Comscore Tracker

5 Nasihat Ini Penting Diingat untuk Kamu yang Ambisius

Ingatlah untuk menetapkan tujuan yang sehat #IDNTimesLife

Ambisi yang tinggi dapat menguntungkan sekaligus merugikan seseorang. Menguntungkan sebab memberinya dorongan untuk terus maju dan berkembang. Merugikan ketika ambisi itu mulai merenggut kebahagiaan mereka.

Banyak orang ambisius bekerja keras meraih tujuan mereka. Setelah itu tercapai, mereka akan kembali menetapkan tujuan yang lebih tinggi dan bekerja lebih keras hingga lupa waktu bahkan teman. Untuk itu, inilah lima nasihat untuk orang-orang ambisius.

1. Jangan memforsir dirimu terlalu jauh, kesehatan itu perlu 

5 Nasihat Ini Penting Diingat untuk Kamu yang AmbisiusIstirahatkan tubuhmu bila sudah terlalu lelah. (Pexels.com/Monstera)

Orang yang ambisius pasti memiliki tujuan yang besar. Untuk meraih itu, kamu bekerja keras, bahkan kadang terlalu keras hingga mengesampingkan kesehatan. Padahal itu bukan cara yang bagus, Guys. Memforsir diri terlalu jauh dapat memberi dampak buruk untuk kesehatan, yang kelak akan merugikan dirimu di masa depan.

Cobalah untuk membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Tetapkan batas jam kerja sehingga kamu bisa mengambil waktu tenang atau me time serta waktu tidur yang cukup.

2. Tidak apa-apa untuk jatuh dan gagal

5 Nasihat Ini Penting Diingat untuk Kamu yang AmbisiusTidak perlu berlarut-larut dalam kegagalanmu, masih ada banyak kesempatan menunggu. (Pexels.com/Kamaji Ogino)

Ketika seseorang memiliki tujuan yang besar dan telah bekerja keras untuk mencapainya, pasti ia juga memiliki harapan besar akan hasilnya. Sehingga seringkali kegagalan menjadi sesuatu yang tak dapat ditolerir. Itulah mengapa orang-orang ambisius rentan terkena depresi.

Ingat, tidak semua hal yang kita inginkan akan menjadi nyata. Kegagalan adalah hal yang lumrah. Justru dalam kegagalan itu kita belajar untuk memperbaiki kualitas diri menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Ambisius Menjadi Sempurna Justru Gak Baik untuk Mental

3. Hargai dan syukuri pencapaianmu saat ini 

5 Nasihat Ini Penting Diingat untuk Kamu yang AmbisiusMerayakan pencapaian merupakan salah satu bentuk apresiasi diri. (Pexels.com: Godisable Jacob)

Banyak orang ambisius selalu mengejar lebih dari apa yang mereka dapatkan. Ketika satu penghargaan berhasil diraih, mereka akan mencari kompetisi lain yang lebih besar, lebih sulit, lebih menantang untuk kembali ditaklukkan.

Kerja keras dan punya daya saing tinggi memanglah bagus, tetapi ada baiknya kamu juga mengambil waktu sejenak untuk merayakan pencapaianmu. Ini membiasakanmu untuk menghargai dan mensyukuri prestasimu. Tidak usah terus membandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang telah memiliki porsinya masing-masing.

4. Kejujuran adalah karakter paling berharga    

5 Nasihat Ini Penting Diingat untuk Kamu yang AmbisiusBukan hanya pencapaian yang besar, integritas diri pun harus dijaga. (Pexels.com/Christina Morillo)

Coba pikirkan, untuk apa meraih penghargaan kalau itu bukan hasil kerja kita sendiri? Untuk apa mendapat peringkat tertinggi kalau sebenarnya kita tidak mengerjakan itu sendiri? Nantinya semua penghargaan dan pencapaian itu tak ada gunanya.

Saat kamu masuk dalam dunia kerja, setiap orang berkompetisi berdasarkan kemampuan dan kecerdasannya sendiri. Apabila selama ini hasil kerjamu adalah buah dari ketidakjujuran, lantas bagaimana kamu akan bertahan kelak?

5. Tak ada manusia yang sempurna

5 Nasihat Ini Penting Diingat untuk Kamu yang AmbisiusKecemburuan akan hidup orang tidak akan membuahkan hal manis. (Pexels.com/Polina Zimmerman)

Ada banyak hal yang mendasari seseorang untuk menjadi ambisius. Salah satunya, perbandingan hidup dengan orang lain. Padahal, tak ada manusia yang sempurna. Orang yang kamu pandang pintar, cantik, berprestasi pun memiliki kekurangannya sendiri.

Daripada membuang waktu fokus pada kehidupan orang, ada baiknya kamu menilik hidupmu sendiri. Apa yang Tuhan percayakan padamu: talentamu, teman-temanmu, keluargamu—hargai itu baik-baik. Luangkan waktu di sela-sela kesibukanmu dengan mereka. Bukan hanya terus mengejar hal-hal yang belum kamu punya, mensyukuri dan menikmati hal yang kamu miliki ialah sebuah anugerah.

Itulah kelima nasihat penting untuk kamu yang ambisius. Tidak apa-apa untuk selalu memiliki tujuan besar. Tapi jangan sampai itu menjadi hal yang membebani bahkan membuatmu depresi. Setuju?

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Ingat ketika Merasa Hidupmu Kurang Beruntung 

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya