Comscore Tracker

Tanpa Disadari, Inilah 5 Tanda Kamu Adalah Perundung Dirimu Sendiri

Kamu mengritik dirimu berlebihan #ANGPOIN #IDNTimesLife

Pernah mendengar istilah inner critic? Itu adalah kebiasaan saat kamu berkata pada diri sendiri bahwa kamu tidak cukup baik. Ini merupakan manifestasi dari rendahnya rasa self-esteem. Setiap orang pasti pernah melakukannya. Namun, tahukah kamu bahwa ini berdampak besar bagi kesehatan mentalmu?

Tidak ada manusia yang sempurna. Kamu sendiri pasti merasa sakit hati ketika dihina atau dimaki orang. Namun, kenapa kamu terus memaksa dirimu untuk sempurna? Inilah lima tanda kamu secara tak langsung sering merundung diri sendiri:

1. Kamu sering mengatakan hal buruk pada diri sendiri 

Tanpa Disadari, Inilah 5 Tanda Kamu Adalah Perundung Dirimu Sendiriilustrasi perempuan (Pexels.com/Rene Asmussen)

Pernahkah kamu mendengar batinmu berkata, “Kamu tidak akan pernah berhasil”, “Semua orang tidak ingin berteman denganmu,” atau, “Kamu tidak akan pernah bisa melakukannya.” Seluruh pikiran tersebut adalah indikasi bahwa kamu sering mengkritik diri sendiri. Pikiran negatif yang diperkatakan secara terus-menerus dapat berdampak buruk bagi rasa percaya dirimu.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk memerhatikan caramu berpikir dan berbicara. Alih-alih fokus pada kegagalan, sesekali pujilah dirimu sendiri atas apa yang kamu telah kerjakan. Dengan demikian, ini dapat memberhentikan suplai pikiran negatif dalam dirimu.

2. Kamu merasa gelisah dan khawatir setiap saat

Tanpa Disadari, Inilah 5 Tanda Kamu Adalah Perundung Dirimu Sendiriilustrasi perempuan (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Kritik yang berlebihan pada diri sendiri dapat membuahkan rasa khawatir yang berlebihan pula. Kamu khawatir tentang apa pun: masa depanmu, bagaimana pendapat orang tentangmu, mimpi-mimpimu, dan dan lain-lain. Perlahan, kebiasaan tersebut mulai membentuk siklus anxiety.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk berdiam diri sejenak dan sortir setiap kekhawatiran itu satu per satu. Kadang, manusia suka sekali mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dan belum tentu akan terjadi. Lantas, untuk apa membuang waktu untuk merasa gelisah setiap saat?

Baca Juga: 5 Manfaat dari Hidup Sendirian, Gak Selalu Kesepian 

3. Kamu tidak pernah meluangkan waktu untuk me time

Tanpa Disadari, Inilah 5 Tanda Kamu Adalah Perundung Dirimu Sendiriilustrasi perempuan lelah (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Inner critic membuatmu merasa untuk terus bekerja dan bekerja hingga tak punya waktu untuk memerhatikan diri sendiri. Kamu khawatir bila beristirahat sejenak, kamu tidak akan punya cukup waktu untuk menyelesaikan semua tugas dan proyekmu. Kamu pun mungkin kerap merasa tidak cukup baik sehingga kamu bekerja lebih keras yang semata-mata hanya untuk memuaskan inner critic tersebut.

Sayangnya, bekerja terus-menerus hingga mengabaikan kesehatan diri sendiri bukanlah cara yang sehat. Ingatkanlah dirimu bahwa penting meluangkan waktu untuk istirahat. Itu bagus untuk mengisi energi tubuh agar siap menghadapi pekerjaan yang lain.

4. Kamu merasa insecure setiap saat

Tanpa Disadari, Inilah 5 Tanda Kamu Adalah Perundung Dirimu Sendiriilustrasi perempuan khawatir (Pexels.com/Alex Green )

Sering membandingkan hidupmu dengan teman dan keluarga atau sering menaruh iri serta cemburu pada orang lain adalah tanda-tanda bahwa kamu insecure. Kamu tidak merasa aman dengan dirimu sekarang.

Hati-hati, perasaan ini dapat berdampak buruk pada relasimu. Saat kamu berteman atau memiliki kekasih, kamu terus meragukan kesetiaan mereka dengan berpikir, "Apa mereka sungguh-sungguh mencintaiku?"

5. Kamu kerap memandang rendah pencapaianmu 

Tanpa Disadari, Inilah 5 Tanda Kamu Adalah Perundung Dirimu Sendiriilustrasi perempuan memandang ke luar jendela (Pexels.com/Bruno Bueno)

Saat orang lain memujimu, kamu akan selalu merasa bahwa kamu tak layak mendapat pujian itu. Saat mendapat penghargaan, kamu merasa bahwa itu hanya pencapaian kecil. Ada perbedaan antara menjadi rendah hati dengan rendah diri. Tidak apa-apa untuk menghargai dan bersyukur untuk segala pencapaianmu. 

Itulah kelima tanda bila kamu sering merendahkan bahkan merundung diri sendiri. Tidak perlu merasa terbebani dengan kesempurnaan. Kamu indah, berbakat, dan layak dicintai sebagaimana dirimu apa adanya.

Baca Juga: 5 Makna Dibalik Ajaran Makan untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Makan

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya