Comscore Tracker

Tak Hanya Skill, Ini 5 Rahasia Dibalik Suksesnya Content Creator 

Skill aja gak cukup

Jakarta, IDN Times - Tren konten video pendek saat ini memang lagi hype banget ya, guys! Kamu juga suka bikin gak nih? Berdasarkan data dari Cisco Annual Internet Report, tren konten video pendek akan semakin meningkat hingga 82 persen sampai tahun 2022 mendatang, lho. Soalnya, konten video pendek dianggap lebih bisa mengekspresikan berbagai bakat penggunanya.

Salah satunya aplikasi Likee, platform pembuatan video pendek terkemuka asal Singapura, yang ada di bawah naungan BIGO Technology Pte. Ltd. Pada bulan Februari 2021 ini, Likee punya event seru, lho, yaitu “Likee Star Idol”, sebuah in-app contest persembahan Likee untuk memberikan apresiasi kepada Likers, sebutan untuk content creator Likee, yang berbakat. Nah, ada 5 content creator berbakat yang ikut membagikan rahasia mereka nih dalam membuat konten-konten yang viral. Apa saja rahasianya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Meski performa konten sempat kurang baik, Wahyu terus mencoba dan berusaha

Tak Hanya Skill, Ini 5 Rahasia Dibalik Suksesnya Content Creator Likee.video/@wahyukadeoo1

Wahyu adalah seorang content creator sukses di platform Likee. Siapa sangka, ia pernah sempat putus sekolah di tahun 2018 karena keadaan ekonomi keluarga yang kurang baik. Namun, Likee banyak mengubah hidupnya bahkan sampai ia masuk ke 5 besar dalam in-app contest “Likee Star Idol” yang diselenggarakan Likee.

Wahyu mengaku ia sempat ingin menyerah saat performance kontennya tidak menunjukkan kinerja yang baik. “Meskipun awalnya sulit, waktu saya pertama kali bergabung dengan Likee, saya hampir ingin menyerah karena konten saya tidak berkinerja baik. Tapi kemudian saya bergabung dengan agensi Golden Maker, dengan perkenalan dari Likee, dan mereka sangat sabar untuk memandu saya dalam membuat konten,” kata Wahyu.

Dengan sikapnya yang tidak pernah menyerah, ia menjadi semakin profesional dalam membuat konten hingga akhirnya ia mendapatkan penggemar yang mencapai satu juta fans. Gak hanya sampai di situ, ia yang sebelumnya terbelit masalah keuangan keluarga hingga harus putus sekolah, kini justru dapat menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Keren! Nah, buat kamu yang baru mulai membuat konten, jangan menyerah walau performance-nya belum membaik ya!

Baca Juga: Bangga! 10 Digital Content Creator 2021 Versi Majalah Forbes Indonesia

2. Support system yang kondusif dari keluarga dan sahabat membuat Ulva tahan hadapi komentar negati

Tak Hanya Skill, Ini 5 Rahasia Dibalik Suksesnya Content Creator Dok. Pribadi

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh influencer adalah saat harus mendapat komentar negatif untuk konten yang dibuatnya. Hal ini juga diterima Ulva lho. Sebagai seorang content creator di platform Likee, Ulva merasakan sendiri bahwa pilihan karir sebagai seorang influencer bukanlah pilihan yang mudah. Seringkali ia harus menerima kritik dari orang-orang yang berpikiran konvensional.

"Saya mengakui bahwa saya sangat terluka ketika menerima komentar negatif dari orang lain sebelumnya, ketika mereka mengatakan bahwa konten saya membosankan dan saya nggak pandai dalam membuat konten," ungkap cewek dengan talenta face painting ini. Namun, komentar-komentar negatif ini nggak menghentikannya, karena buktinya hingga saat ini kita masih dapat menikmati hasil-karya-karyanya yang mengagumkan. Selain itu ia juga mengungkapkan satu rahasia lagi nih yang membuatnya tetap bertahan. “Dorongan keluarga dan teman-teman adalah dukungan terbesar untuk saya,” lanjut Ulva.

Buat yang belum tahu, Ulva Atika Inas atau yang biasa disapa Ulva ini merupakan salah satu pemenang Likee Star Idol 2021. Sejak bergabung dengan Likee, Ulva juga mendapat jutaan penggemar lho. “Kamu bisa menjadi diri yang lebih baik, nggak mudah menyerah dan selalu berdoa serta memohon restu dari keluarga dan sahabat,” tutup Ulva saat mengingat sosok-sosok yang selalu menjadi support system-nya.

3. Tetap humble membuat Annisa lebih kuat hadapi haters

Tak Hanya Skill, Ini 5 Rahasia Dibalik Suksesnya Content Creator Likee.video/@annisa.ak

Adalah Annisa, sosok cewek multitalenta dengan bakat menari dan menyanyi yang sering ditunjukkannya lewat video-videonya di Likee. Siapa sangka ia adalah orang yang pendiam dan pemalu sebelum bergabung dengan platform ini? Lewat Likee, rising star jebolan kontes “Likee Star Idol” ini mulai kenal dengan basis penggemar yang lebih besar seiring dengan meningkatnya ketenaran yang diperoleh. Bahkan dari sini pula akhirnya ia mendapat tawaran iklan hingga shooting sinetron. 

Namun, di balik itu, Annisa juga menyadari ia juga mendapat tantangan lainnya, yaitu berhadapan dengan haters. Cewek yang bernama lengkap Annisa Aurelia Kaila ini, mengaku punya tips khusus untuk teman teman yang ingin menjadi content creator: jangan pernah merasa sombong dan mudah merasa puas dengan hasil yang didapat. Bersyukurlah selalu atas apa yang telah kita dapatkan, dan teruslah bekerja keras.

Bijak banget! Nggak heran ya kalau Annisa sekarang lebih kuat dalam menghadapi orang-orang yang nggak menyukainya atau kontennya. Semangat Annisa!

4. Jujur dan jadi diri sendiri jadi modal utama Maitsa Chantika

Tak Hanya Skill, Ini 5 Rahasia Dibalik Suksesnya Content Creator Likee.video/@chantika1556

Sudah bukan rahasia lagi kalau dunia media sosial ini berjalan dengan begitu cepat. Nggak heran, content creator terkadang dituntut untuk menyediakan konten-konten  yang unik, menarik dan fresh. Maitsa Chantika, salah satu dari lima pemenang kontes “Likee Star Idol”  dengan jumlah pengikut terbanyak yaitu mencapai lebih dari 20 juta orang ini punya pendapatnya sendiri nih buat hal yang satu ini. "Dengan banyak idola baru yang bermunculan, kita harus tetap kreatif untuk bertahan dalam persaingan yang ketat," ungkap Chantika.

Selain menjaga kreativitas, Chantika juga nggak ragu buat selalu jujur dengan dirinya sendiri dalam membuat konten. Hal ini ditunjukkan dengan nggak pernah menyembunyikan cita-citanya untuk menjadi terkenal. “Kalau kamu ingin terkenal, jujurlah pada diri sendiri dan temukan cara untuk bekerja keras untuk mencapai tujuan kamu. Semua orang pantas bersinar di era modern,” tutup Chantika. Yuk berkarya dengan kreatif dan jujur seperti Chantika!

5. Syahrina percaya pada passion dan berusaha menekuninya

Tak Hanya Skill, Ini 5 Rahasia Dibalik Suksesnya Content Creator Likee.video/@syahrinaputry02

Selain itu ada Syahrina nih, salah satu content creator Likee yang juga memenangkan “Like Star Idol” contest. Cewek yang memiliki passion dalam bidang editing video ini menemukan dunianya bahkan yang lebih besar lagi saat ia memutuskan bergabung dengan Likee tiga tahun lalu. Gak sia-sia, bahkan jerih payahnya selama ini telah membawakannya 2,7 followers yang kian bertambah. Salut!

“Saya nggak bisa bayangin hidup saya tanpa video pendek, karena itu memperluas wawasan saya, saya menemukan dunia yang lebih besar dengan panggung yang bersinar bagi saya, di mana saya dapat menunjukkan bakat saya dan terhubung dengan orang lain di seluruh dunia,”, kata Syahrina saat ditanya bagaimana Likee dapat mengembangkan passion dan bakatnya. Namun, ini gak menghentikan Syahrina dalam berkarya, banyaknya followers yang mengikutinya saat ini justru membuatnya termotivasi untuk terus bekerja keras. Nah, buat kamu yang punya passion tertentu, gak ada salahnya lho buat ditekuni mulai dari sekarang, siapa tahu kamu bisa jadi “the next Syahrina”!

Gimana guys, sekarang kamu pasti sudah tahu dong ‘rahasia’ dibalik suksesnya seorang content creator? Jadi termotivasi gak nih? Kalau iya, IDN Times tunggu karya kreatif kamu ya! (CSC)

Baca Juga: Buat Konten Kreator, 5 Keyboard Terbaik untuk Editing Video 

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya