Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Mengikuti Ujian

Jangan salah, ujian juga punya makna lho

Ujian semester yang dilaksanakan di sekolah kadang kala menjadi momok menyeramkan bagi sebagian siswa. Tak ayal, banyak siswa yang memandang negatif ujian. Padahal ujian tidak selamanya negatif, ujian juga punya makna. Daripada terus mengeluh, ayo simak beberapa pelajaran hidup yang terdapat dalam ujian.

1. Ketika kamu mengikuti ujian, itu berarti kamu wajib menempatkan kejujuran di dalamnya

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Mengikuti Ujianpexels/Startup Stock Photos

Mungkin sudah sering kita mendegar bahwa kejujuran itu sangat penting, bahkan sebelum memulai ujian kita juga diperintahkan untuk jujur dalam mengerjakan. Kejujuran adalah satu nilai terpenting dalam hidup ini. Apa gunanya mendapatkan nilai yang tinggi namun kamu sama sekali tidak paham dengan materi tersebut?

Sesungguhnya ujian bukanlah ajang untuk mencari nilai tertinggi, melainkan untuk menguji apakah kita paham atau tidak dengan kompetensi yang diajarkan.

2. Kamu juga bisa bekerja sama dengan cara belajar bersama teman-temanmu

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Mengikuti Ujianunsplash/Alexis Brown

Sebelum ujian, kamu bisa berkerja sama dengan teman-temanmu. Kalian bisa saling berbagi materi, saling bertanya, bahkan jika kamu memang bisa, kamu juga dapat mengajarkan mereka bukan. Ingat, bekerja sama dalam artian positif. Bukan dengan cara saling mencontek ya.

Baca Juga: 7 Pelajaran Penting yang Bisa Kamu Dapatkan di Usia 19 Tahun

3. Daripada berpikiran negatif, kita diajarkan untuk menghargai proses dan berpikiran positif

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Mengikuti Ujianunsplash/Katy Belcher

Setiap selesai ujian, kita pasti merasa cemas dengan hasilnya. Tapi tahukah kamu? Kalau sebenarnya di ujian kamu harus lebih menghargai proses dibandingkan hasilnya. Selama kamu memang telah berkerja keras, apapun hasilnya, kamu sudah melakukan yang terbaik kok. Harus terus optimis dan berpikiran positif ya!

4. Saat ingin hasil ujian yang baik, tentu diperlukan fokus dan konsisten dalam belajar

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Mengikuti Ujianpexels/Pixabay

Kalau kamu ingin nilai yang memuaskan, tentu hanya akan dicapai jika kamu benar-benar fokus dan konsisten saat belajar. Mustahil bukan, jika kamu tidak belajar namun mengharapkan nilai yang memuaskan. Jadi, tunggu apa lagi, ayo belajar sekarang!

5. Meski melelahkan, ujian mengajak kita semua untuk terus berkerja keras dan pantang menyerah

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Mengikuti Ujianunsplash/Crew

Tidak ada yang namanya perjuangan, kalau tidak diikuti oleh kerja keras. Meskipun terasa lelah dan membosankan, kamu tidak boleh menyerah begitu saja. Yakinlah semua itu akan terbayarkan lunas dengan hasil yang memuaskan.

Daripada mengeluh ujian itu sulit lebih baik kamu melihat hal positif yang bisa kamu dapatkan. Jadi stop mengeluh dan buka bukumu ya!

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Gak Perlu Galau Meski Jarang Liburan, Banyak Hikmahnya!

Chandra Sentosa Photo Verified Writer Chandra Sentosa

Si penulis kecil kecilan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya