Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diterapkan agar Tidak Mudah Baper ke Lawan Jenis 

Jangan mau hidup dikendalikan perasaan

Merasa terbawa perasaan saat dekat dengan lawan jenis adalah hal yang wajar. Namun, itu bisa menjadi sangat mengganggu ketika hal tersebut sering terjadi dalam hidup. Belum ada status, tapi udah baper duluan. Hal itu malah bikin gak enak hati untuk beraktivitas.

Sedikit-sedikit gak fokus, sedikit-sedikit ingin terus bareng doi. Bisa juga ketika doi dekat sama yang lain, kamu langsung bad mood. Ganggu banget, kan? Kalau kamu salah satu orang yang sering mengalami hal tersebut, yuk coba terapkan lima tips di bawah ini.

1. Berhenti memberi makan perasaan itu 

5 Hal yang Perlu Diterapkan agar Tidak Mudah Baper ke Lawan Jenis ilustrasi merenung (pexels.com/Tan Danh)

Mudah terbawa perasaan atau baper biasanya dimulai dari percikan-percikan rasa yang terus diberi makan. Misal, ketika kamu dan si dia ditugaskan dalam sebuah pekerjaan yang mengharuskan kalian untuk selalu menghabiskan waktu bersama. Alhasil, kamu jadi terbiasa dengan kehadirannya.

Kalau gak ada dia, rasanya seperti ada yang kurang. Kamu kemudian memberi makan rasa “kurang" itu dengan stalking media sosialnya, mesra-mesraan dalam chat walau tak punya status spesial, dan masih banyak lagi. Gimana gak baper, perasaanmu diberi makan terus!

2. Hindari menghabiskan waktu sendirian 

5 Hal yang Perlu Diterapkan agar Tidak Mudah Baper ke Lawan Jenis ilustrasi merenung (pexels.com/Tim Samuel)

Perasaan galau gak jelas dimulai ketika kamu tidak punya aktivitas untuk dilakukan. Akhirnya, mulai teringat tentang doi. Kamu begitu terfokus pada gebetan, hingga lupa ada banyak pekerjaan atau tugas lain yang harus diselesaikan.

Untuk mengatasi hal ini, carilah aktivitas atau kesibukan lain. Supaya pikiranmu pun tidak mengawang-awang dan berakhir memikirkan hal yang tidak berguna. Nantinya, kamu sendiri yang akan rugi bila terus menghibur perasaan tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Bersikap Asertif pada Lawan Jenis, Jaga Batasan

3. Berhenti tinggal dalam ekspetasi 

5 Hal yang Perlu Diterapkan agar Tidak Mudah Baper ke Lawan Jenis ilustrasi cowok dan cewek duduk berdua (pexels.com/Mẫnn Quang)

Sadarilah bahwa hidup tidak seindah drama, dan berpikir lebih realistis akan membantumu menyadarinya lebih cepat. Ekspektasi berlebih terhadap doi bisa membuat kamu jatuh cinta pada bayangan yang tidak realistis tentangnya.

Bukan hanya perasaanmu saja yang berlebihan, kecewamu pun nanti akan terasa sangat menyakitkan ketika kenyataannya tidak sesuai keinginanmu. Belajar untuk melepas keinginan yang tidak masuk akal, latih dirimu untuk berpikir realistis.

4. Berinteraksi sewajarnya 

5 Hal yang Perlu Diterapkan agar Tidak Mudah Baper ke Lawan Jenis ilustrasi teman (pexels.com/William Fortunato)

Sikap mudah terbawa perasaan oleh lawan jenis bisa terjadi karena adanya kontak fisik berlebihan. Kamu mengira dia ada rasa, ternyata tidak. Kamu sendiri saja yang baper dan menganggap sikapnya terlalu personal.

Jangan sampai kamu yang terkesan terlalu berharao sampai secara tidak langsung, merendahkan diri sendiri di depan doi. Tanya dirimu, apa perasaan ini benar-benar nyata atau fase yang sekadar lewat saja.

5. Cari tahu apa tujuanmu sebenarnya 

5 Hal yang Perlu Diterapkan agar Tidak Mudah Baper ke Lawan Jenis ilustrasi teman bercerita (unsplash.com/karthik balakhrishna)

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, tanyakan pada dirimu, apa perasaan dalam dirimu itu benar-benar nyata? Bisa jadi kamu hanya sekadar membutuhkan kehadirannya sebagai teman pengusir sepi. Bila perasaan ini diseriusi, apa kamu benar-benar siap menjalin komitmen dalam relasi?

Kalau jawabannya adalah tidak, berhenti hibur perasaan itu. Jangan mau terjebak baper berkepanjangan tanpa alasan yang jelas. Bagaimana mau cari solusi kalau penyebabnya sendiri masih abu-abu?

Rugi bila waktu masa muda dipakai untuk baper gak jelas. Bukannya gak boleh menyimpan rasa pada lawan jenis, tapi berperasaan pun ada batasnya. Supaya hidupmu tidak sia-sia dikendalikan oleh rasa.

Baca Juga: 5 Trik agar Gak Disepelekan Lawan Jenis, Kudu Percaya Diri!

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya