Comscore Tracker

Jangan Pernah Takut Berkata Tidak pada 5 Hal Ini, Terapkan!

Jangan sampai kamu menjadi people pleaser, ya

Tidak mudah untuk berkata 'tidak' pada permintaan orang, terlebih yang memiliki hubungan dekat denganmu. Entah saudara, teman, rekan kerja, atau bahkan atasan. Rasanya segan sekali untuk menolak, walau keinginan mereka memberatkanmu.

Gak sedikit orang di luar sana yang suka memaksakan kehendak, opini, serta pemahaman mereka tanpa memertimbangkan keinginannya. Namun, bila kamu terus mengiyakan keinginan mereka, kamu sendiri yang akan kewalahan secara fisik dan emosional.

Jadi penting sekali bagi kita untuk tahu kapan berani berkata 'tidak' pada orang lain, seperti untuk kelima hal ini.

1. Orang-orang toksik 

Jangan Pernah Takut Berkata Tidak pada 5 Hal Ini, Terapkan!ilustrasi perempuan (pexels.com/Rene Asmussen)

Orang toksik memiliki keahlian memanipulasi atau mengontrol orang lain untuk melakukan yang mereka mau. Awalnya, kamu jadi merasa enggan menolak. Namun lama-kelamaan, kamu semakin terikat dan energimu diserap untuk melakukan hal-hal yang gak berguna.

Bukan hanya fisikmu yang lelah, mentalmu juga bisa menjadi korban. Orang-orang toksik memiliki emosi negatif yang dapat menyebar dengan cepat layaknya virus. Karena itu, jangan pernah ragu untuk menggambar batas jelas antara kamu dan orang-orang itu. 

2. Membandingkan hidup dengan orang lain 

Jangan Pernah Takut Berkata Tidak pada 5 Hal Ini, Terapkan!ilustrasi perempuan (pexels.com/THIS IS ZUN)

Barangkali ini bukan karena permintaan atau keinginan orang lain, tapi kamu secara konstan sering membandingkan hidupmu dengan kehidupan orang. Melalui feeds media sosial, misalnya. Seolah kehidupan teman-temanmu bahagia, hanya kamu seorang yang penuh ketidaksempurnaan.

Ingat, Guys, kehidupan tidak sesempit media sosial. Foto yang kamu saksikan itu tidak dapat memberi gambaran penuh atas kehidupan mereka yang sesungguhnya. Lagipula, kenapa memangnya kalau mereka kaya, dan sukses? Semua orang memiliki waktu dan jalannya masing-masing.

Jadi mulai sekarang, katakan 'tidak' dengan tegas untuk perbandingan hidup yang tak sepadan. Kebiasaan ini hanya akan membuatmu tak bahagia.

3. Tuntutan untuk menjadi sempurna  

Jangan Pernah Takut Berkata Tidak pada 5 Hal Ini, Terapkan!ilustrasi perempuan (pexels.com/Keira Burton)

Apa pasanganmu menuntutmu menjadi sempurna? Atau malah, kamu sendiri yang memaksa dirimu mencapai kesempurnaan?

Perfeksionisme tidak akan pernah berakhir baik. Penting untuk menerima fakta bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Mengejar kesempurnaan untuk menyenangkan orang lain hanya akan membuatmu lelah secara mental.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Menjadi People-Pleaser Membuatmu Tak Bahagia

4. Bertahan dalam hubungan tak sehat 

Jangan Pernah Takut Berkata Tidak pada 5 Hal Ini, Terapkan!ilustrasi perempuan (pexels.com/Anete Lusina)

Beberapa orang memilih untuk terus bertahan dalam hubungan tak sehat, meski itu membuatnya tidak bahagia. Entah hubungan romansa atau lingkaran pertemanan. Mereka terlalu takut untuk melepas apa yang sudah mereka genggam, meski itu menyakiti mereka.

Coba pikirkan, apa keuntungan yang didapat dengan memaksakan diri? Relasi yang tidak sehat hanya akan meruntuhkan kepercayaan dirimu pelan-pelan. Padahal, kamu berharga dan berhak untuk bahagia.

5. Memaksa diri untuk terus memenuhi tuntutan orang lain 

Jangan Pernah Takut Berkata Tidak pada 5 Hal Ini, Terapkan!ilustrasi perempuan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Banyak yang gak sadar, ternyata kita sering memaksa diri, hanya demi memuaskan keinginan orang lain. Contoh sederhana, saat kamu ingin masuk ke lingkaran pergaulan hits di kelas. Kamu pun mulai mencontoh mereka dari kebiasaan, bahkan cara berpakaian mereka walau kamu tak nyaman.

Atau saat kamu lelah, tetapi masih memaksakan diri mengerjakan tugas temanmu, hanya supaya ia masih ingin berteman denganmu. Kalau memang teman sejati, mereka pasti akan menerimamu apa adanya. Jadi, yakin tetap mau bertahan dalam tuntutan orang lain?

Kebiasaan people-pleaser dapat menghambatmu untuk berkembang menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Bila tidak segera menetapkan batas, kamu akan terus dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Tanda Kamu Termasuk People Pleaser dan Cara Mengatasinya!

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya