Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Diterapkan agar Bebas dari Drama Hidup

#IDNTimesLife Anti drama-drama club! 

Drama merupakan salah satu bagian dalam hidup. Meski sudah dihindari, nyatanya selalu ada saja situasi atau orang tertentu yang akan melibatkanmu dalam drama mereka. Terlebih, apabila orang tersebut suka melihat kehidupan dengan kacamata negatif dan perasaan dramatis.

Rasanya melelahkan kalau harus terus meladeni rentetan drama kehidupan. Namun sebelum kamu menuding teman atau partner kerjamu sebagai ‘drama queen’, ada baiknya kamu introspeksi dulu, apa benar kamu bukan tipe orang pencari sensasi dan drama? Jangan-jangan, kamu sendirilah orangnya.

Oleh sebab itu, mari terapkan perilaku di bawah ini agar terbebas dari drama kehidupan, ya.  

1. Atur hubunganmu dengan sesama

5 Hal yang Harus Diterapkan agar Bebas dari Drama Hidupilustrasi persahabatan (pexels.com/Gary Barnes)

Dalam hidup, kita memang harus lebih selektif untuk memilih orang yang positif, bila ingin terhindar dari drama. Bukan pilih-pilih teman, tapi ingatlah bahwa pergaulan bisa mempengaruhi sikap, kepribadian, dan suasana hatimu.

Poin pentingnya adalah untuk meminimalisir orang-orang toksik, drama queen, juga orang negatif yang suka membuat drama dari isu sederhana.

Jangan sampai si ‘pembawa drama’ itu malah kamu sendiri. Kalau kamu tidak mau hidupmu diusik drama, maka jangan usik hidup orang lain juga dengan drama.

2. Pikirkan bagaimana kamu berinteraksi dengan orang lain

5 Hal yang Harus Diterapkan agar Bebas dari Drama Hidupilustrasi pertemanan (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Coba bayangkan, saat kamu curhat dengan temanmu, alih-alih mendengarkan seluruh ucapanmu, dia malah sibuk main ponsel atau kerjain tugas. Pasti gak enak dicuekin orang, kan? Terlebih, kalau topik pembicaraan kalian ialah isu sensitif dan emosional.

Untuk menghindari drama, jangan memicu sikap yang bisa memantik emosi orang. Menghormati sekaligus menghargai teman sangat penting untuk kelangsungan relasi kalian, jangan menjadi egois dengan memikirkan diri sendiri.

3. Fokuslah pada kehidupanmu sendiri 

5 Hal yang Harus Diterapkan agar Bebas dari Drama Hidupilustrasi perempuan (pexels.com/Charlotte May)

Sadar gak, sih, kalau sumber drama terbesar ialah sikap kepo kita yang terlalu berlebihan terhadap kehidupan orang? Ingat, hidupmu juga belum sempurna. Gak perlu menghakimi kesalahan orang lain kalau kamu sendiri sering melakukan kesalahan.

Bukan berarti kita jadi cuek sama kehidupan orang, lho, ya. Membantu dan saling menguatkan itu penting dalam sebuah relasi. Tapi kamu harus tahu, ada batas-batas yang tidak boleh kamu lewati sebagai teman. Dengan demikian, kamu turut mengikis drama kehidupan dengan berhenti ikut campur urusan orang.

Baca Juga: 6 Tanda Kalian Jalani Kehidupan Rumah Tangga dengan Kedewasaan

4. Tetapkan batas yang benar pada orang lain 

5 Hal yang Harus Diterapkan agar Bebas dari Drama Hidupilustrasi berbicara (pexels.com/SHVETS Production)

Boundary atau batasan itu penting dalam tiap hubungan pertemanan, rekan kerja, dan lain-lain. Ini memudahkan kamu dan partner-mu untuk mengontrol apa yang akan kamu lakukan dan apa yang tidak akan kamu lakukan dalam sebuah hubungan.

Membuat batasan yang jelas, dapat mengirim sinyal pada partner-mu, bahwa tidak semua hal bisa dilakukan seenaknya dalam relasi itu. Juga, kecil kemungkinan untuk kamu terlibat dengan drama kehidupan orang.

5. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran 

5 Hal yang Harus Diterapkan agar Bebas dari Drama Hidupilustrasi seorang perempuan (pexels.com/George Milton)

Tips terakhir yang harus kamu ingat, tetap belajar dari masa lalu. Memang situasi saat kita harus terlibat drama dengan orang lain itu bikin kesal, sedih, dan memakan banyak waktu.

Jadikan pengalaman masa lalumu sebagai pelajaran ke depan untuk terhindar dari drama. Misal, orang seperti apa yang harus dihindari, batasan apa yang harus kamu ciptakan dalam hubungan, dan lain-lain.

Ingatlah bahwa kita tidak bisa mengubah orang. Mereka bisa melakukan apapun yang diinginkan, tapi kita memiliki hak untuk mengontrol sikap dan perasaan kita. Tetap semangat!

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Drama Korea My Roommate is a Gumiho

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya