Comscore Tracker

Tanyakan 5 Hal Ini pada Diri Sendiri sebagai Refleksi Akhir Tahun

Jangan sia-siakan momen ini ya

Menjelang tahun baru; muncul semangat baru, kesempatan baru, dan resolusi baru. Ini waktu yang tepat untuk melihat ke belakang dan refleksi, kira-kira bagaimana tahun 2021 berjalan dalam hidupmu?

Setiap dari kamu pasti menginginkan adanya perubahan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Pergantian tahun adalah salah satu momen yang sesuai untuk introspeksi. Kamu gak mau ‘kan terjebak di posisi yang sama?

Yuk, simak 5 pertanyaan yang bisa membantumu untuk refleksi tahun ini dan membuat resolusi yang lebih baik untuk tahun selanjutnya.

1. Di area apa kamu gagal? 

Tanyakan 5 Hal Ini pada Diri Sendiri sebagai Refleksi Akhir TahunIlustrasi pekerjaan menumpuk (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tahap pertama berubah menjadi lebih baik ialah jujur mengakui kelemahan diri sendiri. Kembali mengingat kegagalan masa lalu memang menyakitkan. Tapi, itu bisa membantumu lebih mengenal dirimu yakni di mana titik lemah atau sikap burukmu yang harus diubah.

Misal, tahun ini kamu gagal dalam ujianmu. Coba ingat-ingat, apa penyebab kamu gagal. Apa itu karena kamu sering menunda-nunda? Atau, karena kamu kurang maksimal dalam belajar? Dengan ini, kamu bisa menyusun resolusi yang lebih baik untuk diterapkan tahun berikutnya.

2. Apa momen paling berkesan sepanjang tahun ini? 

Tanyakan 5 Hal Ini pada Diri Sendiri sebagai Refleksi Akhir Tahunilustrasi wanita (pexels.com/Ivan Samkov)

Momen paling berkesan juga bisa dikaitkan dengan kegiatan atau aktivitas yang paling kamu nikmati sepanjang tahun. Apa kamu paling suka bekerja? Berkumpul bersama teman? Catat segala aktivitasmu agar kamu bisa melakukannya lagi, bahkan mencetak memori yang lebih baik lagi di tahun depan.

Sangat penting untuk menikmati perjalanan hidupmu sepanjang tahun. Saat kamu sadar di tahun ini kamu masih belum bisa sepenuhnya menikmati kehidupan dan relasimu, coba analisis penyebabnya. Jangan sampai di tahun depan kamu mengulangi kesalahan yang sama.

Baca Juga: 5 Tips Lakukan Refleksi Diri sebelum Membuat Resolusi Akhir Tahun

3. Apa penyesalanmu tahun ini? 

Tanyakan 5 Hal Ini pada Diri Sendiri sebagai Refleksi Akhir Tahunilustrasi wanita duduk (pexels.com/Tan Danh)

Adakah kesempatan yang kamu sia-siakan tahun ini? Adakah sesuatu yang kamu harap kamu kerjakan dengan lebih sungguh-sungguh andai waktu bisa diputar? Kita semua pasti pernah melakukan kesalahan. Jangan pandang itu sebagai keburukan, melainkan sebuah pelajaran berharga untuk menjadi lebih baik.

Sadari bahwa tahun baru berarti kesempatan baru untuk kembali belajar dan mencoba. Jangan membuang waktu berendam dalam kesedihan dan penyesalan, tapi jadikan pengalaman pahit masa lalu sebagai bahan bakar untuk meniti masa depan.

4. Apa yang ingin kamu capai tahun depan?

Tanyakan 5 Hal Ini pada Diri Sendiri sebagai Refleksi Akhir Tahunilustrasi wanita (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Apa tujuanmu di tahun lalu dengan tahun sekarang masih sama? Kalau tahun lalu kamu belum memiliki tujuan, mulai pikirkan list of goals yang hendak dicapai tahun depan. Ini membantumu untuk berkonsentrasi dan fokus dalam pekerjaan.

Selain itu, tujuan ini bisa menjadi motivasi agar kamu bekerja lebih baik lagi. Seseorang bisa memiliki gairah dan semangat dalam hidup ketika ia memiliki tujuan dan tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Kamu sendiri punya tujuan itu tidak?

5. Pelajaran apa yang kamu dapatkan di tahun 2021?

Tanyakan 5 Hal Ini pada Diri Sendiri sebagai Refleksi Akhir Tahunilustrasi wanita (pexels.com/Miriam Alonso)

Jangan akhiri tahun ini dengan sia-sia. Sebelum kamu menyambut tahun baru dengan sukacita, ingat-ingat apa lagi pelajaran apa yang kamu dapatkan sepanjang tahun 2021. Ini bisa berbeda-beda bagi setiap orang, tidak perlu membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain.

Untuk menyusun masa depan, kamu harus belajar untuk mempelajari masa lalu. Ambil waktu untuk melihat masa lalu, mengingat, dan mempelajarinya. Tahun baru, semangat baru!

Baca Juga: Kekurangan Utama Masing-masing Zodiak, Bisa Jadi Bahan Refleksi Diri!

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya