Comscore Tracker

6 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Saat Belajar Secara Otodidak

#PANJATPOIN Jangan takut belajar hal baru!

Autodidak atau otodidak merupakan sebutan untuk orang yang belajar sendiri tanpa bantuan seorang guru. Emangnya bisa? Pasti bisa, buktinya banyak tokoh besar yang telah berhasil mengubah dunia, sekalipun mereka hanya mengenyam bangku sekolah sebentar. Ini membuktikan bahwa belajar tidak melulu harus bergantung kepada seseorang. Asalkan kamu punya keinginan kuat untuk belajar ya.

Apalagi saat ini, teknologi dan ilmu pengetahuan telah berkembang pesat. Hal ini memudahkan kamu untuk terus belajar meskipun tidak ada seorang guru. Meskipun tampak sulit, ternyata ada manfaat tersendiri saat belajar secara otodidak. Yuk simak apa saja manfaatnya!

1. Belajar otodidak mengajarkan kamu untuk disiplin dalam mengatur waktu belajarmu

6 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Saat Belajar Secara Otodidakunsplash/David Iskander

Belajar otodidak pastinya menuntut dirimu untuk selalu disiplin, karena tidak akan ada yang menyuruhmu untuk belajar, tidak ada yang akan memarahimu bila seandainya kamu bermalas-malasan. Oleh karena itu, kamu wajib banget untuk disiplin dan pandai mengatur waktu untuk belajar. Jangan sampai kamu bermalas-malasan dan lupa untuk belajar ya.

2. Kamu jadi sosok yang mandiri, karena telah terbiasa belajar sendirian

6 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Saat Belajar Secara Otodidakunsplash/Chris Benson

Ya, tidak akan ada lagi orang yang mengaturmu untuk belajar seperti guru atau orang lain. Kamu juga tidak perlu lagi menunggu siapapun untuk menemanimu belajar. Semuanya wajib kamu lakukan sendiri, mulai dari mencari bahan, mempelajari materi yang sulit. Hal inilah yang akan membuatmu menjadi sosok yang mandiri.

3. Belajar secara otodidak mengajarkanmu untuk berpikir dengan cara yang baru dan kreatif

6 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Saat Belajar Secara Otodidakunsplash/Aziz Acharki

Belajar otodidak tidak hanya membentuk dirimu menjadi lebih baik, namun memberikan cara pandang yang baru dan lebih kreatif. Berbekal dengan ilmu dan keterampilan yang kamu kuasai, kamu jadi sadar bahwa masih banyak cara untuk menyelesaikan suatu masalah. Kamu juga jadi berani untuk menghadapi masalah dengan cara yang berbeda dan lebih bijak tentunya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Belajar Public Speaking Mulai Sekarang

4. Rasa penasaranmu pada sesuatu pasti akan meningkat saat kamu belajar secara otodidak

6 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Saat Belajar Secara Otodidakunsplash/Wes Hicks

Belajar ototidak pasti berawal dari rasa ingin tahumu terhadap sesuatu yang mendalam, bukan?Dengan belajar secara otodidak, kamu dituntut untuk terus-terusan mengasah rasa ingin tahumu. Tidak aneh bukan, kalau kamu jadi lebih peduli dan ingin tahu tentang semua hal yang ingin kamu pelajari.

5. Kamu akan dianggap jenius yang rendah hati karena kamu siap berbagi ilmu yang telah kamu dapatkan

6 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Saat Belajar Secara Otodidakpixabay/StockSnap

Pastinya kamu akan dianggap lebih pintar karena kamu jadi yang duluan lebih tahu dan terampil dalam melakukan sesuatu. Tak ayal, teman-temanmu pasti mengagumi dirimu yang pintar dan tetap mau berbagi ilmu yang telah kamu dapatkan. Wah serasa dianggap anak jenius nih.

6. Belajar secara otodidak berarti kamu harus siap dalam menghadapi rintangan apapun saat belajar

6 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Saat Belajar Secara Otodidakpixabay/StockSnap
Jika kamu tidak dapat menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya Kebodohan." – Imam Syafi'i

Pastinya akan banyak rintangan dalam belajar secara otodidak, mulai dari rasa malas, kesulitan dalam belajar, kurang percaya diri. Yakinlah semua rintangan ini adalah ujian agar kamu semakin kuat dan tegar. Teruslah yakin dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Itu dia beberapa manfaat belajar secara otodidak. Memang tampak tidak mudah, tapi tidak salahnya untuk mencoba bukan. Buktinya banyak orang berhasil meraih kesuksesannya meski belajar secara otodidak.

Baca Juga: 8 Tanda Kamu Sebenarnya Suka Belajar, Calon Orang Sukses Nih!

Chandra Sentosa Photo Community Writer Chandra Sentosa

Si penulis kecil kecilan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You