Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dihilangkan dalam Mencapai Kesuksesan di Usia Muda

Jangan sampai terlambat, ya! #ANGPOIN #IDNTimesLife

Kesuksesan dan kekayaan menjadi salah satu mimpi dan tujuan dari mayoritas masyarakat. Kesuksesan tersebut dapat diraih dengan kerja keras dan kemampuan yang kamu miliki. Untuk itu, kamu perlu memaksimalkan energi dan waktu yang kamu miliki dalam jumlah yang terbatas.

Namun, sering kali kamu memiliki berbagai kebiasaan ataupun kepribadian yang dapat menghalangimu dalam mencapai kesuksesan di masa depan. Yuk, lihat apa saja!

1. Ketakutan akan ketidakpastian 

5 Hal yang Perlu Dihilangkan dalam Mencapai Kesuksesan di Usia Mudailustrasi pekerjaan (pexels.com/Anthony Shkraba)

Dalam menjalani kehidupan, kamu akan menemukan banyak ketidakpastian dalam berbagai hal yang kamu lakukan. Dengan memulai membangun bisnis, mengerjakan pekerjaan sampingan ataupun mencoba karier yang baru tidak dapat menjamin kamu dalam meraih kesuksesan secara mudah dan tepat.

Kamu mengetahui bahwa ketidakpastian merupakan sebuah ilusi. Apabila masih berpegang pada ketidakpastian tersebut, kamu hanya akan bergerak pada tempat yang sama. Pada akhirnya, hal tersebut akan menghalangi kamu dalam meraih kesuksesan di masa depan.

2. Keputusan emosional yang impulsif 

5 Hal yang Perlu Dihilangkan dalam Mencapai Kesuksesan di Usia Mudailustrasi pekerjaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam menghadapi permasalahan, beberapa orang hanya membuat sebuah keputusan dari permasalahan yang hanya didasari oleh perasaan. Namun, orang yang telah mencapai kesuksesan hanya akan merasakan perasaan tersebut dan tidak akan melakukan sebuah tindakan yang berlandaskan pada perasaan yang mereka rasakan.

Hal kecil yang dapat menghindari kamu dalam membuat keputusan impulsif adalah menunggu perasaan dan logika kamu kembali pada kondisi normal dan stabil. dengan begitu, kamu dapat memikirkan sebuah keputusan secara tepat.

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Membuatmu Merasa Hidup Gak Adil, Benar?

3. Over control

5 Hal yang Perlu Dihilangkan dalam Mencapai Kesuksesan di Usia Mudailustrasi pekerjaan (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kemampuan kamu dalam fokus pada sebuah hal dan membuat sebuah keputusan merupakan hal yang terbatas. Apabila terlalu berfokus pada setiap hal kecil dalam hidup, kamu akan menghabiskan terlalu banyak waktu dan tidak memiliki waktu yang cukup dalam menghadapi hal-hal yang lebih penting.

Itu sebabnya, kamu hanya perlu menghabiskan waktu dan berusaha untuk melakukan hal-hal yang dapat kamu kontrol dan penting bagi kehidupan kamu. Hal ini dapat membantu kamu menjadi pribadi yang fleksibel dan mampu memilah kepentingan dalam hidup. Dengan demikian, kamu dapat mencapai kesuksesan yang kamu inginkan secara tepat dan cepat.

4. Multitasking

5 Hal yang Perlu Dihilangkan dalam Mencapai Kesuksesan di Usia Mudailustrasi pekerjaan (pexels.com/olia danilevich)

Menurut sebuah studi berjudul "Workplace Distractions: Here's Why You Won't Finish This Article" yang dikeluarkan oleh University of California pada 2017 menyebutkan bahwa seorang pekerja hanya pergi selama 11 menit di antara interupsi dan menghabiskan waktu sebesar 25 menit dalam mencapai keadaan produktivitas yang sering kali dikenal dengan flow pekerjaan.

Multitasking membutuhkan waktu yang panjang sehingga kamu perlu mengorbankan jangka waktu dalam jumlah besar. Kamu dapat mencoba untuk memfokuskan energi kamu dalam mengerjakan hal-hal penting secara bertahap. Dengan mulai menghargai waktu dan memikirkan bahwa waktu tersebut sebagai uang, hal itu dapat memotivasi kamu untuk meraih hal yang kamu inginkan, lho.

5. Fixed Mindset

5 Hal yang Perlu Dihilangkan dalam Mencapai Kesuksesan di Usia Mudailustrasi pekerjaan (pexels.com/olia danilevich)

Orang-orang dengan fixed mindset hanya akan menilai kecerdasan dan kemampuan mereka menjadi sebuah hal yang statis. Orang-orang ini cenderung percaya bahwa dengan kemampuan yang mereka miliki dapat membawa mereka pada kesuksesan tanpa adanya kerja keras.

Namun, orang-orang yang telah mencapai kesuksesan percaya bahwa menginvestasikan waktu yang mereka miliki secara stabil dapat membantu mereka dalam memiliki mindset yang berkembang, mempelajari berbagai hal baru, dan mengubah persepsi mereka sehingga mampu menguntungkan mereka dalam kehidupan yang dijalani.

Dengan keterbatasan waktu dan energi yang kamu miliki, kamu perlu memiliki berbagai strategi dan menghilangkan berbagai kebiasaan ataupun kepribadian yang dapat menghalangi kamu dalam mencapai kesuksesan di usia muda.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kebahagiaan Gak Semestinya Kamu Jadikan Tujuan Hidup

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya