Comscore Tracker

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Sedih dan Tertekan 

Membuatmu merasa semakin terpuruk

Kehidupan manusia bersifat dinamis. Kadang kita di atas, kadang pula kita di bawah. Tiap fase merupakan proses bagi kita untuk bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk sigap beradaptasi dalam berbagai situasi yang menimpa. Termasuk salah satunya, kesedihan.

Saat kita merasa sedih dan tertekan, segala hal tampak seolah sulit dan berat. Kita seringkali tergoda untuk ‘meringankan’ beban tersebut dengan beberapa cara menggiurkan—yang sebenarnya malah memperburuk keadaan. Inilah enam hal yang harus dihindari ketika kamu merasa sedih dan tertekan;

1. Menyimpannya sebagai rahasia 

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Sedih dan Tertekan Unsplash.com/Anthony Tran

Saat kita ditimpa suatu masalah, kita sering merasa bahwa kita dapat menyelesaikan masalah itu sendiri—entah sebab kita tidak mau membebani orang dengan masalah kita, atau sebab kita terlalu takut untuk bercerita. Namun pemikiran tersebut tidak benar. Saat kamu merasa sedih, ada baiknya kamu mencari teman cerita dari keluarga atau orang yang kamu percayai.

Selain dapat memikirkan solusi bersama, kamu juga dapat merasa lebih lega setelah menceritakan masalahmu pada seseorang.

2. Mengisolasi diri dari lingkup sosial 

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Sedih dan Tertekan pexels.com/Juan Pablo Serrano

Berada dalam kesedihan berlarut terkadang juga berpengaruh pada pikiran kita. Kita akan merasa bahwa tidak ada orang yang menderita selain diri kita, seluruh orang tampak bahagia dan kita tidak seharusnya ‘mengganggu’ kenyamanan mereka. Lagi-lagi, itu adalah kebohongan. Mengisolasi diri sendiri dari lingkungan sosial tidak akan membuatmu merasa lebih baik. Sebaliknya, terus terbuka pada orang-orang terdekat akan memberimu kekuatan untuk melewati fase sulit hidupmu.

3. Menyalahkan diri sendiri 

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Sedih dan Tertekan Pexels.com/Rafael Barros

Apa kamu sering menyalahkan diri hingga berujung pada overthinking? Saat sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan kita, hal paling mudah untuk dilakukan ialah menyalahkan orang. Namun tentu, ini tidak membuat keadaan menjadi lebih baik. Kamu akan semakin terpuruk dalam pemikiran berlarut-larut.

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Sulitnya Bersikap Optimis dalam Kondisi Tertekan

4. Minum banyak alkohol 

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Sedih dan Tertekan Pexels.com/Rebcenter moscow

Kesedihan dan alkohol bukan sahabat baik. Minuman beralkohol hanya membuat pikiranmu kacau dan sulit untuk mengendalikan diri. Semakin banyak kamu minum untuk melupakan masalahmu, semakin tinggi pula risiko ketergantunganmu dengan alkohol. Tapi apa ini menyelesaikan masalah? Tentu tidak.

Selain itu, mengonsumsi alkohol terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Ini dapat memberi pengaruh signifikan pada sistem pencernaan, kekebalan tubuh kita, juga organ hati.

5. Membuat keputusan besar 

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Sedih dan Tertekan pexels.com/Andrea Piacquadio

Kondisi emosional berpengaruh besar dalam cara berpikir. Ketika kita sedang terlarut dalam kesedihan, otak kita akan cenderung terfokus pada masalah kita. Akibatnya, kita tidak bisa berpikir jernih dan akan kesulitan untuk melakukan planning atau menyusun rencana penting. Ada baiknya kamu mengambil waktu sejenak untuk menenangkan diri dan mengontrol emosi. Jangan sampai kamu mengambil keputusan yang akan kita sesali kelak.

6. Mengabaikan self care

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Sedih dan Tertekan pexels.com/Andrea Piacquadio

Umumnya ketika merasa sedih, kita cenderung kehilangan minat pada berbagai kegiatan yang dulunya kita senangi. Entah itu untuk kesehatan fisik atau mental kita. Misal, sering mengabaikan waktu makan, tak lagi rutin olahraga, dan enggan melakukan me time. Namun tahukah kamu bahwa menghindari self care akan membuatmu merasa semakin terpuruk?

Oleh karena itu, tetap jaga kesehatanmu. Tidur yang cukup, makan makanan sehat, olahraga akan membantumu untuk mengatur stres dan membuatmu merasa lebih baik.

Ingatlah bahwa ini hanya satu fase buruk dalam hidupmu. Setelahnya, kamu akan dapat tersenyum lagi, kamu akan dapat tertawa dan merasa kebahagiaan lagi. Jadi, tetap semangat!

Baca Juga: 5 Zodiak Rentan Stres di Minggu Keempat Oktober 2020, Mood Lagi Labil

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya