Comscore Tracker

Hindari Gosip, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Kesal dengan Seseorang!

Masih jaman ngegosip?

Kalau kita sedang merasa kesal dengan seseorang, rasa-rasanya mulut ini selalu ingin membeberkan fakta buruk mengenai orang tersebut. Namun daripada membuang-buang waktu untuk hal tidak berguna, lebih baik kita menyalurkan rasa kesal itu pada sesuatu yang bermanfaat. Berikut 5 hal yang dapat membuat rasa kesalmu menjadi berguna.

1. Tuliskan saja rasa kesalmu

Hindari Gosip, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Kesal dengan Seseorang!Pexels/Tirachard Kumtanom

Menulis memang dapat menjadi sarana untuk kita menyalurkan emosi—baik itu sedih, senang, kesal, ataupun marah. Menulis di sini bukan berarti menulis status untuk saling sindir dan akhirnya berujung konflik.

Menulislah sesuatu yang bisa menghasilkan karya yang berguna, seperti quotes, puisi, atau bahkan cerita pendek yang tokoh-tokohnya merepresentasikan rasa kesalmu.

2. Konsultasi pada orang yang lebih dewasa

Hindari Gosip, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Kesal dengan Seseorang!Pexels/freestocks.org

Ingat ya, bercerita, bukan menggosip, apalagi sampai memfitnah. Saat kita merasa kesal pada orang lain, penting halnya untuk kita meminta saran dan nasihat agar masalah yang dihadapi dapat selesai dengan jalur damai.

Kalau kita tidak meminta saran dan nasihat pada orang dewasa yang berpengalaman, kita bisa saja dipengaruhi emosi kita dan terjerumus pada arah yang lebih buruk.

Baca Juga: Jangan Pusing Dulu, Ini 5 Cara Menghadapi Orang yang Membencimu

3. Take a me time

Hindari Gosip, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Kesal dengan Seseorang!Pexels/rawpixel.com

Daripada pusing memikirkan orang-orang yang membuat darah tinggimu naik, lebih baik kamu meluangkan waktu untuk me time. Lakukanlah hal-hal yang menjadi favoritmu, entah itu memasak, makan, spa, atau shopping di mall.

Selain bagus untuk menghilangkan rasa stres, me time dapat membuatmu lebih rileks sehingga dapat berpikir jernih dalam menghadapi permasalahan itu. Dengan ini, kamu akan terhindar dari pengambilan keputusan ekstrem sebab terlalu emosi.

4. Refreshing dan olahraga

Hindari Gosip, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Kesal dengan Seseorang!Pexels/Pixabay

Olahraga serta liburan dapat membantu kamu meredakan setress dan rasa lelah. Cobalah untuk tidak terus memikirkan orang yang membuat kamu kesal. Lampiaskan saja pada waktu olahraga. Selain menghindari gosip, olahraga membuat kamu merasa lebih sehat dan bugar. 

5. Mendoakan orang itu

Hindari Gosip, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Kesal dengan Seseorang!pexels/pixabay

Mungkin kedengaran rohani, tetapi berdoa untuk orang yang membuat kamu kesal itu penting. Selain membuat hati lebih tenang, doa juga dapat menuntun orang itu dari jalan yang salah menuju jalan yang benar. Semoga saja orang itu cepat sadar dan berubah. 

Nah, bagaimana? Ternyata selain gosip, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan bila kamu kesal dengan seseorang. Kalau ada kegiatan yang bermanfaat, mengapa tidak?

Baca Juga: 6 Kerugian yang Akan Kamu Dapat Jika Gemar Bergosip

Caroline Graciela Photo Community Writer Caroline Graciela

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You