Comscore Tracker

Jangan Paksa Tubuhmu! Lakukan 6 Hal Ini Saat Kamu Lelah Mental 

Yuk, ambil waktu untuk berdamai dengan diri sendiri

Setiap dari kita pasti pernah jatuh dalam titik lelah dimana seluruh motivasi menguap sementara kesibukan dan deadline menumpuk. Tak peduli kamu masih berstatus pelajar atau orang dewasa yang sudah bekerja, ada kalanya kamu merasa tertekan dengan seluruh tuntutan tugas atau pekerjaan. Tidak apa, itu merupakan hal yang lumrah.

Namun ketika dirimu lelah, coba lakukan kelima hal ini untuk memperbaiki mood-mu;

1. Mengambil waktu untuk berjalan-jalan di luar sejenak 

Jangan Paksa Tubuhmu! Lakukan 6 Hal Ini Saat Kamu Lelah Mental pexels.com/Ba Phi

Mungkin kedengaran sepele, tetapi berjalan di luar dan menghirup udara segar dapat membuat suasana hatimu lebih baik. Berjalan kaki juga dapat meningkatkan hormon endorfin sehingga kita lebih bahagia dan berenergi. Bukan hanya itu, berbaur dengan alam dengan berjalan kaki juga membantu merelaksasi pikiranmu, jadi tingkat kekhawatiranmu pun bisa menurun.

2. Ambil waktu istirahat dari sosial media 

Jangan Paksa Tubuhmu! Lakukan 6 Hal Ini Saat Kamu Lelah Mental Pexels/Prasanth Inturi

Sosial media menjadi salah satu faktor terjadinya depresi dan gangguan kecemasan. Pasalnya, orang-orang yang bermain sosial media cenderung membandingkan hidup mereka dengan hidup orang lain. Tentu semua orang ingin terlihat ‘baik’ atau bahkan ‘sempurna’ melalui foto-foto yang mereka bagikan, sehingga apa yang mereka bagikan cenderung berkaitan dengan keberhasilan, kebahagiaan, juga pencapaian yang tinggi.

Tak dapat dipungkiri, kita pun tak dapat menahan rasa iri pada orang tersebut. Namun saat kamu merasa lelah, cobalah untuk take a break dari sosial media. Pakailah waktu yang biasa kamu gunakan untuk stalking orang dengan merefleksikan dirimu lebih baik.

3. Tidur itu perlu, jangan terlalu memaksa diri 

Jangan Paksa Tubuhmu! Lakukan 6 Hal Ini Saat Kamu Lelah Mental Pexels/Ivan Obolensky

Terkadang, beberapa orang meremehkan fungsi istirahat apalagi tidur untuk kesehatan mental. Bahkan mereka memaksa untuk terus menyelesaikan pekerjaan semalaman tanpa disertai tidur. Namun tahukah kamu, bahwa jam tidur yang cukup tentu mempengaruhi produktivitasmu. Tidur yang cukup dapat meningkatkan kekreativitas, meningkatkan fungsi memori, juga mengurangi gangguan kecemasan.

Baca Juga: 5 Alasan Logis 'Lelah Bekerja' Lebih Baik daripada 'Lelah Cari Kerja'

4. Luangkan waktu untuk me time 

Jangan Paksa Tubuhmu! Lakukan 6 Hal Ini Saat Kamu Lelah Mental pexels.com/Ana Madeleine Uribe

Di tengah-tengah kesibukanmu, ambil waktu beberapa menit untuk menenangkan dirimu. Kesempatan me time bisa digunakan untuk meningkatkan energi positif dengan membaca buku motivasi, makan makanan favorit, atau buat dirimu relaks dengan menyalakan lilin di tengah ruangan.

5. Jangan takut untuk menceritakan masalah pada orang-orang terdekatmu 

Jangan Paksa Tubuhmu! Lakukan 6 Hal Ini Saat Kamu Lelah Mental pexels.com/Trinity Kubassek

Merasa lelah, down, tidak termotivasi—hal-hal tersebut apabila terus dibiarkan menumpuk bisa menarik semakin banyak energi negatif yang membuatmu merasa semakin lelah lagi. Cobalah untuk menceritakan masalahmu pada orang-orang terdekat; pada keluarga, teman, atau sahabatmu. Jangan merasa malu atau takut, terkadang kita hanya memerlukan seseorang untuk mendengarkan keluh kesah kita, dan mood kita akan menjadi lebih baik.

6. Belajarlah untuk berdamai dengan diri sendiri

Jangan Paksa Tubuhmu! Lakukan 6 Hal Ini Saat Kamu Lelah Mental pexels.com/Andrea Piacquaido

Mengembangkan self love di era sekarang merupakan hal sulit, sebab kita terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain. Kamu jadi menerapkan standar-standar tertentu untuk dapat bahagia, tanpa sadar kamu berpikir bahwa harus mencapai sesuatu dulu untuk dapat diterima orang.

Mulai sekarang, sudahi pikiran semacam itu. Setiap orang memiliki keunikan masing-masing. Kamu berharga dengan apa adanya dirimu. Mungkin sekarang, kamu belum sesukses mereka. Tetapi teruslah improve diri lebih baik, terus kembangkan bakat dan potensimu. Percayalah, Tuhan akan memberi hasil yang terbaik.

Itulah keenam hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan suasana hati ketika kamu lelah. Ingat fellows, dirimu berharga. Jangan terus memaksa diri terlalu kuat, ambil waktu istirahat bila kamu sudah merasa penat.

Baca Juga: Tak Baik Bagi Mental, Ini 5 Tanda Kamu Lelah Hati Bukan Fisik!

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya