Comscore Tracker

Jadi Pahlawan untuk Lingkungan Lewat 5 Cara Kebaikan Ini! 

Dimulai dari hal kecil, berdampak besar untuk lingkungan

Pernah dengar gak ungkapan bahwa makin lama bumi yang kita tinggali ini makin 'tua' usianya. Penuaan bumi ini menjadi lebih cepat sedikit banyak karena pengaruh sikap abai kita akan kelestarian lingkungan.

Makin tahun, tingkat pemanasan global kian tinggi dan bikin lingkungan yang kita tinggali menjadi gersang, sering terjadi anomali cuaca dan iklim serta sederet kerusakan lainnya. Untuk itu, kamu yang lagi baca artikel ini bisa banget lho jadi 'heroes' untuk lingkungan lewat 5 cara kebaikan ini.

1. Komitmen tinggi untuk lestarikan lingkungan yang gak cuman semusim tapi berkelanjutan 

Pasti kamu tahu hal baik yang dilakukan rutin secara terus menerus selama 21 hari akan berdampak baik pada diri sendiri. Begitu juga saat kamu hendak menjadi seorang heroes bagi lingkungan. Kamu bisa mulai berkomitmen setiap hari untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan barang harian yang mengedapankan bahan baku ramah lingkungan dan dikelola secara berkelanjutan.

Produk-produk Unilever adalah salah satu barang harian yang bisa kalian pilih jika ingin berkomitmen untuk melestarikan lingkungan secara berkelanjutan. Unilever berkomitmen menggunakan bahan baku berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Dalam acara Unilever x IDN Times - Every U Does Good "The Power of Brand & People with Purpose", Ira Noviarti selaku President Director PT Unilever Indonesia TBK menjelaskan bahwa Unilever memiliki purpose yang jelas untuk pelestarian lingkungan. Contohnya pada merek Love Beauty and Planet yang mengupayakan kelestarian dengan penggunaan 100 persen botol kemasan daur ulang serta bahan organik didalamnya.

2. Miliki purpose untuk lestarikan lingkungan 

Jadi Pahlawan untuk Lingkungan Lewat 5 Cara Kebaikan Ini! Gerakan peduli lingkungan. (instagram.com/unileveridn)

Jika saja menyelamatkan bumi dari 'penuaan dini' saja belum cukup untuk berbuat kebaikan, maka untuk jadi 'heroes' bagi lingkungan bisa dilakukan dengan cara mencari purpose. Dalam acara yang sama, M Bijaksana Junerosano, founder Waste4Change yang menjadi pembicara memaparkan bahwa mengurusi permasalahan sampah adalah hal yang ia jadikan purpose untuk selamatkan lingkungan.

Uniknya, ia menemukan purpose dalam tindakannya ini lewat menonton tv. "Saya pernah bertanya kepada diri saya, seorang Sano mau ke mana sih? Hidupnya mau apa sih? Ternyata pada saat saya bertanya, saya menonton televisi ada berita tentang sampah. Sejak itu ada energi di dalam diri saya. Kayaknya saya itu seru banget deh untuk mengatasi masalah sampah," ujarnya.

Sama halnya dengan Sano, Unilever juga berkomitmen untuk terus mendukung pelestarian lingkungan melalui tiga pilar dalam program The Unilever Compass di mana salah satunya adalah perusahaan berkomitmen kuat untuk selalu mengedepankan inovasi daur ulang demi mengurangi penumpukan sampah. Lantas terus berkomitmen untuk menjaga lingkungan juga dengan penggunaan bahan-bahan baku ramah lingkungan dalam beberapa brandnya.

Baca Juga: 5 Alasan Milenial Perlu Jadi Heroes bagi Lingkungan dan Sosial

3. Sadari bahwa pelestarian lingkungan itu bisa dimulai dari diri sendiri 

Pelestarian lingkungan itu memang bisa dilakukan dari hal kecil dan diri sendiri. Contohnya menjaga kesehatan diri misalnya.

Sejalan dengan semangat ini, Unilever melalui beberapa brand-nya bahkan sudah mengkampanyekan hidup sehat dan peduli lingkungan. Misalnya Lifebouy yang mengajak anak dan warga Indonesia untuk selalu cuci tangan yang bersih. Menghindari penyakit masuk ke dalam tubuh kita dan tentunya dengan tubuh yang sehat maka kita bisa menjadi 'heroes' yang kuat dan baik untuk jaga kelestarian lingkungan.

4. Turut aktif kampanyekan peduli lingkungan di sekitarmu lewat apapun itu sarananya 

Menurut Adisti Bramanti, commercial director Kantar yang menjadi pembicara dari acara ini juga memaparkan bahwa ternyata generasi millennial adalah kelompok yang paling aktif dan komintmen melestarikan lingkungan. Untuk itu, kamu yang merasa muda dan memiliki sarana dan wadah untuk mengkampanyekan peduli lingkungan harus lebih berperan aktif dengan cara membagikan aktivitas sadar lingkunganmu di sosial media.

Lantas kamu juga bisa memilik produk keseharaian yang ramah lingkungan dan sadar pada keberlangsungan pelesatrian lingkungan serta makhluk hidup. Lantas kamu juga bisa membagikan atau merekomendasik produk-produk yang berkomitmen melestarikan lingkungan tersebut lewat sosial media kamu.

Banyak kok produk yang kini sudah sadar betul akan pelestarian lingkungan dan berkomitmen menggunakan bahan baku ramah lingkungan serta berkelanjutan seperti Love Beauty and Planet dari Unilever.

5. Kamu juga bisa berperan jadi heroes lewat #EveryUDoesGood 

Jadi Pahlawan untuk Lingkungan Lewat 5 Cara Kebaikan Ini! UNILEVER x IDN Times: Every U Does Good: The Power of Brand and People with Purpose. (Youtube.com/IDN Times)

Atau jika kamu ingin melestarikan lingkungan dengan dukungan serta purpose yang jelas dan berkelanjutan, maka bisa juga ikuti "EveryUDoesGood yang merupakan program pencarian heroes untuk menciptakan Indonesia lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif.

Program baik dari Unilever ini akan mempertemukanmu dengan sederet sosok inspiratif yang berhasil membuktikan bahwa purpose yang kuat bisa membawa dampak signifikan bagi lingkungan dan masyarakat. Jika masuk dalam program baik dari Unilver ini Maka kamu bisa mengirimkan proposal mengenai ide atau proyek yang akan dijalankan untuk merealisasikan purpose masing-masing.

Proposal kebaikan kamu akan lalui proses penjurian proposal dan wawancara, sampai bulan Desember 2021 nanti akan diumumkan enam #EveryUDoesGood Heroes dari tiga pilar kebaikan dari Unilever Indonesia. Heroes kebaikan terpilih akan mendapatkan micro grant serta pendampingan dari para mentor dan tim Unilever Indonesia untuk membantu memperbesar skala program yang dimiliki agar lebih banyak lagi yang bisa merasakan dampak kebaikan dan manfaat dari program lingkunganmu.

Bagi kamu yang berminat mengikuti program ini, dapat mendaftar melalui situs www.unilever.co.id lho, kamu juga bisa cek situs tersebut untuk mendapat banyak informasi lain tentang kampanye Every U Does Good.

Tunggu apalagi sahabat, yuk berbuat baik bersama untuk menjadi heroes demi kelestarian lingkungan tempat kita tinggal.

Baca Juga: 5 Tindakan Kecil yang Bisa Berdampak Besar untuk Masa Depan

Wulandari C Photo Verified Writer Wulandari C

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya