Comscore Tracker

5 Rutinitas Wajib Mahasiswa Sebelum Berangkat Kuliah Pagi, Terapkan!

Berangkat kuliah juga perlu persiapan, lho

Pagi hari adalah waktu yang pas untuk mengawali semuanya dengan penuh keceriaan. Sebab pada pagi hari, semua tenaga sudah kembali pulih setelah beristirahat selama semalaman. Banyak hal yang bisa dikerjakan di pagi hari, beberapa di antaranya memilih untuk menggunakan waktu tersebut supaya lebih produktif.

Bagi mahasiswa, pagi hari tentu saja mempunyai beragam rutinitas tersendiri. Nah, kalau kamu sebagai mahasiswa masih bingung apa saja yang harus dilakukan pada pagi hari, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba. Harus konsisten dan rutin dalam menjalankannya, ya!

1. Memulai pagi dengan sarapan untuk memberi asupan tenaga

5 Rutinitas Wajib Mahasiswa Sebelum Berangkat Kuliah Pagi, Terapkan!ilustrasi makan bersama (unsplash.com/Dan Gold)

Banyak mahasiswa yang melewatkan hal ini. Padahal, sarapan adalah kegiatan yang sangat baik dilakukan sebelum memulai kegiatan, termasuk di pagi hari saat ingin berangkat kuliah. Beberapa alasan yang menjadikan malas sarapan adalah tidak adanya bahan makanan yang dimakan. Padahal, sarapan tidak harus makanan porsi besar. 

Bisa saja hanya dengan roti dan segelas susu atau semacamnya. Paling penting bukanlah jumlahnya, tetapi bisa mengganjal lapar itu sendiri supaya tenaga tetap terjaga. Tidak ada salahnya menyempatkan waktu sejenak untuk duduk dan memilih sarapan. Karena dengan begitu, kamu sudah berusaha memulai pagi dengan mengutamakan kesehatan dan aktivitas kuliah lebih semangat.

2. Supaya lebih segar, sempatkan diri untuk mandi

5 Rutinitas Wajib Mahasiswa Sebelum Berangkat Kuliah Pagi, Terapkan!ilustrasi mandi (unsplash.com/Spencer Davis)

Meskipun pagi hari terasa jauh lebih dingin, bukan berarti tidak mandi. Begitu banyak manfaat yang akan kamu sebagai mahasiswa dapatkan jika mandi di pagi hari. Selain tubuh menjadi lebih segar, kamu juga terlihat lebih tenang. Mandi di pagi hari dengan air dingin bisa menjadikan kamu terlihat lebih awet muda. 

Meskipun kegiatan mandi ini terkesan sangat sepele, namun manfaat yang kamu dapat akan sangat terasa. Tidak harus dengan air yang dingin, jika kamu ingin suasana lain cobalah menggunakan air yang lebih hangat. Semua tergantung kamu dan bagaimana cara supaya lebih nyaman.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Membangun Energi Positif Pagi Hari

3. Menjaga tubuh supaya tetap sehat, olahraga ringan jangan sampai terlewat

5 Rutinitas Wajib Mahasiswa Sebelum Berangkat Kuliah Pagi, Terapkan!ilustrasi orang bersepeda (pexels.com/Vladislav Murashko)

Berolahraga di pagi hari juga bisa kamu masukkan ke dalam opsi. Melakukan kegiatan olahraga tentunya mempunyai banyak manfaat. Kamu bisa mengambil olahraga sebanyak 10—30 menit di pagi hari. Adapun untuk jenis olahraganya bisa kamu sesuaikan sendiri. Bisa juga olahraga bersama teman atau bahan keluarga supaya lebih seru. 

Mulai dari lari-lari kecil, atau bahkan bersepeda. Tidak ada salahnya jika sesekali kamu ke tempat olahraga khusus. Namun, jangan lupa memperhatikan biaya yang diperlukan. Jangan memaksa keadaan ataupun finansial kamu. Sebab menjadi sehat tidak harus olahraga dengan biaya yang mahal.

4. Menambah wawasan dan pengetahuan, berusahalah untuk rutin membaca

5 Rutinitas Wajib Mahasiswa Sebelum Berangkat Kuliah Pagi, Terapkan!ilustrasi membaca buku (pexels.com/George Milton)

Kegiatan membaca mungkin akan terasa membosankan untuk yang belum terbiasa. Namun, siapa yang tahu kalau dengan membaca di pagi hari bisa membuatmu lebih cepat memahami. Selain mendapatkan manfaat yang begitu banyak, membaca di pagi hari pasti akan menjadikanmu sebagai mahasiswa lebih produktif sebelum kuliah.

Sekarang ini, membaca juga tidak harus melalui buku. Banyak bahan bacaan digital melalui smartphone yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa memesan koran atau majalah langganan supaya tidak tertinggal berita terbaru setiap saatnya. Jadi, jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk membaca!

5. Jangan lupa menulis sebagai pengingat momen yang ingin diabadikan

5 Rutinitas Wajib Mahasiswa Sebelum Berangkat Kuliah Pagi, Terapkan!ilustrasi menulis (unsplash.com/Fa Barboza)

Selain keempat kegiatan tadi, ternyata menulis juga bisa kamu coba. Kamu boleh menulis tentang apa saja, baik melalui catatan kecil, atau bahkan menyusun sebuah buku. Kalau kamu tidak menginginkan hal yang rumit, bisa juga menulis lewat smartphone. Entah langsung kamu publikasikan, atau bahkan hanya ingin disimpan untuk diri sendiri.

Tidak perlu terlalu fokus terhadap tata bahasa dan ejaan, karena nanti bisa kamu perbaiki lagi jika sudah selesai. Kamu tidak harus memerlukan waktu banyak, cukup lima belas sampai duapuluh menit di pagi hari. Asalkan konsisten dan berkomitmen dalam melakukannya, maka hasil yang kamu dapat sebagai mahasiswa juga akan maksimal. 

Pagi hari untuk mahasiswa memang cukup baik untuk melakukan hal yang produktif. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkannya begitu saja dengan sia-sia. Selain mendapatkan manfaat, kamu juga bisa berlatih dengan baik dalam menggunakan waktu yang ada. Jadi, kamu sudah mencoba yang mana saja?

Baca Juga: 5 Ide Freelance untuk Mahasiswa, Biar Tambah Cuan

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya