Comscore Tracker

Si Penyelamat Masa Depan, Ini 5 Alasan Asuransi Jiwa itu Penting! 

Ternyata bisa investasi juga lho

Penyesalan selalu datang terlambat. Kalau kamu pernah mengalaminya, berarti nantinya kamu sudah bisa merencanakan sesuatu dengan lebih matang. Misalnya, saat kamu mengalami sakit dan butuh biaya yang besar, uang tabungan kamu gak cukup. Kamu pasti menyesal ‘kan gak punya asuransi.

Eits, jangan apatis dulu ya kalau dengar kata asuransi. Soalnya, penting buat millennial seperti kamu paham manfaat dari asuransi secara total. Selain itu, IDN Times akan mengungkapkan alasan lainnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Bisa membantu kamu untuk mengatur keuangan

Si Penyelamat Masa Depan, Ini 5 Alasan Asuransi Jiwa itu Penting! Ilustrasi millennial kesulitan atur keuangan (Shutterstock/chainarong06)

Millennial saat ini termasuk ke dalam usia yang produktif, kamu bisa menghasilkan uang dengan bekerja secara maksimal. Tak sedikit juga yang memiliki side job atau freelance di luar pekerjaan utamanya. Tapi sayangnya, millennial juga dikenal konsumtif dan merasa kesulitan mengelola keuangan. Setuju gak nih?

Di sinilah manfaat asuransi bisa kamu rasakan, setiap bulannya kamu harus membayar premi asuransi jiwa. Dengan begitu, secara otomatis kamu bisa mulai belajar mengatur keuangan dengan membagi untuk membayar premi dengan kebutuhan hidup.

Baca Juga: Perlukah Memiliki Asuransi? Cek Dulu 5 Hal Ini Sebelum Membeli Polis

2. Punya asuransi di usia muda bisa menghemat premi

Si Penyelamat Masa Depan, Ini 5 Alasan Asuransi Jiwa itu Penting! Ilustrasi millennial dan asuransi (Shutterstock/AnemStyle)

Punya asuransi di usia muda merupakan sebuah keuntungan lho guys. Sebab, di usia ini tingkat risiko relatif lebih rendah dibanding mereka yang usianya lebih tua. Sehingga hitungan preminya pun jadi lebih murah nih.

Hal ini berlaku untuk semua jenis asuransi, termasuk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa ya. Makanya, penting nih buat kamu untuk memiliki asuransi ketika masih muda. Supaya kamu bisa mendapatkan proteksi sekaligus merasakan premi yang lebih murah.

3. Bisa memberikan banyak manfaat asuransi jiwa sekaligus investasi

Si Penyelamat Masa Depan, Ini 5 Alasan Asuransi Jiwa itu Penting! Ilustrasi millennial punya rumah (Shutterstock/Travelpixs)

Saat ini produk asuransi semakin bervariasi ya. Mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, perjalanan, properti dan yang paling diminati oleh millennial, yaitu asuransi jiwa unit link. Produk asuransi yang punya dua manfaat, perlindungan dan investasi. Nah, dalam produk asuransi ini ada nilai tunai yang terbentuk dari dana pemegang polis yang dialokasikan khusus untuk investasi.

Nilai tunai ini dapat membantumu mempersiapkan finansial untuk mencapai tujuan keuangan. Misalnya menikah, melanjutkan sekolah, down payment (DP) kredit pemilikan rumah (KPR) umroh, naik haji, membeli mobil, dana pensiun, dan sebagainya. Tapi perlu kamu ingat, umumnya perusahaan asuransi memberlakukan jangka waktu tertentu untuk nasabah dapat mengambil nilai tunai.

Oh iya, kamu juga perlu tahu produk asuransi jiwa unit link pada umumnya di tahun-tahun awal alokasi investasinya akan kecil sehingga investasi pada produk unit link merupakan jenis investasi jangka panjang. Nilai investasi tidak dijamin ya guys! Bisa meningkat atau menurun mengikuti perkembangan pasar modal dan nilainya mungkin juga lebih kecil dari nilai yang diinvestasikan.

Untuk itu, penting mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya, serta pastikan produk investasi yang dipilih harus disesuaikan dengan profil risiko ya. Semakin banyak kita tahu, maka semakin kecil risiko terjadi perselisihan di masa yang akan datang.

4. Bisa membantu mewujudkan impian kamu di masa depan

Si Penyelamat Masa Depan, Ini 5 Alasan Asuransi Jiwa itu Penting! Ilustrasi millennial sedang liburan (Shutterstock/Chaay_Tee)

Sangat wajar kalau saat ini kamu punya banyak bucket list yang ingin kamu capai. Untuk mewujudkannya, pasti kamu bakal butuh dana ‘kan? Beberapa cara bisa kamu tempuh kok, mulai dari menabung atau bisa juga dengan produk asuransi.

Kok bisa? Jelas bisa ya, soalnya kalau kamu punya proteksi asuransi, musibah yang datangnya tak terduga dan biaya kesehatan yang terus meningkat bukan jadi masalah besar buatmu. Dan tentunya menjaga uang tabungan agar tetap utuh untuk masa depan!

5. Kamu dan keluarga akan mendapat jaminan perlindungan

Si Penyelamat Masa Depan, Ini 5 Alasan Asuransi Jiwa itu Penting! Ilustrasi millennial dan orangtua (Shutterstock/BigPixel Photo)

Saling menjaga antar anggota keluarga sudah pasti bakal kamu lakukan ya. Meski, harus melalui banyak pengorbanan, kamu bakal rela memberikan yang terbaik untuk mereka. Tapi, gak selamanya kamu bisa menjaga mereka dengan tanganmu sendiri lho guys.

Kamu juga butuh bantuan dari produk asuransi, dengan begitu kekhawatiranmu akan berkurang. Keluarga memang harta yang paling berharga dan butuh waktu, tenaga, dan pikiran untuk melindungi mereka.

Sekarang kamu jadi sekarang sudah paham dong, berbagai manfaat dari asuransi. (WEB)

Baca Juga: Pandemik, Industri Asuransi Perkuat Infrastruktur Layanan Digital  

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya