekarang. Berikut enam cara untuk membantu kita menjadi orang yang lebih positif;

1. Katakan hal ini pada dirimu tiap pagi kata-kata yang positif

6 Cara untuk Membuang Pikiran Negatif, Biar Hidupmu Makin Bahagia!Pexels/Roberto Nickson

Afirmasi sangat mempengaruhi isi pikiran kita. Bila kamu sering memikirkan statement buruk, otakmu cenderung berpikir hal-hal negatif. Tapi mulailah dengan mengatakan kalimat positif tiap pagi, agar harimu dapat penuh dengan energi positif.

Kalimat seperti, “Aku orang yang berharga, aku layak mendapat kebahagiaan” atau “Hari ini adalah hari yang baru, pula kesempatan baru” perlu kamu ulang setiap pagi.

Memang bukan hal mudah, apalagi bila kamu sudah terbiasa memikirkan kekhawatiran bahkan sebelum hal itu terjadi. Namun jangan ragu untuk mencoba. Ini adalah langkah awal untuk mengubah energi dalam dirimu menjadi lebih baik.

2. Hindari topik pembicaraan yang dapat memicu kembali kekhawatiranmu

6 Cara untuk Membuang Pikiran Negatif, Biar Hidupmu Makin Bahagia!Pexels/Nathan Cowley

Ada baiknya kita menghindari topik pembicaraan yang dapat mengingatkan kita dengan segala pikiran buruk itu. Barangkali, ada kaitannya dengan masa lalu pahit kita. Tidak apa-apa untuk ‘kabur’ sementara dari situasi tersebut, agar kamu tidak kembali teringat dengan segala kenangan buruk dan semakin membuatmu terpuruk lagi.

3. Sebisa mungkin hindari orang-orang toxic

6 Cara untuk Membuang Pikiran Negatif, Biar Hidupmu Makin Bahagia!pexels.com/min an

Orang-orang yang selalu berhasil membangkitkan memori buruk kita hanya dengan ucapan adalah orang yang patut kita hindari. Apalagi ucapan mereka yang sembarangan dan sering membuat kita merasa tidak berharga, bukanlah orang yang pantas dipertahankan.

Berkumpullah dengan orang-orang positif yang selalu dapat menyebar energi baik dalam dirimu. Itu akan membantu menetralisir pikiranmu dari segala macam pikiran buruk.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Akibat Suka Berkata Kasar, Apa Itu Kamu?  

4. Luangkan waktu me time dan lakukan hal yang kamu suka

6 Cara untuk Membuang Pikiran Negatif, Biar Hidupmu Makin Bahagia!pexels.com/Renato Abati

Nonton Netflix sampai malam? Menulis sampai bergadang? Atau, shopping dengan teman? Lakukanlah hal-hal yang membuatmu merasa senang. Ini bertujuan untuk menenangkan pikiranmu sejenak, sehingga nantinya akan memudahkan kamu untuk mengontrol pikiranmu.

5. Temukan orang-orang terdekat yang dapat kamu percayai

6 Cara untuk Membuang Pikiran Negatif, Biar Hidupmu Makin Bahagia!pexels.com/Andre Furdato

Sebagai manusia, kita tidak dapat terus berjalan sendirian. Ada kalanya kita lemah dan butuh seseorang sebagai tempat sandaran. Entah itu sahabat, orangtua, ataupun saudara, menceritakan masalahmu pada mereka akan memberi kelegaan juga membantu meminimalisir kekhawatiran dalam diri kita.

6. Biasakan menulis jurnal atau buku harian

6 Cara untuk Membuang Pikiran Negatif, Biar Hidupmu Makin Bahagia!Pexels/Tirachard Kumtanom

Menuangkan segala perasaan dalam secarik kertas akan membuatmu merasa lega. Selain itu, memiliki jurnal pribadi akan memotivasi dirimu saat melihat seberapa kuat dirimu dapat bertahan dulu. Namun bukan hanya mengisi buku harian dengan curhatan, tulislah juga beberapa quotes positif yang terus dibaca ulang tiap hari. Dengan demikian akan semakin banyak energi positif yang diserap tubuh dan otakmu.

Awalnya, mungkin akan terasa susah untuk melakukan enam kebiasaan di atas. Namun jangan putus asa dan tetap lakukan, sebab dengan itulah kamu dapat memasukkan energi positif dalam dirimu. Tetap semangat, guys!

Baca Juga: 5 Manfaat Positif Bertukar Pikiran, Yuk Jangan Pendam Idemu Sendiri!

Caroline Graciela Photo Verified Writer Caroline Graciela

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya