Comscore Tracker

5 Hal yang Dapat Diteladani dari Kisah Hidup Steven Gerrard

Siapa yang tidak tahu legenda Liverpool yang satu ini?

Steven Gerrard atau sering dipanggil Stevie G adalah legenda dan mantan kapten The Reds, julukan Liverpool dan timnas Inggris. Telah banyak prestasi yang diraih Gerrard selama kariernya sebagai pesepak bola profesional. Gerrard pun masuk dalam daftar 100 olahragawan terkaya di dunia versi majalah Forbes, tepatnya di peringkat ke-86.

Sebelum pensiun, Gerrard sempat bermain di klub Major League Soccer(MLS), LA Galaxy pada 2015 hingga 2016. Setelah pensiun, ia menjabat sebagai manajer di klub Rangers FC. Terlepas dari segala kesuksesannya, ada beberapa hal yang dapat kita teladani dari kisah hidup Gerrard. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Pantang menyerah

5 Hal yang Dapat Diteladani dari Kisah Hidup Steven GerrardPixabay/stocksnap

Pada awal kariernya sebagai pesepak bola, Gerrard menghadapi cukup banyak rintangan, salah satunya yaitu upah. Sebagai seorang pemain junior pada waktu itu, bayaran Gerrard sangatlah sedikit. Ia juga harus bersaing dengan banyak pemain muda berbakat lain untuk mendapat tempat di tim utama.

Namun, segala rintangan itu tidak membuat Gerrard menyerah. Sebaliknya, ia berlatih dengan keras dan serius untuk meningkatkan kemampuannya. Usahanya pun berbuah manis. Ia berhasil masuk ke tim utama Liverpool, bahkan menjadi kapten tim. 

2. Mental baja

5 Hal yang Dapat Diteladani dari Kisah Hidup Steven GerrardPixabay/Devanath

Hal ini tampak dari ketegaran seorang Steven Gerrard menghadapi cacian dan hinaan fan akibat beberapa kesalahan yang ia lakukan, seperti kesalahan back pass saat melawan Arsenal dan Chelsea yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh tim lawan.

Selain itu, ia pernah terpeleset saat menerima umpan belakang dari rekan setimnya dan berbuah gol bagi tim lawan. Meski dalam kondisi mental yang sangat tertekan dan jatuh, Gerrard dapat bangkit; bermain dengan lebih baik; dan menunjukkan kekuatan mentalnya.

Baca Juga: 13 Alasan Kenapa Steven Gerrard Memang Harus Angkat Kaki dari Liverpool

3. Persahabatan

5 Hal yang Dapat Diteladani dari Kisah Hidup Steven GerrardPixabay/Free-photos

Persahabatan di sini merujuk pada persahabatan antara Gerrard dan Luis Suarez. Ya, sebelum berkostum Blaugrana, julukan Barcelona, Suarez bermain untuk Liverpool selama tiga tahun, yakni 2011 sampai 2014. 

Persahabatan keduanya tampak melalui suatu peristiwa saat Suarez, yang saat itu berkostum Liverpool, mendapat tawaran dari beberapa tim, antara lain Juventus, Arsenal, Chelsea, dan beberapa lainnya. Suarez pun sempat benar-benar ingin hijrah ke Arsenal. 

Dengan sangat gigih, Gerrard berjuang sekuat tenaga memersuasi Suarez agar tetap bersama Liverpool. Sebaliknya, dalam menghadapi masalahnya dengan klub, Suarez hampir selalu mendiskusikannya dengan Gerrard, dibanding dengan pemain lainnya. 

Selain dengan Suarez, Gerrard juga menjalin persahabatan dengan seluruh rekan setimnya, bahkan mantan rekan setim, seperti Fernando Torres. 

4. Jiwa pemimpin

5 Hal yang Dapat Diteladani dari Kisah Hidup Steven GerrardPixabay/Free-Photos

Gerrard yang pada saat itu menjabat sebagai kapten Liverpool, menunjukkan jiwa kepemimpinannya. Ia dapat menyemangati dan membakar semangat rekan setimnya saat dalam kondisi tertekan akibat tertinggal skor dengan lawan. 

Kepemimpinan Gerrard juga tampak melalui kestabilan emosinya. Ia mampu mengontrol emosinya di lapangan, meski ia dikasari oleh lawan. Gerrard juga sering memberi masukan atau saran pada rekan setimnya, terutama para pemain muda.

5. Tidak ada yang abadi

5 Hal yang Dapat Diteladani dari Kisah Hidup Steven GerrardPixabay/coombesy

Hal ini ditunjukkan melalui kepergian Steven Gerrard saat meninggalkan Liverpool yang dicintainya. Ia menyadari bahwa sehebat apa pun seorang pesepak bola, suatu saat pasti akan tergusur.

Gerrard yang semakin menua, menyadari bahwa ia tidak bisa mendapatkan minute play seperti yang ia peroleh saat ia muda. Posisinya juga tergusur oleh para pemain muda, yang didatangkan ke Liverpool. 

Gerrard menyadari bahwa lebih baik ia meninggalkan Liverpool, klub yang ia cintai dengan sepenuh hati daripada tetap tinggal dan bermain sebagai cadangan atau ban serep di Liverpool.

Baca Juga: Jurgen Klopp & Steven Gerrard Bersimpati Atas Pemecatan Jose Mourinho

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Fight To Be Better, Work Hard To Be A Champion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You