Comscore Tracker

5 Langkah untuk Kembali Produktif ketika Suasana Hati Tidak Baik

Mulailah dengan pekerjaan yang sederhana

Tentu ada hari-hari di mana kamu merasa sulit untuk bangun dan beraktivitas. Pekerjaan dan tugas terasa membosankan, kegiatan sehari-harimu terasa monoton dan datar. Ditambah dengan suasana rumah atau tempat kerja yang berantakan yang akan semakin memperburuk suasana hatimu.

Namun masalahnya, kamu tahu ada banyak deadline yang tidak bisa ditunda. Ada banyak tugas yang harus selesai dalam waktu yang telah ditentukan. Karena itu, mulai lakukan 5 langkah ini untuk kembali melakukan pekerjaanmu agar produktif!

1. Mendata semua pekerjaan dan tugas yang harus diselesaikan 

5 Langkah untuk Kembali Produktif ketika Suasana Hati Tidak Baikilustrasi wanita (pexels.com/Karolina Grabowska)

Pernah nggak, merasa begitu sibuk dengan tugas bertumpuk, sampai kamu bingung hendak memulai dari mana? Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum benar-benar bekerja ialah, menulis to-do list. Hal ini berguna agar kamu bisa membagi waktu dan prioritasmu.

Kalau bisa, tulis juga target pekerjaan itu selesai. Ketika rasa malas mulai datang, lihat lagi catatanmu dan ingatkan diri sendiri bahwa, masih ada banyak pekerjaan yang harus dikumpul.

2. Mulailah dengan tugas yang mudah 

5 Langkah untuk Kembali Produktif ketika Suasana Hati Tidak Baikilustrasi wanita (pexels.com/cottonbro)

Jangan langsung membebani diri sendiri dengan pekerjaan yang banyak dan sulit. Cukup satu atau dua tugas sederhana, tapi kerjakanlah dengan santai dan serius.

Lihatlah, perlahan suasana hatimu yang tadinya “malas dan ogah-ogahan” mulai menikmati pekerjaan itu. Bukan hanya menjaga mood, pekerjaanmu pun tidak terasa akan cepat selesai.

Baca Juga: 5 Tips Produktif Tanpa Harus buat Dirimu Tertekan, Kerja Cerdas!

3. Singkirkan hal-hal yang mengganggu fokusmu 

5 Langkah untuk Kembali Produktif ketika Suasana Hati Tidak Baikilustrasi seorang wanita (pexels.com/Thirdman)

Pemberitahuan diskon di online shop, notifikasi ponsel, atau apapun yang mengganggu konsentrasimu—singkirkan semua itu. Kalau bisa, non-aktifkan ponselmu saat sedang bekerja. Tidak perlu lama-lama, bisa 30 atau 40 menit, tapi dedikasikan seluruh fokus dan waktumu untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

Dengan ini, kamu tidak gampang terdistraksi dari pekerjaanmu. Toh nanti setelah pekerjaanmu selesai, kamu bisa melakukan banyak hal lain dengan ponselmu. Jadi untuk sekarang, fokuslah hanya pada tugas itu!

4. Jangan malu untuk mengapresiasi hasil pekerjaanmu 

5 Langkah untuk Kembali Produktif ketika Suasana Hati Tidak Baikilustrasi wanita (pexels.com/cottonbro)

Janji kecil seperti, “Aku akan membeli boba setelah pekerjaanku selesai” bisa menambah motivasimu untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Atau, “aku akan menonton 2 episode KDrama setelah tugasku selesai”—apapun yang kamu sukai sebagai reward atas kerja kerasmu.

Alhasil, kamu tidak merasa jenuh saat bekerja. Kamu jadi merasa lebih bergairah karena memiliki tujuan untuk diraih.

5. Stop merasa bersalah! 

5 Langkah untuk Kembali Produktif ketika Suasana Hati Tidak Baikilustrasi perempuan sedang merenung (pexels.com/Aleks Michajlowicz)

Seringkali hambatan kita untuk produktif ialah, kecenderungan untuk merasa bersalah paska tidak produktif kemarin. Yang berlalu biarlah berlalu. Mungkin kemarin, kamu terlalu lelah untuk bekerja.

Yang penting adalah, bagaimana kamu mengatur waktumu sekarang. Kalau memang kamu merasa bersalah karena waktu yang terbuang kemarin, maka tebus rasa bersalah itu dengan menyelesaikan pekerjaanmu sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu, jadi jangan down dulu, ya!

 

Memang rasa jenuh saat bekerja tidak bisa dihindarkan. Meski demikian, kita tahu masih ada tanggung jawab yang harus dikerjakan. Karena itu, mulai lakukan kelima cara di atas untuk kembali pada produktivitasmu, yuk. Semangat!

Baca Juga: 5 Tips yang Bisa Membuatmu Semakin Produktif Menjalani Aktivitas

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya