Comscore Tracker

6 Sifat yang Menunjukkan Kamu Bermental Lemah, Ayo Hindari!  

Masih sering melakukannya, gak?

Mental yang kuat penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Dengan mental tangguh, kamu bisa cepat beradaptasi di lingkungan baru walau dengan berbagai tantangan.

Orang-orang bermental kuat cenderung kapabel dalam mengontrol emosinya sendiri, sehingga akan disenangi oleh sekitar. Mental yang kuat tentu tak didapat secara instan, perlu proses dan waktu yang cukup panjang.

Inilah 6 sifat yang menandakan kamu memiliki mental lemah.

1. Kamu tidak dapat membuat keputusan untuk dirimu sendiri 

6 Sifat yang Menunjukkan Kamu Bermental Lemah, Ayo Hindari!  Unsplash

Pernahkah kamu mendengar ungkapan yang mengatakan bahwa hidup adalah pilihan? Oleh karena itu, kita harus dapat menyusun rencana baik-baik; tetapkan tujuanmu, fokus pada pekerjaanmu, dan hindari segala sesuatu yang dapat mengganggu itu. Dengan demikian kamu tak akan bingung dalam mengambil keputusan, sebab kamu tahu yang terbaik untuk dirimu kelak.

Berbeda dengan orang bermental lemah, mereka cenderung plin-plan dan mudah terbawa arus. Mereka tidak benar-benar mengerti apa tujuan mereka, seringkali ragu dengan keputusan yang mereka ambil sendiri sehingga berakhir pada penyesalan. Apa kamu juga mengalami hal tersebut?

2. Kamu bersikap clingy dan manja pada orang lain

6 Sifat yang Menunjukkan Kamu Bermental Lemah, Ayo Hindari!  pexels.com/Andrea Piacquadio

Seseorang dengan mental lemah selalu berharap orang lain menemaninya tiap saat. Maka tak heran mereka sering bersikap manja, clingy, dan bersedia melakukan apapun asal orang-orang di sekitarnya terus menyukainya. Ini disebabkan oleh rendahnya rasa percaya diri yang ia miliki, sehingga ia haus pengakuan dan cinta dari orang-orang terdekat.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Kesepian Kronis, Jangan Remehkan Kondisi Mental Ini

3. Kamu ingin semua orang menyukaimu 

6 Sifat yang Menunjukkan Kamu Bermental Lemah, Ayo Hindari!  Pexels.com/Pixabay

Pernahkah kamu melakukan sesuatu hanya untuk diterima oleh satu kelompok tertentu? Misal, kamu bersedia mengerjakan tugas mereka, mengubah gaya penampilan agar layak bersanding dengan kelompok tersebut, bahkan mengubah sikap dan jati dirimu hanya supaya disukai orang-orang tertentu.

Kalau iya, maka itu berarti kamu belum memiliki rasa self love yang cukup. Kamu berharap untuk digemari orang lain, bahkan bila itu berarti kamu tidak menjadi dirimu sendiri.

Hati-hati, guys. Sikap seperti ini tidak akan membawa kebahagiaan tapi malah menuntunmu pada jurang kekhawatiran.

4. Kamu tidak bisa move on dari masa lalu

6 Sifat yang Menunjukkan Kamu Bermental Lemah, Ayo Hindari!  pexels.com/Rafael Barros

Orang bermental lemah cenderung sulit untuk melepas kenangan buruk di masa lalu. Tak peduli seberapa lama kejadian itu terlewat, ia tetap terus berandai ada perubahan yang terjadi. Itu tidak akan membawa keuntungan dalam hidupmu. Ingatlah bahwa tiap orang dapat melakukan kesalahan di masa lalu, dan waktu yang ada ini harusnya dapat kita gunakan untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Kamu mudah menyerah 

6 Sifat yang Menunjukkan Kamu Bermental Lemah, Ayo Hindari!  pexels.com/Andrea Piacquaido

Tidak ada yang mudah bila berkaitan dengan impian. Kamu harus mau memberi diri diasah dan dibentuk dalam suatu proses menyakitkan. Apabila kamu patah semangat hanya karena sebuah kegagalan, itu tandanya mentalmu perlu diasah lebih kuat lagi. Orang-orang bermental tangguh tidak akan berhenti di tengah jalan hanya karena satu atau dua kegagalan.

6. Kamu tak dapat mengontrol emosimu 

6 Sifat yang Menunjukkan Kamu Bermental Lemah, Ayo Hindari!  pexels.com/Polina Zimmerman

Mengekspresikan perasaan adalah hal yang baik. Namun itu akan berubah menjadi bumerang bagi diri kita sendiri apabila kita tak dapat mengontrolnya dengan baik. Kamu bisa berubah menjadi orang yang sensitif, mudah tersinggung, dan tidak peduli pada sekitar.

7. Kamu memaksa diri terlalu banyak bekerja dan mengabaikan self-care

6 Sifat yang Menunjukkan Kamu Bermental Lemah, Ayo Hindari!  pexels.com/Andrea Piacquaido

Menjadi produktif adalah hal yang baik, tetapi terlalu produktif sampai mengabaikan kesehatan dan kepentingan diri sendiri jelas membawa dampak buruk bagi kesehatan mentalmu. Ada baiknya kamu menyisihkan waktu untuk memperhatikan dirimu sendiri, sehingga mentalmu akan lebih baik.

Itulah ketujuh sifat yang menunjukkan bahwa kamu bermental lemah. Proses untuk menghasilkan sebuah pribadi yang tangguh memang tak mudah, tetapi itu akan berguna bagi hidup kita kelak. 

Baca Juga: 7 Alasan Orang yang Mudah Menangis Memiliki Mental yang Kuat dan Sehat

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya