Comscore Tracker

Selain Olimpiade, 4 Hal Ini Juga Termasuk Kontribusi untuk Indonesia! 

Kata siapa kamu gak bisa?

Euforia Olimpiade Tokyo 2020 memang lagi hype banget ya! Seluruh rakyat Indonesia pasti mendukung dan mendoakan para atlet yang sedang berjuang. Di sisi lain, pasti kamu juga terpancing ‘kan ingin mengharumkan nama Indonesia.

IDN Times yakin kamu pasti bisa kok! Caranya, bisa dimulai dari hal yang sederhana dengan memberikan kontribusi nyata untuk orang-orang di sekitarmu. Dengan begitu, Indonesia akan semakin maju dan siap bersaing di level internasional. Yuk, tentukan cara mana yang bakal kamu pilih!

1. Local pride! Mendukung atau menjadi produsen produk-produk lokal

Selain Olimpiade, 4 Hal Ini Juga Termasuk Kontribusi untuk Indonesia! Pabrik pembuatan sepatu Compass (Instagram/sepatucompass)

Slogan “Local Pride” pasti sudah gak asing lagi buat millennial Indonesia. Semakin hari, produk-produk lokal yang diproduksi anak bangsa semakin berkualitas. Bahkan bisa bersaing dengan produk luar negeri lho.

Kamu bisa rasakan sendiri deh, mulai dari sepatu, tas, apparel, bahkan sampai produk skincare. Gimana gak makin bangga coba! Selain menjadi konsumen produk lokal, kamu bisa juga memulai bisnis produk lokal. Berani coba?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sneakers Brand Lokal, Berasa Pake Produk Luar!

2. Jadi relawan, berdonasi, berpartisipasi melawan COVID-19

Selain Olimpiade, 4 Hal Ini Juga Termasuk Kontribusi untuk Indonesia! Relawan COVID-19 (Shutterstock/Dragon Images)

Saat ini sudah bukan saatnya lagi kamu mengeluh kapan pandemik ini bakal selesai. Tapi, Indonesia memanggil kontribusimu untuk turut berpartisipasi melawan COVID-19. Sebisa mungkin, lakukan semua kegiatan di rumah aja dan kurangi mobilitas keluar rumah.

Jika kamu punya uang yang lebih dan ingin membantu orang-orang yang terdampak pandemik, boleh juga kok kamu lakukan. Nah, kalau kamu ingin jadi relawan bisa juga kok. Soalnya, Satgas Penanganan COVID-19 sudah membuka tenaga relawan untuk masyarakat di seluruh Indonesia yang ingin bergabung dan berkontribusi.

3. Buat gerakan inisiatif yang bermanfaat untuk masyarakat dalam bidang tertentu

Selain Olimpiade, 4 Hal Ini Juga Termasuk Kontribusi untuk Indonesia! Penerima Apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 (satu-indonesia.com)

Membuat gerakan atau program inisiatif gak harus muluk-muluk kok. Hal yang terpenting gerakan tersebut bisa menghasilkan dampak yang positif, terutama untuk generasi muda. Contohnya, seperti yang dilakukan Mariana Yunita, Eklin Amtor, Rizki Hamdani dan teman-teman lainnya. Mereka telah berhasil menjadi penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 berkat gerakan yang dibuat untuk masyarakat sekitarnya.

Oh iya, gak hanya mereka yang bisa! Kamu juga bisa berkesempatan untuk menjadi penerima apresiasi jika program yang dibuat itu menarik. Tahun ini, 12th SATU Indonesia Awards 2021 akan diberikan kepada anak bangsa atas setiap perjuangannya di bidang, antara lain: Kesehatan⁣, Pendidikan⁣, Lingkungan⁣, Kewirausahaan⁣, Teknologi⁣, Satu kategori Kelompok yang mewakili 5 bidang tersebut⁣, serta kategori khusus Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemik COVID-19⁣.

Untuk syarat dan ketentuan kandidat penerima apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021, yaitu:

  • Berusia maksimal 35 tahun⁣
  • Individu atau kelompok (minimal 3 orang)⁣
  • Kegiatan harus orisinal⁣
  • Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun*⁣
  • Belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional⁣
  • Bukan karyawan Grup Astra dan mitra SATU Indonesia Awards⁣
  • Dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan dan ketentuan mengikuti 12th SATU Indonesia Awards 2021⁣
  • Program yang diajukan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra⁣⁣

*tidak berlaku bagi kategori apresiasi khusus pejuang tanpa pamrih di masa pandemik COVID-19.⁣

Daftarkan dirimu atau temanmu melalui http://bit.ly/SIA2021IDNTimes⁣. Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui www.satu-indonesia.com⁣. Yuk, buruan ikutan guys!

4. Melestarikan budaya Indonesia, jangan sampai punah ya!

Selain Olimpiade, 4 Hal Ini Juga Termasuk Kontribusi untuk Indonesia! instagram.com/jeromepolin

Bersyukur banget deh, kita bisa lahir dan hidup di Indonesia yang punya beragam budaya. Tapi, tanggung jawabnya juga besar nih! Kita sebagai generasi muda wajib menjaga dan melestarikan budaya yang kita punya.

Mulai dari bahasa, tarian, baju adat, tradisi, lagu daerah, alat musik tradisional dan sebagainya. Nah, kalau kamu sering nonton channel Nihongo Mantappu, Jerome Polin sering banget memperkenalkan budaya Indonesia kepada teman-temannya yang asli Jepang.

Sebenarnya masih banyak lagi kontribusi nyata yang bisa kamu lakukan untuk kemajuan Indonesia. Kalau kamu berniat lakukan yang mana dulu nih? (WEB)

Baca Juga: Sadar Gak, 9 Game Terkenal Ini Menyelipkan Unsur Budaya Indonesia

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya