Comscore Tracker

Cara Mudah Agar Bisa Berkurban Bagi Kamu yang Budgetnya Minim

Insya Allah bisa berkurban walau budget terbatas!

Gak kerasa ya, kurang dari sebulan kita umat muslim bakal merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Nah, bisa berkurban pada momen ini memang menjadi impian bagi semua umat muslim. Bukan buat gengsi-gengsian kok, bisa berkurban di Hari Raya Idul Adha sebenarnya adalah salah satu cara kita mempertajam keimanan pada Allah SWT.

Sayangnya, berkurban bagi sebagian besar orang terkadang memberatkan terutama soal budgetnya. Udah semangat berkurban, uang malah gak cukup buat beli hewannya. Namun jangan sedih, IDN Times punya cara mudah nih buat kamu yang minim budget tapi tetap pengen berkurban. Simak ya!

1. Memperkirakan harga hewan kurban dari jauh hari

Cara Mudah Agar Bisa Berkurban Bagi Kamu yang Budgetnya MinimUnsplash.com/Kelly Sikkema

Nah, biar kamu bisa berkurban cara pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan budget. Agar budget cukup, maka kamu sudah harus memperkirakan harga hewan kurban dari jauh hari. Kalau bisa sih dari 1 tahun sebelumnya.

Misal nih, harga kambing di pasaran tahun ini dikisaran Rp1.975.000 per ekor maka coba hitung kira-kira harganya dengan memprediksi kenaikan sampai 15 persen. Maka dapat diprediksi nih kalau harga hewan kambing di tahun depan Rp2.300.000.

2. Mulai nabung bulanan ya!

Cara Mudah Agar Bisa Berkurban Bagi Kamu yang Budgetnya MinimUnsplash.com/Josh Appel

Kalau cara pertama udah kamu lakuin, maka langkah selanjutnya adalah bulatkan hati untuk menabung bulanan. Setidaknya kalau prediksi harga kambing kurban misalnya di tahun depan Rp2.300.000, maka hingga Idul Adha tahun depan kamu harus menyisihkan atau menabung Rp191.000 sampai Rp200.000 per bulan ya.

3. Biar lebih afdol, buka tabungan khusus buat berkurban

Cara Mudah Agar Bisa Berkurban Bagi Kamu yang Budgetnya MinimUnsplash.com/Colin Watts

Ya, kalau cara 1 dan 2 sudah kamu lakuin maka langkah selanjutnya kamu wajib membuka rekening tabungan baru. Khususkan rekening itu hanya untuk mengumpulkan uang berkurban.

Pastikan kamu gak masukin uang lain-lain dalam rekening itu. Selain itu, kalau ada rezeki lebih maka kamu bisa menambahkan jumlah uang yang disisihkan ke dalam tabungan tersebut. Jadi, yang awalnya ngincer cuma berkurban kambing maka siapa tahu tahun depan bisa berkurban sapi. Amin gak?

4. Jangan gengsi ajak rekan dan kerabat buat patungan berkurban

Cara Mudah Agar Bisa Berkurban Bagi Kamu yang Budgetnya MinimUnsplash.com/Raden Prasetya

Kalau ketiga cara di atas masih dirasa memberatkan kamu buat berkurban, maka coba cara ini. Ya, kamu bisa mengajak rekan dan kerabatmu buat berkurban bareng-bareng lho.

Berkurban itu bisa kok dilakukan secara patungan alias tidak melulu harus sendiri. Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni mengatakan mayoritas ulama memperbolehkan patungan kurban. Syaratnya, hewan yang dikurbankan adalah sapi dan jumlah maksimal orang yang patungan ialah tujuh orang.

Jadi, gak ada alasan lagi kan buat gak berkurban?

5. Manfaatin layanan lembaga zakat juga bisa lho!

Cara Mudah Agar Bisa Berkurban Bagi Kamu yang Budgetnya MinimIDN Times/Dompet Dhuafa

Kalau ngajak patungan buat berkurban rekan dan kerabat dirasa ribet, kamu juga bisa lho manfaatin layanan lembaga zakat yang sekarang sudah banyak di Indonesia.

Lewat lembaga zakat ini, berkurban jadi lebih mudah dan kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang dipunya lho. Nah, salah satu lembaga zakat terpercaya yang bisa mengelola niat kurban kita adalah Dompet Dhuafa.

Kamu gak perlu ribet keluar rumah bahkan untuk berkurban via Dompet Dhuafa. Tinggal klik aja di browser andalanmu alamat situsnya. Terus kamu bisa langsung menuju ke menu Layanan Donatur dan pilih menu Konfirmasi Kurban.

Bagi yang menunaikan kurban di Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa menyediakan hewan kurban dengan harga mulai dari: Rp 1,875 juta untuk berat kambing mulai dari 23-28 kg. Selain itu ada juga kurban 1/7 sapi, dan lainnya, yang semuanya akan disalurkan ke pelosok, daerah terluar, wilayah konfilk. Pokoknya ke orang-orang yang jarang makan daging kurban.

Di situ kamu bakal diminta untuk mengisi sejumlah data, klik Kirim dan insya Allah kamu sudah terkonfirmasi melakukan ibadah kurban lho! Mudah banget bukan?

So, gak ada lagi alasan gak mampu berkurban? Caranya mudah dan terpercaya, karena Dompet Dhuafa sudah memfasilitasi umat muslim di seluruh Indonesia untuk berkurban sejak 1994.

Itulah beberapa cara mudah untuk berkurban bagi kamu yang budgetnya masih minim. Semoga infonya bermanfaat ya!

Wulandari C Photo Verified Writer Wulandari C

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Vika Widya Alfianti

Berita Terkini Lainnya