Comscore Tracker

Hindari Lakukan 5 Hal Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari 

Jangan buang waktumu untuk hal gak perlu #IDNTimesLife

Manusia memang tak lepas dari kesalahan. Itulah salah satu cara untuk kita bisa bertumbuh dan belajar. Hidup memang wadah untuk terus berprogres. Tidak semua pengalaman masa lalu manis untuk dikecap, tetapi itu selalu memberi pelajaran berharga. Namun ada baiknya pula kita menghindari melakukan kesalahan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Inilah 5 hal yang sebaiknya kamu hindari:

1. Berusaha menyenangkan semua orang 

Hindari Lakukan 5 Hal Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari Berusaha enyenangkan semua orang demi mendapat pengakuan membuang-buang waktumu (Pexels.com/RODNAE Production)

Saat masih muda, tentu kita berharap dapat menggaet semua orang menjadi teman kita. Sehingga tanpa disadari, kita cenderung melakukan segala hal untuk menyenangkan hati orang. Terlebih, saat kita mulai mengubah jati diri kita demi diterima dalam sebuah kelompok.

Kebiasaan people-pleasing tidak memberimu keuntungan apa-apa, malah dapat berdampak buruk pada kesehatan mental. Kecenderungan untuk mengabaikan kebutuhan diri sendiri demi menyenangkan hati orang perlahan dapat membuahkan hubungan toksik. Ingatlah bahwa di luar sana, tidak semua relasi akan berjalan mulus. Beberapa orang mungkin akan memandangmu sebelah mata, tapi itu bukan tugasmu untuk mengubah cara pandang mereka.

2. Terlalu banyak membuang waktu melakukan hal gak perlu 

Hindari Lakukan 5 Hal Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari Berapa lama kamu meluangkan waktu untuk bermain game dalam satu hari? (Pexels.com/RODNAE Production)

Berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk scroll media sosial dan bermain game online? Coba bayangkan, dengan waktu yang terbuang percuma itu, berapa banyak pekerjaan atau berapa banyak hal baru yang dapat dipelajari?

Terkadang kita memusatkan terlalu banyak perhatian pada hal-hal yang sifatnya hanya memberi rasa senang sementara. Ada baiknya mulai memikirkan rencana masa depan: perluas wawasan, tambah pengetahuan, kembangkan minat dan bakat. Agar kelak, kamu tidak kesusahan dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

3. Terlalu cepat menyerah 

Hindari Lakukan 5 Hal Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari Ketika rasa lelah menghantam, menyerah bukanlah solusi yang tepat (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat masih remaja, kita punya banyak mimpi dan cita-cita. Namun di tengah perjalanan, banyak orang memilih untuk menyerah dari mimpinya. Ada banyak faktor yang membuat kita putus asa. Tetapi ingatlah bahwa tidak pernah ada proses yang mudah. Setiap orang memiliki pilihan dalam menjalankan hidupnya masing-masing.

Ketika kamu merasa putus asa, ingatlah bahwa setiap orang hebat memulai kesuksesannya dengan kegagalan. Hanya satu, mereka tidak pernah menyerah.

Baca Juga: 5 Makna Dibalik Ajaran Makan untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Makan

4. Menghabiskan banyak uang demi dipandang orang 

Hindari Lakukan 5 Hal Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari Gunakan uangmu seperlunya (Pexels.com/energepic.com)

Rasa gengsi memang dapat menjadi musuh terbesar. Bila sudah terbentuk mindset untuk menonjolkan diri dengan harta, kamu pasti tidak akan pernah merasa puas. Hal ini tentunya dapat berdampak bukuk untuk masa depanmu pribadi.

Tidak usah menghamburkan uang hanya demi diakui orang. Teman sejati tidak akan memandangmu berdasarkan status sosial. Alih-alih dihabiskan untuk hal-hal gak perlu, lebih baik disimpan sebagai tabungan masa depan. Itu akan jauh lebih berguna dibanding memuaskan ego dan rasa gengsimu semata.

5. Tidak mengikuti perkembangan ilmu 

Hindari Lakukan 5 Hal Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari Tetap edukasi dirimu selagi ada waktu (Pexels.com/Andres Ayrton)

Walau tampaknya sederhana, tapi sebagai manusia, penting bagi kita untuk melihat perkembangan ilmu pengetahuan. Investasikan waktu yang kita punya untuk terus belajar dan mengembangkan skill baru. Jangan hanya tidur dan bermalas-malasan. Kamu bisa mencari hobi baru, membaca buku, atau mencoba hal yang tak pernah dilakukan sebelumnya.

Menghabiskan waktu untuk mengedukasi diri sendiri setiap harinya dapat menambah pengetahuan yang kelak akan berguna di masa depan. Jadi jangan sia-siakan waktumu, ya!

Itulah kelima hal yang harus kamu hindari agar tidak menyesal di kemudian hari. Kita memang tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tapi kita dapat mempersiapkan diri dari sekarang. Semangat!

Baca Juga: Menyesal karena Resign dari Kantor Lama? Atasi dengan 5 Hal Ini

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya