Comscore Tracker

Berakibat Fatal, Inilah 6 Hal yang Dapat Merusak Kesan Pertama 

Pastikan kamu gak melakukan ini ya! 

Saat pertama kali bertemu orang baru, tentu setiap dari kita ingin memberi kesan pertama terbaik untuk mereka. Entah di depan klien, pewawancara kerja, ataupun di depan gebetan.

Pada dasarnya, kesan pertama sangat penting untuk menanamkan penilaian kita dalam benak orang. Sayangnya, terkadang kita lupa memperhatikan detiail-detail kecil yang dapat merusak kesan pertama kita di depan orang lain. Oleh karena itu, yuk kenali kesalahan umum yang dapat merusak kesan pertamamu!

1. Datang terlambat dari jam yang dijanjikan 

Berakibat Fatal, Inilah 6 Hal yang Dapat Merusak Kesan Pertama Pexels.com/ Andrea Piacquadio

Tahukah kamu, bahwa datang terlambat secara gak langsung memberi tahu orang itu bahwa, waktuku jauh lebih berharga dibanding kamu. Bukan hanya gak sopan, datang terlambat pada pertemuan pertama juga merusak citra diri kita di hadapan orang itu.

2. Kamu terlalu gugup dan gak dapat menyaring omongannya

Berakibat Fatal, Inilah 6 Hal yang Dapat Merusak Kesan Pertama pexels.com/min an

Tak dapat dipungkiri, bertemu dengan orang baru pasti membuat kita gugup. Namun keahlian untuk mengontrol diri dan memilah kalimat akan sangat berpengaruh pada kesan pertamamu, lho! Ada baiknya sebelum pertemuan berlangsung, kamu sudah menyiapkan diri dan merangkai kata agar gak tergagap saat bertemu orang baru.

3. Sering memotong pembicaraan orang 

Berakibat Fatal, Inilah 6 Hal yang Dapat Merusak Kesan Pertama unsplash.com/Mimi Thian

Gak ada orang yang suka ucapannya disela begitu saja. Walau kamu berniat memberi kesan tanggap, lawan bicaramu pasti menganggap kamu kurang sopan dan gak menghargainya. Ada baiknya kamu menunggu dia selesai berbicara, baru mengutarakan pendapatmu sendiri.

Baca Juga: Ciptakan Kesan Antisosial, 5 Zodiak Ini Sangat Sulit Punya Teman Baru

4. Menghindari kontak mata 

Berakibat Fatal, Inilah 6 Hal yang Dapat Merusak Kesan Pertama Unsplash

Kontak mata sangat penting untuk membentuk kesan pertama yang baik. Dari tatapan mata, kita bisa melihat apakah seseorang tertarik dengan suatu topik pembicaraan, apa dia orang yang jujur, percaya diri, atau justru sebaliknya. Dengan kontak mata, kamu dapat mengikat perhatian seseorang, memperkuat suatu hubungan sehingga gak lagi ada kecanggungan.

5. Kamu selalu membicarakan dirimu, tanpa memberi waktu lawan bicaramu membuka suara

Berakibat Fatal, Inilah 6 Hal yang Dapat Merusak Kesan Pertama Unsplash

Mungkin saat bertemu orang baru, kamu sering membicarakan dirimu tanpa sadar. Ingatlah bahwa percakapan itu harus dilakukan dua arah. Akan sangat gak adil bagi lawan bicaramu untuk terus mendengar kamu berceloteh, sementara dia gak memiliki kesempatan untuk berpendapat. Tidak apa-apa untuk membicarakan pengalaman hidupmu beberapa kali, tapi beri dia waktu juga untuk membicarakan dirinya.

6. Kamu memusatkan perhatian lebih pada ponselmu selama obrolan berlangsung

Berakibat Fatal, Inilah 6 Hal yang Dapat Merusak Kesan Pertama Pexels

Dengan memusatkan perhatian pada ponselmu, kamu secara gak langsung menunjukkan lawan bicaramu bahwa topik percakapannya gak menarik. Sehingga kamu mudah teralihkan oleh notifikasi ponsel.

Ini jelas dapat merusak kesan pertamamu di hadapannya. Bukan hanya gak sopan, terlalu sering bermain ponsel saat mengobrol juga akan membuat lawan bicaramu kesal dan enggan berbicara lagi denganmu.

Itulah keenam sikap yang harus dihindari bila ingin membentuk kesan pertama yang baik. Ingat guys, kesan pertama adalah sesuatu yang penting, baik dalam bisnis, pertemanan, atau bahkan untuk PDKT dengan doi. Jadi, jangan diulangi lagi ya!

Baca Juga: 6 Zodiak Ini Sering Memberi Kesan Buruk Saat Pertama Bertemu Gebetan

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya