Comscore Tracker

Tidak Terpaut Usia, Inilah 7 Ciri Seseorang yang Dewasa Secara Mental 

Apa kamu sudah dewasa secara mental?

Kedewasaan mental adalah sebuah aset berharga yang dapat kita gunakan untuk mengarungi kehidupan. Ketika seseorang sudah dewasa secara penuh, ia tidak akan bertindak gegabah dan mudah untuk mengendalikan emosi.

Tak semua orang mengalami kedewasaan secara mudah, sebab ini terlahir dari sebuah proses yang menyakitkan. Inilah 7 ciri ketika seseorang telah dewasa secara mental;

1. Kamu dapat mengenal perasaanmu dengan baik 

Tidak Terpaut Usia, Inilah 7 Ciri Seseorang yang Dewasa Secara Mental Pexels.com/Andrea Piacquaido

Kemampuan dalam membedakan perasaan salah satu ciri seseorang yang dewasa. Bukannya galau tidak jelas, biasanya orang yang sudah dapat mengatur perasaannya dapat mengendalikan emosi dengan baik. Ia tidak akan mudah marah tidak jelas, ia tidak akan melampiaskan kekesalannya pada orang lain yang jelas tidak ada sangkut paut dengan masalahnya. Orang yang dewasa secara mental juga dapat membedakan urusan pribadinya dengan urusan pekerjaan. 

 2. Tahu batasan yang sesuai untuk orang lain 

Tidak Terpaut Usia, Inilah 7 Ciri Seseorang yang Dewasa Secara Mental Pexels.com/cottonbro

Orang yang sudah dewasa jelas tahu bagaimana mengurus dirinya sendiri, sehingga tidak melulu bergantung pada orang lain. Kamu juga tidak akan terlalu ikut campur urusan orang lain, sebab sadar bahwa tiap pribadi memiliki batasannya masing-masing.

3. Tidak gengsi dan takut untuk mengakui kesalahan 

Tidak Terpaut Usia, Inilah 7 Ciri Seseorang yang Dewasa Secara Mental pexels.com/Andrea Piacquaido

Saat kamu salah, kamu akan mengakui kesalahan dan meminta maaf, bahkan sebelum dipaksa. Ini membuktikan bahwa kamu sudah dewasa secara mental. Semua orang melakukan kesalahan, dan bukan hal memalukan untuk minta maaf duluan. Terkadang demi menjaga gengsi, banyak orang yang tidak suka disalahkan. Mereka bahkan balik menuding orang walau jelas-jelas itu adalah kesalahan mereka.

Baca Juga: 5 Perbedaan Kehidupan Indonesia dan Amerika dari Remaja Hingga Dewasa

4. Kamu berpikir sebelum bertindak 

Tidak Terpaut Usia, Inilah 7 Ciri Seseorang yang Dewasa Secara Mental pexels.com/Andrea Piacquaido

Apakah perkataanku ini akan menyakiti hatinya?

Pernah berpikir demikian? Atau justru kamu langsung berucap tanpa memikirkan dampaknya bagi orang? Salah satu ciri orang dewasa adalah ia tidak melakukan sesuatu yang menyakitkan hanya demi kepuasan dirinya. Inilah salah satu faktor sederhana yang dapat membedakan orang dewasa dan kekanakan. Bila ia masih suka membuat candaan dengan menjelek-jelekkan orang, itu berarti ia belum memiliki kedewasaan secara mental.

5. Adanya empati pada orang lain 

Tidak Terpaut Usia, Inilah 7 Ciri Seseorang yang Dewasa Secara Mental usnplash.com/Annie Spratt

Empati juga menunjukkan bahwa kamu telah dewasa. Empati berbeda dengan simpati. Bila simpati, kamu hanya merasa tertarik atau kasihan, tetapi tidak melakukan apa-apa. Sementara empati, kamu menunjukkan adanya tindakan nyata. Saat melihat orang kesusahan, kamu tidak segan-segan membantu mereka.

6. Tidak gampang mengeluh, sebaliknya mau melihat sesuatu dari sisi positif 

Tidak Terpaut Usia, Inilah 7 Ciri Seseorang yang Dewasa Secara Mental pexels.com/Andrea Piacquaido

Untuk orang yang dewasa secara mental, kamu akan mengubah cara pandangmu terhadap suatu masalah. Bila dulu sering menyalahkan orang atau diri sendiri, kini kamu mencoba untuk mengambil pelajaran berharga atau sisi positifnya.

7. Selalu terbuka dengan pendapat yang berbeda 

Tidak Terpaut Usia, Inilah 7 Ciri Seseorang yang Dewasa Secara Mental unsplash.com/Mimi Thian

Tidak sedikit orang yang tidak suka apabila pendapatnya ditentang. Mereka selalu beranggapan bahwa gagasan dan ide mereka yang paling baik, tanpa mau mendengarkan anggapan orang lain. Namun untuk orang yang sudah dewasa secara mental, mereka tentu tahu cara menyikapi perbedaan pendapat. Bukan dengan marah-marah atau menolak perbedaan tersebut, melainkan terbuka untuk berdiskusi bersama.

Itu menggambarkan sifat mereka yang tidak egois dan mau menerima opini orang lain.

Nah, itulah ketujuh ciri yang menunjukkan seseorang dengan kedewasaan mental. Bagaimana, guys? Ada cirimu?

Baca Juga: Penuh Kontrol Diri, 5 Zodiak Ini Terkenal Paling Dewasa Emosionalnya

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya