Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengubah Kebiasaan Buruk Kamu Melalui Otak

Tertarik untuk mencobanya?

Kebiasaan buruk berasal dari otak yang berhubungan dengan keadaan mental kamu dan pengaruh dari lingkungan fisik dengan kebiasaan yang ingin kamu tampilkan. Kebiasaan tersebut terbentuk dari sebuah memori yang muncul ketika kamu berada di suatu tempat atau emosi yang kamu rasakan.

Bila kamu ingin mengubah dan mengganti kebiasaan buruk, kamu perlu menemukan solusi dan cara yang tepat untuk melakukannya. Yuk, lihat bagaimana cara yang tepat!

1. Menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik

Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengubah Kebiasaan Buruk Kamu Melalui Otakimage.ie

Kamu dapat mencoba untuk menggantikan kebiasaan yang tidak kamu inginkan dengan kebiasaan yang ingin kamu lakukan dan tampilkan. Ketika kamu melakukan kebiasaan tersebut, kamu dapat membuat memori baru yang menghubungkan kembali pikiran, perasaan dan lingkungan fisik dengan kebiasaan yang berbeda.

2. Melakukan perubahan suasana

Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengubah Kebiasaan Buruk Kamu Melalui Otakarchive.nytimes.com

Kamu juga dapat mencoba untuk mengubah lingkungan di sekitar kamu dengan tujuan untuk menghilangkan kebiasaan buruk kamu. Mengubah lingkungan fisik kamu dapat membuat kamu melupakan kebiasaan buruk dan mendapatkan peluang untuk menghentikan kamu.

Baca Juga: Kenapa Sih Kebiasaan Buruk Kadang Malah Bikin Kita Bahagia?

3. Berikan diri kamu hadiah atau penghargaan

Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengubah Kebiasaan Buruk Kamu Melalui Otakunsplash.com/Kira auf der Heide

Memberikan diri kamu sendiri sebuah reward atas pencapaian kamu adalah suatu respons emosional, psikologis dan fisik terhadap rutinitas yang sulit untuk kamu lakukan. Selain dapat memberikan kamu motivasi, hal ini memberikan efek bahwa kebiasaan baru yang kamu lakukan harus dilakukan secara terus menerus.

4. Berubah lebih baik 1% setiap kali kamu melakukannya

Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengubah Kebiasaan Buruk Kamu Melalui Otakhealthline.com

Memulai suatu kebiasaan yang baru adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Ketika kamu ingin menjadikan kebiasaan baru kamu menjadi sesuatu yang menarik dan berkelanjutan, kamu perlu melakukan hal tersebut secara terus menerus sehingga menjadi suatu kebiasaan.

5. Berkomitmen

Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengubah Kebiasaan Buruk Kamu Melalui Otaksciencemag.org

Journal of Clinical Psychology menyebutkan bahwa 54% dari masyarakat gagal dalam melakukan suatu transformasi dalam kurun waktu 6 bulan dan tidak membuahkan hasil yang memuaskan.

Komitmen, konsistensi dan kesabaran adalah hal yang penting untuk kamu miliki dalam belajar untuk lebih baik dan berkembang secara terus menerus. Membuat sesuatu yang bermakna dan berkelanjutan bergantung pada kemampuan kamu untuk membentuk dan melaksanakan tujuan kamu secara konsisten.

Melalui 5 hal di atas, kamu dapat berusaha untuk mengubah kebiasaan buruk kamu. Dengan usaha yang cukup, kamu dapat mengubah kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan baru yang lebih baik, lho.

Baca Juga: Demi Kesehatan, 10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya